Monday, August 22, 2011

Pelasan (Aka Pepes) Mackerel


Melihat ikan mackerel beku di supermarket, saya jadi ingin membuat pelasan. Pelasan adalah pepes jawa timuran. Salah satu lauk favorit kami saat masih tinggal bersama orang tua. Di rumah, mama biasanya membuat pelasan dari ikan tongkol atau pindang atau tengiri. Sangat nikmat dimakan dengan sayur asem, sup atau sayur bening lainnya.


Disini, mungkin bisa menggunakan ikan tuna atau salmon sebagai bahan. Tapi saya pilih mackerel. Saat berkunjung ke Maastricht bertahun lalu, saya pernah mencicipi mackerel bumbu merah (mungkin balado) di sebuah rumah makan indonesia. Enak. Di supermarket oriental di Belanda pun dijual mackerel bumbu merah ini.

Selain bahan ikannya berbeda, seperti biasa, bumbu saya modifikasi sesuai persediaan bahan di rumah. Karena tak punya daun pisang, pembungkusnya berubah menjadi kertas aluminium. Setelah matang dikukus, mama biasanya membakarnya sebentar di atas bara api atau arang. Saya, memanggangnya di oven selama sekitar 15 menit, 200°C, agar ikan tak terlalu berair saat di santap. Bau wanginya tercium saat mengukus. Rasanya juga ternyata tidak kalah dengan pelasan mama. Ahay...:)

Bahan dan Bumbu :
- 1 ikan mackerel (ca. 400 gram). Bisa diganti dengan ikan tongkol, tengiri atau pindang.
- 2 sdm sambel oelek. atau 4-5 cabe merah besar, buang bijinya.
- 3 cabe rawit merah.
- 5 siung bawang putih
- seruas jari gula jawa
- 2 tomat kecil. Aslinya adalah asam jawa.
- 6 daun jeruh purut, potong-potong kecil.
- air jeruk nipis, garam.
- Daun pisang atau kertas aluminium sebagai pembungkus.

Proses :
1. Potong-potong ikan sesuai selera. Saya memotongnya menjadi 4 bagian. Lumuri dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan sekitar setengah jam, cuci bersih.
2. Haluskan sambel oelek, cabe rawit, bawang putih, gula jawa, tomat dan garam. Setelah halus, masukkan potongan daun jeruk purut.
3. Aduk bumbu halus, masukkan potongan ikan. Aduk lagi hingga merata dan diamkan paling tidak setengah jam di dalam lemari pendingin.
4. Bungkus dengan daun pisang atau kertas aluminium. Kukus selama ca. 40 menit hingga matang. Oven selama sekitar 15 menit, agar ikan terlihat lebih kering (optional).

1 comment:

  1. mba... dibanyakin lagi dong menu pepes/pelasannya ^^

    ReplyDelete

matched content: