Thursday, March 8, 2012

Bedah Buku: Fantastic Lunchbox

Yuk kita intip buku karangan Mari Miyazawa yang berjudul fantastic lunchbox ini. Banyak tips-tips menarik seputar charaben/kyaraben hasil buah karya yang banyak sekali manfaatnya untuk bento-ers. Buku ini merupakan salah satu buku hasil berburu rida-chan di Jepang. Tujuan utama sebetulnya ingin bayar utang janji dengan mama elaine yang dulu pernah ingin diberikan reviewnya. Meskipun telat buanget, mudah-mudahan bisa menjawab rasa penasarannya yah.

Buku setebal 112 halaman ini, cukup memperlihatkan kepiawaian Mari Mirazawa dalam mengembang ide-idenya kedalam banyak kyaraben-kyaraben yang mengagumkan. Terutama detail detail kecil disetiap  bentonya tak luput dari sentuhan apik yang  membuat pembacanya berteriak.. 'waah kawaiiiii....!' Buku ini sepertinya ditujukan untuk bentoers yang sudah memiliki keahlian lebih, tidak untuk pemula. Saya sendiri sampai tidak habis pikir, kok bisa yah banyak banget ide-ide baru untuk bekal ala Jepang seperti ini. Disetiap foto bento yang dibuatnya disertai dengan keterangan menu, bahan-bahan yang digunakan untuk merias, cara membuatnya, serta tips2 yang perlu diperhatikan. Sayangnya semua dalam bahasa Jepang, jadi tidak semua bisa dimengerti jelas. Meskipun demikian buku full color ini tetap saja menurut saya berguna, karena kebanyakan illustrasi-ilustrasinya cukup jelas sehingga tak perlu lagi membaca details apa yang tercantum.


Diantara tips-tips menarik yang bisa kita peroleh seperti misalnya menggunakan satu cetakan untuk berbagai macam bentuk. Cetakan kepala beruang bisa dipakai untuk membuat kepala kodok/keropi dengan berbagai ekspresi.


Satu hal lagi yang membuat saya terkagum-kagum adalah membuat potongan sayuran menjadi sebuah karya seni yang menarik, seperti potongan paprika di gambar atas, sehingga terlihat seperti sebuah rangkaian bunga.
Bento di atas merupakan bento favorit saya, pengantin wanita. Melihat pernak pernik kecil yang begitu terlihat detail... kalau ini saya juga jadi gak tega makannya... cukup dilihat saja, sudah puas sepertinya. Hiasan tersebut sebagian besar menggunakan kamaboko, sejenik panganan Jepang yang diolah dari ikan. Dan masih banyak lagi bento-bento menarik dalam buku ini. Penasaran? beli bukunya aja yah hehehe... Miyazama juga punya blog sendiri loh, jadi bisa juga diintip di e-bento.com. Blognya juga dalam bahasa Jepang tapi bisa diterjemahkan via google tranlate kalau pada keriting melihat tulisannya.

5 comments:

  1. sis,,,,aku mau dunk alat alatx,,,,,dimana n gimana ngedapetinx?????

    ReplyDelete
  2. bisa g sih bikikin hiasan seperti pengantin itu bkn nya dari apa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu buatnya dari berbagai macam bahan, sebgian besar dari kamaboko (bagian putih untuk baju nya),yakni makanan jepang terbuat dari pasta ikan yg dicetak dan dikukus.

      klo pengantin di gambar paling atas, bagian kepalanya terbuat dari telur puyuh yang diceplok

      Delete
  3. hi dbento dot com,
    mau tanya mbak, mw cba buat bento, tp cari nori yang halal dan merk ap y mba baiknya? ad rekomendasi?
    mkasih sbelumny mba..

    ReplyDelete

matched content: