Wednesday, July 6, 2011

Tips Memasak Nasi Sushi

Berikut ini dibeberkan tips tips membuat nasi sushi yang enak dengan takaran bumbu dan air yang pas untuk beras sushi. Tips ini diperoleh dari buku di atas, yang usianya sudah lumayan tua, dicetak tahun 1988 tetapi masih kaya akan informasi kuliner Jepang. Tidak hanya resep traditional masakan jepang yang ditulis dalam buku ini tetapi juga tips-tips memasak yang sangat membantu. Buku ini dibeli di Flohmarkt yang diadakan oleh perpustakaan kota 2 tahun yang lalu (bazar buku bekas) dan harganya pun sangat murah, tidak sampai 1 euro.

Menurut Haruyo Kataoka si penulis buku, takaran bahan yang tepat untuk memasak beras sushi dan membumbui nasinya adalah sebagai berikut:

BerasAir  CukaGulaGaram
200 gr  270 ml        20 ml1/2 sdm1/2 sdt
300 gr   400 ml30 ml3/4 sdm      3/4 sdt
400 gr         540 ml40 ml        1 sdm1 sdt

Beras di cuci dahulu kemudian dibiarkan beberapa saat kurang lebih sampai 30 menit, sampai beras terlihat berwarna putih dan sudah meresap air.


Beras dan air yang sudah ditakar dimasak dalam sebuah panci bersama dengan lembaran Kombu. Kombu atau seetang adalah sejenis ganggang laut yang daunnya cukup tebal dan tumbuhnya bisa mencapai 5-6 meter di laut. Kombu memiliki aroma khas dan cocok untuk hidangan seperti sup, nabe, atau sajian lainnya. Jika tidak ada kombu, tidak apa2. Masak nasi dengan api sedang dan aduk sesekali, jangan menggunakan api terlalu panas. Jika air sudah mendidih aduk nasi dan masak lagi selama 2 menit. Ketika airnya sudah mengental, kecilkan api hingga batas minimum (jika menggunakan kompor listrik matikan) tutup panci dan biarkan hingga 15 menit. Angkat dan biarkan selama 10 menit dalam keadaan masih tertutup. Tutup panci dibalut dengan kain lap, supaya airnya tidak menetes ke nasi. Ambil kombunya. 
 
Sementara itu larutkan cuka, gula dan garam dalam sebuah wadah. Berdasarkan tips dibuku tersebut, jenis cuka yang biasa digunakan adalah cuka hasil fermentasi beras, akan tetapi bisa juga diganti dengan menggunakan cuka apel. Kemudian tuangkan larutan cuka ke dalam nasi yang masih panas tadi dan aduk perlahan dengan nasi. Biasanya dilakukan dalam sebuah wadah kayu (Hangiri). Setelah dingin, nasi siap digunakan untuk sushi. Selamat mencoba yah. 

Oh iya, sekedar informasi, gambar dan tipsnya saya peroleh dari buku tersebut yah, bukan hasil foto pribadi.

9 comments:

  1. wah oke banget tipsnya mbak :),blm pernah berhasil bikin sushi yang oke rasanya hehe,

    ReplyDelete
  2. sama2 mbak, selamat mencoba yah ^_^

    ReplyDelete
  3. Kalau tak ada kombu, bisa pakai dashi juga.

    ReplyDelete
  4. Benar-Benar Hebat ya Kamu ini...

    ReplyDelete
  5. yang hebat yang nulis bukunya :)

    ReplyDelete
  6. dalam contoh pembuatan diatas berasnya beras jepang apa indonesia ?

    ReplyDelete
  7. Yg diatas pastinya pakai beras Jepang. Kalau di Jerman, kami bisa pakai beras Italia, arborio. Sifat2nya mirip dg beras Jepang tapi harganya lebih murah.

    ReplyDelete
  8. Gak perlu pake ketan kah? Kata temen2 ku biar busa digulung terus gak hancur kalo dipotong pake ketan? Jadi yg benar yg mana? Makasih^^

    ReplyDelete
  9. Mungkin tergantung jenis berasnya, Tsabita. Kalau aku pakai beras Jepang gak perlu pakai ketan lagi. Karena berasnya lengket.

    ReplyDelete

matched content: