Friday, August 12, 2011

Yufka, Lembaran Roti dari Turki


Roti, tak hanya bisa dibentuk konvensional seperti bulat, kotak, segitiga, dll. Namun juga dicetak dalam bentuk lembaran seperti yufka, roti unik milik orang Turki. Saya mengenalnya lumayan lama, tapi awalnya tak tahu menggunakannya untuk apa. Mentahnya dijual dalam bentuk lembaran kerucut atau lebar yang bisa dipotong sesuai selera di supermarket Turki. Di kedai makanan Turki, biasanya dijual matang isi keju feta bernama Sigirli Böregi.


Suatu saat, Dian teman saya yang tinggal di Turki bercerita, sebab tak adanya penjual kulit lumpia atau pangsit di sana, dia menggunakan yufka sebagai pengganti. Kebetulan di Düren, tempat tinggal keluarga saya, memiliki masalah mirip, isi toko asia yang sangat minim. Sehingga tak lama, saya coba ide Dian. Benar juga, yufka bisa dijadikan pengganti kulit lumpia atau martabak. Sebagai pangsit goreng teman makan mie ayam pun lumayan mengena.

Karena berjenis roti, makan lumpia berkulit yufka lebih terasa mengenyangkan. Kekurangannya, dia tak serenyah kulit lumpia biasa. Bagi saya, tetap enak. Serta praktis sebagai pengganti jika tak sempat ke toko asia.

No comments:

Post a Comment

matched content: