Monday, January 21, 2013

Jajan di Singapura


Berhubung peralatan nge-bento masih di dus, jadi liputannya masih seputaran jajan dulu ya..
Mungkin sahabat bento sudah tak asing dengan jajanan yang ada disingapura karena hampir sama dan bahkan jajanan ini sudah banyak yg membuka cabangnya diindonesia, tapi yuk kita intip apakah jajanan kita sama?





1. Nasi hainan dan ayam goreng, disebut juga nasi ayam. Ini jajanan eh makanan berat yang populer di   singapore dan malaysia, rata-rata yang jual orang melayu jadi bisa dipastikan kehalalannya. Rasa nasinya enak, asin gurih dan pulen. Ayamnya sama kaya ayam goreng indonesia, ayam yg digoreng tepung tapi tak sampai keriting. Disajikan dengan kuah kare bening, tapi menurut teteh sih enak g pake kuah dan potongan timun. Nasi ayam cik haji ini kami cicipi di lucky plaza lantai atas di orchard road, harga perporsi ini 4,5 dollar singapur plus minuman kaleng. Tapi tersebar juga di pujasera hampir setiap mall.



2.  Young tau fu, ini halal juga karena g pake babi dan lemak babi, kata yg jual no pork no lard.  Teteh makan ini di citylink mall lantai atas, tapi ternyata di mall-mall yg ada di orchard road juga ada. Young tau fu ini kaya baso malang diindonesia, bedanya yang ini sebagian besar terbuat dari ikan laut, udang dan ayam, contohnya ada, baso ikan, baso kepiting, baso jamur (ada macam2 baso dari jamur yg rasanya enak2), aneka macam tahu, tahu siomay isi sea food atau ayam,  juga berbagai sayuran. Modelnya kita ambil mangkok trus milihin sayur dan baso yg kita suka, trus bayar, nanti mas yg jualnya nyelupin sayuran dan baso dan ngeracik kuah kaldunya, nyaammm.... harga perporsi tergantung apa yg kita ambil. Ini 1 mangkok 3,5 dollar singapura. Lumayan hemat dan mengenyangkan.


3. Buat yang mau mencari makan malam dan mau menikmati udara malam singapura, pergilah ke gedung esplanade, gedung yg berduri seperti durian itu loooh. Dibelakangnya gedung itu ada tempat jajanan yg berderet-deret, namanya Glutton's bay makan sutra. Tempatnya terbuka, seperti kumpulan kaki lima kalo diindonesia. Ada 3 kios halal disitu, Al Hambra padang satay, Indian Mee goreng trus yg satunya lupa euy... Nah yg ada difoto itu namanya Indian mee goreng, rasanya unik, karena berbeda dengan mie goreng khas indonesia, ada rasa karinya, dan pedas. Yang penasaran cobain ya kalo ke singapura. Disini harga makanan sekitaran 4 dollar singapura, maaf lupa.



4. Yang ini namanya Murtabak, masih makanan india. Kalau di Indonesia martabak. tapi beda banget rasanya, karena yg ini isinya ayam atau kambing bumbu kare yg dominan dan kulitnya yg lebih tebal dari martabak asin indonesia. Makannya dicelupin ke kuah kare yg disampingnya, pilihannya bisa kare kambing atau kare ayam. Rasanya, unik karena rasa karenya yg sangat dominan. Kalo dikasih pilihan mendingan martabak indonesia deh, tapi tak ada salahnya looh mencoba murtabak india ini, jadi bisa tahu bedanya.


5. Masih seputar makanan india, kali ini kami mencoba nasi briyani, nasi dari beras basmati yg disiram bumbu warna kuning dan orange. Disajikan dengan ayam kare atau kambing kare. Kalau yang ini kami coba di pujasera yg ada di pulau sentosa, samping universal studio.


6. Yang ini namanya es stick di stick house, rasanya enaakkk deh tidak kemanisan, karena mengandung gula asli yang tidak terlalu dominan seperti es stick lainnya , semua bahannya organik dan asli, bukan essence maksudnya. Rasanya sesuai ama harganya yg tidak murah, bisa di celupin ke aneka topping, coklat susu, coklat hitam, meses, kacang dll. Ini masih jajanan di pulau sentosa. Yg teteh coba rasa green tea yg di celup ke coklat hitam, yg satunya rasa kopi. Pokoknya harus nyoba.... enaakk


7. Kalau yang ini namanya es kacang merah, manis gurih dan dingin pastinya hehe...
Es ini terdiri dari kacang merah, agar2 dan kolang kaling, di kasih serutan es, disiram susu kental      manis dan gula warna warni, sssrrllppp segeeerr...

Jadi apakah jajanan sahabat bento sama dengan jajanan teteh? kalo tidak sama selamat jajan ya.... 






7 comments:

  1. walaaaah jalan-jalan yang gak akan bikin langsing hihihi....

    ReplyDelete
  2. enaknyaa........ Btw, mana nih poto alat2 bentonya? Penasaran....

    ReplyDelete
  3. enaaakkkk yaaa sepertinyaaaaa... waaaaahhhhh

    ReplyDelete
  4. Wah, kelihatannya enak tuh makanan2nya..
    boleh deh kapan2 liburan ke singapore.. :)
    ada lagi khas singapore, es cream kotak yang d bungkus roti.. enak juga tuh.. hahaha

    ReplyDelete
  5. lia :yaaah namanya juga diabur dan dikasih jajan :-)
    Mbak ira : sudah ada mbak, masih kendala dipengirimannya euy, sementara offline dulu jualannya hehe...
    Wisata bali : iyaaa enaak-enak n bikin kalap :-) es krim yg dijual ddepan mall di orchard ya? itu es krim wanollal hihi, enci2 n enkoh2 yg jualan kalo bilang one dollar jd terdengar wanollal :-)

    ReplyDelete
  6. ima, ayooo besok feb kalo kesingapur, cobain yg belum ya hehe....

    ReplyDelete
  7. wah nice info
    halal murah, klop tenan
    thanks sob infonya...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir ke blog kami. Jika teman ingin mengutarakan pendapat, pertanyaan saran, kritik silahkan jangan malu-malu untuk menulisnya di sini.

Salam Bento Mania