Friday, June 11, 2010

Tuerkish Kochen : Kaya Resep, Miskin Gambar

Resep Masakan Turki
Buku resep masakan Turki
Sejak berkutat dengan dunia bento, saya berusaha mencari buku-buku penunjang. Selain untuk memperkaya ide, juga menambah khasanah resep bekal sehat untuk keluarga. Sayangnya tak ada buku khusus membahas tentang bento atau bekal di perpustakaan kota kecil kami. Mungkin ide tentang bento belum terlalu berkembang di sini

Tapi mereka punya koleksi resep masakan manca negara cukup banyak. Ada pula beberapa buku resep masakan Jepang. Isinya tak terlalu menarik perhatian saya. Malah saya lebih condong meminjam buku resep masakan Turki ini.

Ini buku tua. Terbit di tahun 1980-an. Isinya tak hanya resep. Ada sedikit pengetahuan tentang negara Turki, kebiasaan penduduknya. Kebiasaan mereka dalam memasak dan makan. Menambah khasanah pengetahuan saya mengenai hal ini.

Kami sendiri, sudah mengenal beberapa orang Turki dengan baik selama tinggal di Jerman. Mereka sangat menghormati tamu. Jika diundang ke rumah mereka, kita harus siap dengan perut kosong. Selalu ada jamuan di sana. Sekali makan ada empat sampai enam menu. Sekali piring kita kosong, akan disini dengan makanan baru. Rasa makanan mereka pun cocok di lidah kita. Satu yang saya kurang suka. Kue-kue mereka terasa terlalu manis di lidah.

Selain itu, di musim semi dan musim gugur, seringkali mereka mengadakan Kermes. Alias bazar. menjual aneka jajanan dan makanan Turki. Karena ini sekaligus acara menyumbang, kami sering mengunjungi acara seperti ini. Jika mendadak ingin masakan Turki pun tinggal ke kedai döner dan aneka makanan Turki. 

Resep-resep masakan di buku ini banyak sekali. Seratusan lebih. Mulai dari berbagai macam sup, makanan dari daging ayam, daging sapi, daging kambing, ikan serta resep vegetarian. Tak ketinggalan resep kue-kue super manis mereka. Sayangnya hanya sedikit foto makanan dipasang di dalamnya. Saya tak bisa membayangkan, bagaimana rupa makanan tersebut. Padahal, di suatu buku resep masakan, foto-fotonya yang sering membuat kita tergiur.

No comments:

Post a Comment

matched content: