Wednesday, November 9, 2011

Cara Membuat Tamagoyaki


Seorang sahabat bento mania di facebook pernah meminta info cara membuat tamagoyaki. Kami pun menjanjikan akan mem-posting di blog. Sudah lama sekali permintaan tersebut disampaikan. Baru sekarang baru bisa kami penuhi. Yang bersangkutan sudah mahir duluan kali, yah. :)


Tamagoyaki atau dadar telur yang digulung ini seringkali kita temui dalam bento. Baik di internet maupun di buku-buku bento. Telur adalah salah satu sumber protein yang relatif mudah didapatkan di mana saja. Dan dimakan oleh hampir setiap orang di semua generasi. Dan potongan telur dadar ini memang snagat cocok dan praktis sebagai bekal.

Sejatinya tamagoyaki Jepang agak manis rasanya. Ada yang menggunakan mirin atau dengan mencampur gula biasa untuk versi halalnya. Tapi karena belum biasa dengan telur dadar manis, saya pakai sedikit garam dan merica. Untuk satu resep, saya biasa menggunakan 4 butir telur ukuran sedang atau 3 ukuran besar. Didadar dalam penggorengan bundar berdiameter 24 cm.

Aslinya, tamagoyaki dimasak di atas sebuah penggorengan berbentuk segi empat. Tidak umum, yah. Kecuali di Jepang tentu saja. Di toko online, ada penggorengan persegi merek Tefal. Tapi harganya terlalu mahal buat saya. Ada pula versi lebih murah di toko oriental. Yang ini terlihat tipis sekali, sehingga tak tega mau beli. (Maunya yang tebel tapi duitnya yang tipis, yaks... hihi) Mengikuti petunjuk Makiko Itoh, tamagoyaki bisa dibuat di penggorengan bundar biasa. jadi lebih praktis dan murah.

Beberapa kali mencoba, saya tak selalu mendapat hasil memuaskan. Kadang apinya terlalu besar atau telur terlalu lama digulung, sehingga agak coklat di bagian bawahnya. Kali ini pun demikian, agak gosong di beberapa bagian. Jadi gunakan api agak kecil dan berhati-hati ketika menggulung, sehingga didapat tamagoyaki berwarna kuning mulus.

Bahan :
- 4 butir telur
- Garam, merica, (gula)
- Penggulung sushi (terbuat dari bambu), dilapisi dengan tissue dapur. Atau bisa mnggunakan tissue dapur saja.

Proses :
1. Kocok telur bersama garam dan merica hingga rata. Saring untuk mendapatkan tamagoyaki yang lebih cantik.
2. Panaskan penggorengan. Tapi jangan sampai terlalu panas. Olesi dengan minyak goreng.
3. Buat satu dadar tipis. Tunggu hingga bagian atas terlihat mulai matang. Gulung ke satu sisi.
4. Buat dadar tipis berikutnya, dan gulung ke sisi lain seperti gambar atas nomor tiga dari kiri. Ulangi hingga telur kocok habis (4-5 kali dadar).
5. Setelah telur selesai digulung, pindahkan ke atas penggulung sushi yang telah dilapisi tissue dapur. Padatkan telur dengan cara ditekan bersama alas penggulung hingga gulungan dadar berbentuk seperti kotak. Dinginkan sebelum dipotong-potong.

7 comments:

  1. salam kenal mba
    saya udah praktekin resep ini, ternyata hasilnya sesuai harapan saya. oya resepnya saya pajang di blog saya mba. terima kasih banyak resepnya ya mba :)

    ReplyDelete
  2. salam kenal juga, Bunda Fathimah...:)
    Silakan, Mbak. Terima kasih juga telah mampir...:)

    ReplyDelete
  3. wah... saya mau coba bikin juga ah, makasih resepnya ^^

    kalau berhasil, aku pajang di blogku juga, boleh? :3

    ReplyDelete
  4. Silakan Mbak. Jangan lupa disebut sumbernya, ya.... Terima kasih dan salam kenal dari kami...:)

    ReplyDelete
  5. salam kenal mbak-mbak semua.. hhe.. aku suka skali coba-coba bikin bento sederhana buat pacarku.. tapi, alat-alatnya itu susah dicari di sini (Bali).. aku kira di Indonesia ga ada yg jual, eh ternyata dari blog ini dapet info ada Daiso ya namanya.. hehehhe.. makasih ya infonya, semoga ada rejeki untuk berangkat ke Surabaya atau Bandung untuk cuci mata beli bento tools.. hhi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau tak ada bs pakai peralatan dapur yang ada aja. moga bisa tetep berkreasi yah. makasih sudah mampir.

      Delete
  6. terimakasih atas info resepnya sahabat bento :)
    http://www.ilmci.com

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir ke blog kami. Jika teman ingin mengutarakan pendapat, pertanyaan saran, kritik silahkan jangan malu-malu untuk menulisnya di sini.

Salam Bento Mania