Monday, May 7, 2012

Icip masakan Perancis halal di Le Jumeyrah


Masih sambungan dari cerita wisata kuliner di Paris, kali ini ingin cerita pengalaman icip-icip masakan khas Perancis. Kami berhasil menemukan banyaaak sekali restauran halal di Paris melalui suatu situs, bernama paris-halal.com. Mulai dari masakan asia (jepang, korea, cina) sampai eropa, semua ada yang halal.


Kali itu kami mendarat di salah satu restoran Perancis bernama Al jumairah atau Le Jumeyrah. Sudah masuk waktu makan malam ketika kami tiba di sana. Melihat papan menu tertulis di depan restauran, sempat agak sungkan masuk terutama setelah melihat harganya yang wow.

Restaurantnya terlihat sepi dengan ruangan yang diterangi lampu sendu berwarna ungu, ternyata kami adalah langganan pertama. Setelah dipersilahkan duduk oleh si pengelola restaurant kami diperlihatkan daftar menu  berbahasa Perancis, untung beliau berbaik hati menerangkannya dengan menggunakan bahasa Junglish (jungle english) hehehe...dan kami pun dibuat terhibur.

Restauran ini menawarkan tiga macam paket menu. Paket pertama kita bisa memesan salah satu hidangan sesuai dengan harga yang tercantum pada menu, paket kedua bernama Menu Gourmand yakni disediakan tiga hidangan komplit yang bisa dipilih sendiri mulai dari menu pembuka, hidangan utama, dan dessert/penutup. Sedangkan paket ketiga, Menu gastronome, kita diperbolehkan memilih masakan pada hidangan utama, dan hanya salah satu dari hidangan pembuka atau penutup. Minuman dipesan terpisah, akan tetapi air putih disediakan gratis.

Supaya bisa menikmati semua hidangan, kami pesan berbeda. Untuk pembuka saya memesan L'imperial de saumon marine yang ternyata adalah filet salmon asap. Ditemani dengan creme, potongan jeruk citrun dan roti bagguette. Rasa cremenya enaak. Untuk satu porsi bagi saya terlalu banyak, syukurlah ada 3 orang lainnya yang membantu menghabiskan.

Hidangan utama yang kami pesan berbeda-beda, diantaranya

Parmentier de canard et son bouquet de verdure yakni daging bebek yang dipanggang bersama dengan kentang yang dihancurkan , disajikan bersama semangkuk salat. 


 Filet de  boeuf poete avec sa sauce au poivre vert maison : yakni beef tenderloin dimasak dengan green pepper

 Sedangkan untuk dessert/pencuci mulut, kami mencoba :

crème brûlée, krim yang dibakar di permukaan atasnya sehingga membentuk lapisan karamel renyah tapi lembut dibagian bawahnya.

 Kue Cokelat yang di temani dengan es krim vanilla... enaak...

Karena lampu warna warni di restaurant, jadi fotonya tidak maksimal. Tapi yang jelas semua rasa masakannya enak.  Ketika kami hendak pulang, restauran sudah dipenuhi dengan pelanggan. Ternyata makan malam mereka lebih telat dari yang kami perkirakan. Sambil menikmati hidangan dengan santai, mereka asyik mengobrol. Terlihat sekali adanya perbedaan cara/budaya dalam menikmati makan malam. 

Top deh al jumeirah, pelayannya juga ramah2 dan sabar dengan kita yang tidak mengerti berbahasa perancis. Jika ada yang mau berkunjung kesana, silahkan dilirik situsnya di www.lejumeyrah.fr (pakai bantuan google translate jika perlu).

2 comments:

  1. Salam kenal :) Senangnya membaca info tentang makanan Prancis yang halal ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga.... semoga bermanfaat untuk kaum muslim

      Delete

matched content: