Sunday, September 29, 2013

American Soft Bun

Awal bulan saya dan seorang teman mengikuti kursus roti disalah satu baking centre ternama, alhamdulilah banyak ilmu yang di dapat. Salah satunya membuat roti american soft bun. Aduuh ini roti enak dan empuk banget. Kalo ada mesin pengaduk roti sih enak tidak capek, tapi kalo manual berasa fitnes di tangan hehe...

Hayooo sapa yang tak ngiler liatnya.... hehe.... daripada ngiler, mendingan bikin yuuk... ini dia bahan-bahannya :

Bahannya :
500 gr terigu protein tinggi
500 gr terigu protein sedang
15 gr ragi instan
150 gr air
120 gr gula
15 gr garam
300 gr susu cair
160 gr mentega
3 gram bread improver
60 gr susu bubuk
200 gr telur

Bahan isian, bisa sesuai selera :
keju
selai
coklat meses

 Bahan Olesan :
telur dan susu cair
Beri parutan keju jika suka

Cara Membuatnya :
1. Campur semua bahan kering, kecuali garam, masukan telur dan air, aduk hingga kalis.
2. Masukan garam, aduk lagi, masukan mentega, aduk hingga adonan benar2 kalis.
3. Sesudah di ulenin, adonan harus diistirahatkan 10 menit, bungkus dengan plastik cling.
bagi adonan 40 gram dan bulatkan.
4. Istirahatkan lagi 10 menit.
5. Gilas adonan dan isi dengan isian, bulatkan, susun dalam loyang yg sudah di olesi mentega. susunya berdekatan.
6. Istirahatkan lagi selama 90 menit hingga adonan cukup mengembang, kemudian di menit 30, oles dengan bahan olesan.
7. Bakar disuhu 190 derajat celcius selama 20 menit.
8. Angkat dan olesi margarin. siap disajikan.
9. Selamat menikmati roti empuk ya...

Tara... udah jadi niih... menul-menul khan.... kalo masih bantat, berarti nguleninnya belum kalis ya.... jangan putus asa, dicoba lagi aja...





Monday, September 16, 2013

Nasi Goreng Cabe Iris ala Manda

kalau di postingan sebelumnya, ada sambal terasi yang disantap bersama jambal roti, sekarang kita intip yukkk.. apa yang manda lakukan dengan sisa sambal yang banyak, hehehehe... taraaaaaaaaa... inilah nasi goreng yang merupakan modifikasi dari sisa sambal menu jambal sebelumnya..


gampangnya masak nasi goreng... yang utama adalah goreng irisan bawang merah dan bawang putih masing-masing 1 siung aja, untuk membuat sedap nasi yang kita goreng.. lalu masukkan sambal terasi dan tambahkan mentega 1/2 sdm untuk membuatnya lebih gurih.. masukkan nasi, tambahkan garam dan kecap..
cetak nasi dengan bowl yang dilapisi plastik trus tambahkan pelengkapnya.. o iyaa.. bagi yang masih kurang pedes, irisan cabe rawit mentah bikin seger lho yaaa... enaaaakknyaaaa kerja di rumah yang sewaktu-waktu bisa memasak sehat untuk keluarga.... selamat mencobaaaaa.....

Thursday, September 12, 2013

Cap sandwich (sandwich stamp)

Jalan-jalan ke toko kelontong kadang sering membuat kantong bobol. Apalagi kalau sudah laper mata, lihat yang lucu-lucu. Untung sekarang volume dapur saya sudah bisa dikatakan sangat penuh dijejali barang-barang. Hal tersebut saat ini menjadi pembatas kalau pergi belanja.

Wednesday, September 11, 2013

Intip dan icip yang manis cantik di Sprungli


Confisserie yang terletak di deretan bahnhof strasse (Z├╝rich, Swiss) ini terlihat ramai pengunjung, baik itu yang membeli maupun yang hanya melihat-lihat saja. Dalam etalase, banyak sekali kue-kue cantik menggoda yang terlihat enak. Waah, kalau hanya ingin menuruti nafsu, bisa jebol kantong. Untung kami hanya tergoda icip Luxemburglii, yakni macarone kecil, seperti yang sudah diceritakan oleh mbak ira di postingan sebelumnya tentang sprungli. Rasanya mantap terutama creamnya. 

Tuesday, September 3, 2013

Kontes Blog Bento Mania : Aku dan Bento

Hai.... tibalah saatnya yang kita nanti bersama. Give Away dari kontributor Bento Mania yang dikemas dalam kontes blog. Temanya mudah saja, kok : Aku dan Bento.

Bagaimana cara ikutan Give Away Bento Mania ini?

1. Like dulu fan page Bento Mania di facebook, ya!

2. Peserta boleh siapa saja, asal bermukim di Indonesia.

3. Buat sebuah artikel pendek minimal 500 karakter. Isinya tentang interaksimu dengan bento. Apakah itu tentang pengalaman asyik membuat bento bersama anak, pasangan atau pas sendirian. Atau apa kesan-kesanmu tentang bento atau tentang bento mania. Kalau belum pengalaman bikin bento pun gak perlu khawatir. Tulis saja apa apa yang kamu pikirkan bila mendengar kata bento? Nah artikel ini, mesti ditulis di blog. Terserah boleh blogspot, wordpress, tumblr, blogdetik, dsb. Asalkan bukan note di facebook. Sertakan foto-foto pendukung jika perlu.

4. Pasang satu tautan dari blog Bento Mania (www.dbento.com) atau dari salah satu artikel di blog Bento Mania jika itu berhubungan dengan artikelmu.

5. Kirim email ke mania.bento@googlemail.com dengan format subyek email : Kontes Blog Bento Mania : Judul artikelmu. Sertakan tautan (link) artikel yang kamu ikutkan kontes di dalamnya.

6. Hadiahnya! jangan khawatir. Akan kami pilih 3 pemenang 1, 2, 3 serta satu pemenang favorit kami berempat.

7. Kontes berlangsung mulai sekarang sampai tanggal 7 Oktober 2013 pukul 24.00 WIB. Pengumuman pemenang seminggu kemudian.

8. Tunggu apa lagi, tulis artikel terbaikmu dan ikutkan kontes blog Bento Mania!


Pemenang 1 :


Pemenang 2 :


Pemenang 3 :


Pemenang favorit :


Sunday, September 1, 2013

COMING SOON : Give Away Pertama Bento Mania!

Yuhuuuuu! Kami berempat kontributor Bento Mania : Intan, Lia, Ima dan Ira, sepakat mengadakan hajatan kecil di blog kesayangan kami. Alhamdulillah, teman dan sahabat bento mania semakin banyak. Walau artikel bento jarang muncul di sini, akan tetapi, kami semua bertekad untuk selalu menyajikan info-info seputar masak-memasak dan makanan kepada teman-teman semua. Tentu saja kami berharap semua ada manfaatnya.

Setelah mengumpulkan beberapa pernak-pernik bento, tadaaaa.. maka hajatan alias gve away akan segera dimulai. Bagiamana, apa, dan kapankah itu? Stay tune terus di blog kami, ya!

matched content: