Monday, April 9, 2012

Ladurée Macarons dan video membuat Macarons

Bagi penikmat jajanan manis, berikut ini laporan hasil icip-icip Macarons dari salah satu pattiserie yang sudah 150 tahun memproduksi macarons di Paris-Perancis. Yakni sejenis cookies berbahan dasar tepung almond yang ditumpuk menjadi satu, diantara tumpukan cookies yang renyah tersebut diberi krim manis, lembut. Sebelumnya, macaron sudah didefinisikan oleh mbak ira di postingan Luxemburgerly, Mini Macaron dari Sprüngli.


 
Toko Macarons yang kami singgahi kali ini adalah salah satu cabang toko kue (patisserie) yang sudah ternama di Paris, yakni Ladurée. Berada diantara deretan pertokoan mewah di Avenue des Champs Élysées. Gerai-gerai Laduree ini ada 10 di Paris. Selain itu, toko ini juga bisa ditemui di 15 negara, sayangnya tidak di Indonesia.

Toko ini juga menjual beberapa souveniers seperti tas-tas maupun Ladurée parfum
Sudah banyak pencinta macarons setiba kami disana, kami pun harus ikut mengantri dahulu sebelum bisa mengantongi si manis ini. Antriannya cukup panjang dan dibagi menjadi dua bagian. Bagian depan khusus hanya untuk macarons yang dikemas dengan kotak cantik sedangkan di bagian belakang, antrian untuk macarons dengan/tanpa dikemas dan juga kue-kue cantik lainnya, seperti tart, dll. Sayangnya di dalam toko kami dilarang foto-foto, jadi tidak ada foto kue cantik yang bisa diperlihatkan.

Kue tart macarons
Ladurée Macarons dijual dengan harga 1,7 euro perbuahnya atau sekitar 20 ribu rupiah. Di kemas dalam kotak cantik atau pun tidak. Kotaknya yang paling kecil berkapasitas 6 buah macarons dan berharga sekitar 4-5 euroan tergantung designnya. Konon banyak juga yang suka mengkoleksi kotaknya ataupun untuk kado atau hadiah buah tangan. Jenis dan rasanya beraneka ragam, sedangkan macaron yang beralkohol ketika itu hanya dua jenis saja dan diletakan terpisah. Jadi kami pun bisa lebih lelulasa memilihnya.


Berikut ini salah satu hasil buruan kami yang dikemas dalam wadah silinder hijau dengan pola keemasan. Ladurée Macarons dari kanan ke kiri:
  • Pétales de Rose : rasa kacang almondnya berbaur sempurna dengan  wangi ekstrak mawar yang lembut.
  • Pistache : renyah di luar dan lembut di dalam, krimnya lembut dan sangat manis dengan rasa pistachia yang lebih kental ketimbang almondnya.
  • Citron / Lemon : warnanya kuning cerah, krimnya yang berwarna putih terasa asam, tapi lapisan luarnya renyah dan manis berpadu dengan aroma lemon yang lembut. Saya suka dengan rasanya tidak  begitu manis dan terasa segar.
  • Café: wangi kopinya lembut dan tidak terlalu manis, enak perpaduan rasanya.
  • Caramel a la Fleur de Sel : wangi karamelnya tidak terlalu tercium, tapi ketika digigit, terasa karamelnya yang begitu manis.
  • Chocolat : cokelatnya terasa kental sekali, manis tapi tidak berlebihan.
Cara membuatnya hampir mirip dengan whoopie pies (klik untuk lihat resepnya) tapi rasanya jelas berbeda, macarons lebih kering dan renyah ketimbang whoopie pies. Berikut ini video cara membuat macarons sekaligus resepnya yang saya peroleh dari youtube:



1 comment:

matched content: