Tuesday, August 3, 2010

Belegte Brötchen : Roti Isi Yang Bukan Sandwich

Salah satu bekal praktis dan umum di Jerman adalah belegte brötchen. Arti mudahnya adalah roti isi. Namun sama sekali berbeda bentuknya dengan sandwich. Sandwich biasanya menggunakan roti tawar, atau irisan roti pipih lainnya. Sedangkan sesuai namanya, belegte brötchen menggunakan brötchen, roti khas Jerman.

Brötchen ini biasanya berbentuk oval seperti foto diatas. Atau bulat. Di daerah Bayern atau Bavaria, dikenal pula sebagai semmel.

Brotchen umum tersedia di setiap toko roti dan kios-kios. Terutama di pusat keramaian. Seperti pusat kota atau stasiun kereta api. Sangat praktis sebagai bekal.

Isinya pun beraneka rupa. Di toko roti sudah tersedia berderet-deret. Tinggal memilih sesuai selera. Isi paling umum adalah irisan keju, ikan tuna, berbagai macam salami, telur atau ikan salmon. Ditambah sayuran seperti irisan tomat, mentimun dan daun salat.

Agar lebih hemat, kami sering membuat sendiri belegte brötchen di rumah. Brotchen-nya bisa dibeli langsung tanpa isi di toko roti. Atau membeli versi mentah/setengah matang dari supermarket. Dipanggang bentar. Potong bagian tengah brotchen, olesi dengan mentega. masukkan isi yang dikehendaki, oles lagi dengan mayonais. jadilah bekal praktis mengenyangkan. Enak buat bekal jalan-jalan, ke sekolah maupun ke kantor.

No comments:

Post a Comment

matched content: