Monday, May 30, 2011

Cara Membuat kimchi praktis

 

Berikut ini adalah resep dan cara membuat kimchi yang disajikan dalam video. Kenapa Kimchi? Sajian ini selain enak juga menyehatkan loh. Kimchi kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu bahan-bahan yang digunakan juga mengandung antioksidan. Beberapa penilitian menunjukan bahwa kimchi bisa menurunkan kolesterol, mencegah pertumbuhan kanker, serta baik untuk sistem pencernaan dan pertahanan tubuh karena mengandung bakteri Lactobacillus yang menyehatkan.


Cara pembuatan kimchiKali ini kami buat berdasarkan resep kimchi darurat dari maangchi. kemudian kami modifikasi.  Resep ini merupakan resep alternatif  dengan cara membuat yang lebih praktis dan menggunakan bahan baku berupa kol putih. Biasanya kimchi dibuat dari sawi putih (nappa cabage/Chinakohl). Sebagai perbandingan, kami mencoba kedua bahan baku tersebut, kol dan sawi putih.

Bahan-bahan:
1 kg kol atau sawi putih
1 cangkir air
1/4 cangkir garam

Pasta kimchi:
1/3 cangkir  bubuk cabe (bisa ditambah/dikurangi sesuai selera)
1 sdm gula 
1/4 cangkir kecap ikan
1/4 cangkir bawang putih (bisa dikurangi sesuai selera, kami menyarankan  untuk menguranginya menjadi sekitar 6 siung bawang putih saja, rasanya akan terlalu menyengat jika terlalu banyak)
3 batang daun bawang
1-2 wortel diiris korek api

Cara membuat:

Tips: Setelah bahan teraduk rata, simpan kimchi dalam wadah gelas atau plastik. Padatkan dengan menekan kimchi, jangan sampai terlalu banyak ruang udara dalam wadah. Kimchi bisa langsung disimpan di kulkas untuk memperlambat proses fermentasi atau di simpan pada suhu ruang selama 1-2 hari. Kimchi juga bisa dimakan segar, rasanya pedas asin, belum terasa asam.

Ketika masih segar, rasanya enak baik kol maupun sawi. Tetapi setelah di fermentasi beberapa hari kemudian, kol lebih banyak memproduksi gas, rasanya pun lebih kuat dan menyengat ketimbang sawi putih. So, memang lebih enak menggnkansawi putih ketimbang kol. tapi jika tidak ada sawi putih, bisa gunakan kol. Jika menggnakan kol sebagai bahan dasar, maka lamanya fermentasi jangan terllau lama. Atau kalau tidak baiknya langsung disantap.

Simak juga resep kimchi lainnya:
Resep kimchi (1)
Resep kimchi (2) yang enak dan mudah

48 comments:

  1. Saya bookmark, hehe.. :hug:
    Terima kasih resepnyaaa... :siap2belajarmasak:

    ReplyDelete
  2. sama2, semoga berhasil yah ^_^

    ReplyDelete
  3. kalo bubuk cabenya diganti cabe giling bisa ga? soalnya biasanya bubuk cabe warnanya kan coklat jadi kurang bagus.

    ReplyDelete
  4. klo bubuk cabe dari korea warnanya merah kok. silahkan di modifikasi sesuai selera saja.

    ReplyDelete
  5. klo disimpan dikulkas bisa brp lama baru dibuka?

    ReplyDelete
  6. tergantung, level keasaman yang diinginkan (fermentasi). semakin lama disimpan semakin asam. klo dr pengalaman, 1-2 minggu di kulkas udah berasa asam.

    ReplyDelete
  7. saat penyimpanan d wadah (bahan plastik) , akn meninggalkan bekas pasta cabai.ny d wadah gg ?

    ReplyDelete
  8. kalau wadahnya plastik emang riskan mbak, klo lama bisa meninggalkan bekas pasta cabai, sebaiknya menggunakan gelas dari kaca yang lebih tidak reaktif... tapi klo gak punya yah terpaksa mengorbankan wadah plastiknya hehehe...

    ReplyDelete
  9. semua itu bahan mentah ya...
    maksud saya gak perlu di rebus... atau pasta nya ... semua hanya di campur aja ya

    ReplyDelete
  10. di tempat saya susah untuk mencari kecap ikan....
    bisakah kecap ikan di ganti yg lain...??

    ReplyDelete
  11. waaah.. saya belum pernah coba mengganti kecap ikan, yang pasti gak bisa diganti dengan minyak ikan, pasti bakalan jadi gak enak rasanya.

    kayaknya ini bahan penting banget klo mau buat kimchi. klo dari situs maangchi, untuk vegetarian,kecap ikan bisa diganti dengan
    memasak bawang bombay bersama dengan rumput laut dan beberapa jamur shiitake sampai semuanya mendidih. ambil airnya dan setelah dingin diberi kecap asin sampai asinnya sama kayak kecap ikan.

    atau pakai terasi sama garam, mungkin rasanya bisa mirip... tapi sekali lagi saya belum pernah coba. silahkan aja bereksperimen, klo berhasil jangan lupa kasih tahu teman2 yang lain disini yaaa... :)

    ReplyDelete
  12. wow.... baby-nya mau makan pedes, ya Mbak?

    ReplyDelete
  13. Jadi lebih enak kol atau sawi ya? Atau coba dicampur aja setengah2? Haha :P

    ReplyDelete
  14. tergantung selera, kalau saya lebih suka sawi, karena kol terlalu bergas klo didiamkan terlalu lama... klo udah dimakan jg suka bergas diperut hehehe, yang akibatnya bisa dibayangkan sendiri :) dan kol lebih berbau ketimbang sawi.

    diresepnya kol digunakan untuk darurat, klo misalnya gak ada sawi bisa diganti kol. tp resep aslinya menggunakan sawi putih.
    tapi klo ingin tahu rasanya, emang di coba aja dua-duanya hehehe...

    ReplyDelete
  15. Mantap ini dia yg ane cari. Dulu ane sering makan di korean rest di Miami

    ReplyDelete
  16. Mantab,, Langsung jadi laper nih :D

    ReplyDelete
  17. cabe bubuknya boleh diganti cabe giling ga.
    Soalnya disini ga ada jual cabe bubuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalau pakai cabe giling rasa langu cabe akan mengganggu rasa. utk hasil maksimal baiknya menggunakan cabe bubuk

      Delete
  18. 1 gelas itu kira-kira berapa mili/cc ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cangkir yang saya pakai 200-250 ml mbak tika. pokoknya untuk satu resep itu usahakan pakai cangkir yang sama jadi takarannya juga rata

      Delete
  19. kok kimchi pedas?, setau saya kimchi tidak pedas karna menggunakan bubuk cabe korea (cabe korea tidak pedas dan berwarna lebih merah), rata2 orang korea tidak menyukai cabe tropis seperti cabe di indonesia.
    kecap ikan tidak boleh di ganti, itu yg membuat rasa khas kimchi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. indera perasa bagi tiap orang berbeda2. bagi saya kimchi korea sudah pedas meskipun level pedasnya berbeda dengan sambal cabe rawit. cabe korea dengan cabe keriting atau cabe rawit memang beda level kepedasannya.
      Di resep ini saya menggunakan cabe korea.

      Delete
    2. wah kebetulan nih lagi pengen nyoba bikin kimchi, tapi kecap ikan nya ga ada. kalo kecap ikan saya hilangkan dari resep, bisa jadi kimchi ga ya mba?

      Delete
  20. Ko' aku asin yah..
    apa yg saalah >>> :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau terlalu asin, mungkin pas mencuci sawinya belum benar2 bersih...setelah direndam di garam (proses peresapan), harusnya dicuci lagi hingga garam yang nempel dipermukaan luar sawi semuanya hilang. jadi rasa asinnya yg harus diperoleh adalah rasa asin garam yg meresap ke sawi, yang pastinya gak akan terlalu asin.

      Delete
  21. bli kecap iknnya dimana?

    ReplyDelete
  22. disupermarket banyak kok, kecap ikan biasanya gambar ikan gitu

    ReplyDelete
  23. emang asin n pedes gini y rasanya??

    ReplyDelete
  24. kalau di diamkan 3 jam kira2 kelamaan nggak ya???

    ReplyDelete
  25. Mbak, ak beli pasta cabe korea yg sdh jadi.. apa dipake dua"nya (pasta cabe siap pakai+cabe bubuk) atau salah 1 aja ? tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk kimchi cukup yang bubuk cabe aja. tapi pasta cabe bisa diapakai untuk resep makanan korea lain seperti : http://www.dbento.com/2011/03/resep-dukbokki-tteokbukki.html/

      Delete
  26. mbak,kimchinya kalau kepedesan tambahin garam lagikah atau digimanain ya?hehe TQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu dirombak besar2 ya-? tambahin sayurnya dan bummbu lainnya :)

      Delete
  27. mbak kalo bubuk cabe koreanya d ganti ma bubuk cabe biasa ga papa kan.
    itu cuma bkal ngrubah warnanya aja ga smerah bubuk cabe korea kan?? atau merubah rasanya juga (kecuali pedas.
    trus kecap asin ga boleh d ganti mbak ya???
    mksih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya akan lebih pedas. tp kami blm pernah coba

      Delete
  28. aku udah nyoba buat kimchi n ddukbokki,, kimchi udh d fermentasi smnggu lebih... dan asli, saya lbh suka asinan indonesia.... dr gambar kliatan enak tapi baunya ga enak ya.... klo dukbokki kalian harus nyoba... itu enaknya pakee bangeeetttttttttttttttttt, 10 jempol deh pkok,y hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kimchi memang lebih menyengat jika di fermentasi

      Delete
  29. biasanya saya ditambahkan jahe... lebih enak menurut saya :) kalo bubuk cabe biasa warnanya memang tidak terlalu bagus, jadi saya biasa pake bubuk paprika. warnanya lebih merah dan tidak pedas. yah...sedikit mirip bubuk cabe korea gitu (mungkin :) biasanya ada di supermarket tertentu (saya biasa beli di giant- bkn promosi, tapi bisa dicari disini) memang sedikit lebih mahal dari bubuk cabe biasa, tapi hasilnya cukup memuaskan ^.^---

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih atas info tambahannya :)

      Delete
  30. Selain sawi putih.?
    ada bahan baku lain nggk yg bsa dbuat kimchi.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di korea kimchi itu berbagai macam jenisnya, dan semua sayuran serta seafood bisa dibuat kimchi. resep kimchi lain yang pernak kami coba bisa di lihat di sini: http://www.dbento.com/2014/02/kkakdugi-alias-asinan-lobak-ala-korea.html/

      Delete
  31. ane mau share pengalaman nih, barusan tadi siang coba buat kimchi tapi karena kecap ikan harganya nggak sesuai dengan budget ane ( wakakak maklum mahasiswa ) ane coba ganti pake bahan yang ada, ane pake saos tiram terus ane campur kecap asin. nah pas maghrib setelah buka, ane penasaran ama rasanya, terus ane coba sedikit ternyata rasanya enak :D (b-_^) sekarang ane simpen lagi buat fermentasi, semoga aja pas udah terfementasi rasanya juga enak, takutnya cuma enak pas segar doang :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih atas info tambahannya, moga berguna bagi teman-teman yang lainnya

      Delete

matched content: