Wednesday, July 20, 2011

Perkara Jiplak - Menjiplak Isi Blog

Minggu lalu saat sedang mencari informasi di internet, seorang kontributor blog dbento terkejut. Menemukan beberapa artikel blog ini di blog milik orang lain. Pemilik blog tersebut meng-copy paste isi beberapa artikel, lengkap dengan semua fotonya. Meski, ada disebutkan sumbernya dari blog kami, tetap saja ada perasaan sebal melihatnya. Di waktu itu juga, ada penelusuran kepada semua kontributor, siapa tahu ada ynag pernah memberi ijin orang lain untuk menjiplak isi blog kami.



Ternyata tidak. Si pemilik blog tersebut tak pernah meminta ijin kepada salah satu kontributor. Kasak kusuk mulai terjadi. Pelakunya ternyata adalah salah seorang dari teman bento mania di facebook. Kami sepakat untuk menyelesaikan secara baik-baik. Seorang kontributor mengirim email ke yang bersangkutan atas nama seluruh kontributor. Menyatakan keberatan kami dan memintanya menghapus artikel-artikel dari blog kami.

Sang pemilik blog meminta maaf dan menghapusnya. Katanya, tak ada niat tak baik. Dia hanya ingin mengumpulkan tip-tip tentang bento. OK. Kasus ini kami anggap selesai. Sebuah pelajaran bagi kami semuanya.

Kasus-kasus seperti ini bukan sekali ini kami dengar. Pernah ada kasus seorang blogger yang isi blognya di copy paste, diterbitkan dalam sebuah buku lalu dijual di tanah air. Satu dari banyak resiko dari blogger yang ingin menampilkan karya yang bagus, namun kemudian di salah gunakan oleh orang lain yang ingin memperkaya diri sendiri dengan cara tidak jujur.

Satu hal yang ingin kami garis bawahi disini sebagai kontributor blog ini adalah masalah etika. Dalam berinteraksi di dunia maya pun orang perlu beretika. Sayangnya tak semua orang tahu atau mau melakukannya. Dalam kasus kami, kami menghargai niat baik pemilik blog tersebut untuk menyebarkan karya kami sehingga lebih dikenal orang. Akan tetapi, niat baik saja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan tindakan yang baik pula. Bukan sok-sok-an jadi artis bento. Tapi, apa susahnya meminta ijin. Bisa lewat email atau facebook. Sebagai sesama pecinta bento, dengan senang hati kami akan berbagi serta bertukar ilmu.

Bento-bento kami pun hadir dari berbagai inspirasi yang kami dapatkan dari berbagai sumber. Salah satunya adalah dari internet. Yang kemudian kami praktikkan sendiri serta kami tampilkan di blog dbento. Jika bukan karya sendiri, kami juga menyebutkan sumber. Meski ide bentonya dari berbagai sumber, bukan berarti kami merasa berhak untuk menjiplak hasil artikel dan foto bento orang lain lengkap dengan titik komanya. Rasanya masih mending kami melihat artikel dan foto bento sederhana tapi hasil karya sendiri dibanding pamer foto dan artikel bagus tapi milik orang lain. Semoga hal seperti ini tidak terjadi kembali.

Salam Bento Mania!

2 comments:

  1. duh... mudah2an saya tdk termasuk kategori tersebut deh, karena saya memang ngikutin blog dbento... kalaupun saya pake resep dari dbento, pasti saya link-kan langsung atau fotonya saya tag ke dbento... maaf ya kalo sekiranya itu kurang berkenan di temen2 dbento...

    ReplyDelete
  2. gak apa2 mbak zhira, kita malah senang klo mslnya dikasih tahu.
    kemarin ada yg menemukan copy paste blog kami. Sebetulnya kami senang2 aja klo ada yg tertarik dg content blognya, asalkan kami diberitahu sebelumnya.

    ReplyDelete

matched content: