Tuesday, August 9, 2011

Cantonese Beef Broccoli (And Carrot)


Saya temukan resep ini di situs about.com ketika mencari makanan berbahan dasar brokoli. Mulanya terlihat repot, prosesnya terlihat sangat panjang. Tapi ketika dicoba, tak serepot bayangan semula. Seperti biasa, resepnya telah mengalami modifikasi. Baik bahan maupun proses memasaknya. Porsi daging dikurangi, sayur ditambahi. Karena menurut tips, bisa diberi tambahan wortel, saya tambahkan sayur satu ini. Potongan daging, yang semestinya digoreng dengan minyak 1 cup, hanya saya tumis dengan sangat sedikit minyak.


Rasanya masakan ini mirip dengan capcay. Bawang putihnya tak terlalu terasa. Jika suka, bisa ditambahkan bawang putih atau bawang daun. Dagingnya sangat empuk dan lembut. Enak dimakan dengan atau tanpa nasi.

Bahan dan bumbu :
1. 300 gr daging. Dimarinade dengan 1 sdm cuka, 1 sdt gula, 1 sdt kecap asin, 1 sdm air, 1 sdm tepung jagung.
2. Saus : 2 sdm saus tiram, 1 sdm kecap asin kental, 1 sdm kecap asin biasa, 1 sdm air
3. Pengental : campur 1 sdt tepung jagung dengan 1 sdm air.
4. Sayuran 400 gr brokoli + 200 gr wortel, potong-potong sesuai selera. Sayuran dimasak dengan 1 gelas air, gula dan garam sebagai penyedap.
5. 2 siung bawang putih.
6. Minyak untuk menumis.

Proses :
1. Potong-potong daging, tambahkan bumbu pembalur (marinade). Tepung jagungnya ditambahkan terakhir. Diamkan selama minimal 30 menit.
2. Sementara, campur bahan saus dan pengental. Sisihkan.
3. Cuci dan potong brokoli dan wortel. Keprek bawang putih.
4. Tumis bawang putih dengan sedikit minyak hingga harum. Masukkan brokoli dan wortel, gula dan garam. Aduk beberapa saat sebelum menambahkan air dan menutup wajan selama 4-5 menit. Sisihkan. Sisa air tidak dibuang.
5. Bersihkan wajan, tumis daging dengan sedikit minyak hingga matang dan daging empuk. Masukkan sayuran dan kuah. Tambahkan saus dan pengental.

4 comments:

  1. hmm yum yumm.. keliatannya enak, jadi pingin coba resepnya

    ReplyDelete
  2. udah nyoba, Li? btw disini lagi malesss masakk, nih......hhihii

    ReplyDelete
  3. belum, sama disini jg males masak, lg ngabisin persediaan di kulkas aja nih. saking malesnya, menu buka kadang pizaa atau halbes hähnchen hehehe, kykny nanti grup gabungan ibu2 males masak bkln ngadain buka bersama di luar, mo gabung? hehehe...

    ReplyDelete
  4. mau dong.... hihihi. KFC ato Bento Box, neh? Kmarin2 juga sama, halbes hänchen ato doner kebab karena malesss....:)

    ReplyDelete

matched content: