Friday, June 25, 2010

Membuat Salat Serut Dengan Serutan Julienne

Bulan lalu ada diskon berbagai macam alat dapur di salah satu toko terkenal di kota kami. Ada beberapa barang yang saya taksir. Namun hanya keturutan dua, sebab dana terbatas. Salah satu yang saya beli adalah serutan Julienne. Didiskon hampir setengah harga asli. Satu lagi, serutan spiral idaman tak jadi dibeli. Sebab dengan harga 15 euro terasa mahal sekali untuk dibeli.

Potongan Julienne
Serutan Julienne

Sejak pertama kali melihat serutan Julienne ini, saya membayangkan bakal membuat salat serut dengannya. Potongan Julienne sendiri adalah tipe atau teknik memotong sayuran atau buah dll sehingga berbentu lidi panjang. Panjang potongan sekitar 6-7 cm. Tante Lia juga pernah menggunakannya untuk memotong mentimun di sini. Dan menjadikannya sebagai hiasan.

Sebagai bahan salat serut, saya menggunakan mentimun, mangga dan wortel. Karena serutannya kecil, maka memakainya untuk menyerut buah dan sayur, rasanya lama sekali. Belum lima menit menyerut, tangan saya sudah terasa pegal. Sekitar dua puluh menit saya habiskan untuk membuat semangkuk kecil salat. Jadi serutan ini tak layak dipakai untuk menyerut dalam skala besar. Satu lagi, dia lebih mudah dipakai menyerut wortel yang lebih keras dibanding mentimun atau mangga.

Akhirnya semangkuk salat serut pun bisa saya nikmati. Segar. Jika ditambahkan bumbu rujak manis, pasti sudah jadi rujak serut. Apalagi kalau ditambah bengkuang dkk. Pasti lebih nikmat dan menyegarkan.

Serutan Julienne
Salad serut

1 comment:

matched content: