Friday, April 13, 2012

Bedah Buku Bento: 絵ごころ弁当大集合

 
Buku yang saya lirik kali ini adalah kumpulan kreasi dari ibu-ibu pemenang lomba kontes bento yang diadakan di Jepang tahun 2009. Dari sekian finalis, diambil hasil kreasi kyaraben dari 10 orang pemenang, dan tentu saja karya bentonya sangat menarik sekali dituangkan ke dalam buku full color ini.




Di dalamnya dijejali dengan foto-foto bento yang tidak hanya cantik tapi juga syarat informasi. Semua tata cara membuatnya cukup dimengerti meskipun buku ini ditulis dalam bahasa Jepang.


Klik foto untuk memperbesar

Beberapa trik dan trips disajikan secara runut dan jelas, seperti foto di atas yang menjelaskan cara membuat kyaraben, little red riding hood. Hasil bento nya seperti di bawah ini.

 


Buku yang terdiri atas 88 halaman ini menurut saya cukup inspiratif dan informatif. Cukup menolong bagi yang ingin tahu teknik-teknik kyaraben/charaben.
Lihat juga bedah buku lainnya di sini: kategori bedah buku oleh bento mania

Beberapa ide kreatif bisa dilihat di video berikut ini, yang foto2nya diambil dari situs asahiya:
 
video



3 comments:

  1. klo di indonesia memang tidak mudah didapat karena tidak dijual di toko2 buku biasa, biasanya ditawarkan di toko bento online (bs lihat di facebook bento mania, banyak yg berjualan online)

    ReplyDelete
  2. Mba kalu onigirinya harus pake beras khusus apa beras biasa bisa?
    terus yang onigiri?telur puyuhnya warna warni itu pake sepuhan kue yah?

    terima kasih yah.

    ReplyDelete

matched content: