Friday, February 10, 2012

Jangan anggap cincai si cincau

Ya betull!! Jangan anggap remeh si cincau, karena ternyata khasiatnya luar biasa. Menurut beberapa artikel diantara khasiat cincau adalah bisa meredam panas dalam, mengobati gangguan pencernaan, dan karena kandungan kalori yang rendah serta mengandung banyak serat, sehingga  baik untuk diet. Bahkan bisa untuk terapi tumor juga. Padahal buatnya sangat gampang, yakni dari bahan alami yang bisa kita tanam sendiri di belakang rumah. Yuk kita intip cara membuatnya.

Tanaman yang digunakan untuk membuat cincau ada beberapa jenis, diantaranya cincau hijau yang daunnya berbentuk seperti hati (Cylcea barbata), cincau hitam (genus Mesona) dan ada juga cincau perdu (Premna oblongifolia) nah berhubung di kebun adanya tumbuhan yang terakhir disebut. Jadi praktek membuat cincaunya dari tanaman perdu ini yang memiliki daun lebih tebal dan lebar ketimbang jenis tanaman cincau yang lainnya. Untuk hasil yang bagus katanya sebaiknya menggunakan daun yang baru dipetik sehingga masih segar.

Cuci daunnya hingga bersih dari kotoran, debu dan bakteri yang tidak sehat. 2 genggam penuh daun sudah cukup untuk sekitar 5 porsi es cincau.

Tambahkan air sekitar 0.5 liter. Gosok gosok daunnya dengan menggunakan tangan hingga keluar cairannya.

Cairannya akan berbusa. Kalau ingin teksturnya lebih kenyal, tambahkan sekitar 1 - 2 sdm air kapur sirih, aduk rata
Tuangkan ke dalam kain saring

Kemudian peras ke dalam wadah bersih hingga airnya terpisah dari ampas daunnya, diamkan beberapa menit, cincau pun siap di hidangkan bersama sirup gula dan es, disantap ketika cuaca panas, wah enaknyaaa....


No comments:

Post a Comment

matched content: