Monday, December 29, 2014

Wisata kuliner di Palembang

Wisata kuliner di palembang tak hanya pempek saja, masih banyak loh...
Seperti aneka olahan dari ikan sungai musi ini, yang biasa orang palembang sebut pindang. Kalau dari segi rasa sih mirip ikan asam padeh di pekan baru dan beberapa daerah disumatera.
Hanya saja ikan yang di masak berasal dari sungai musi ini ikan air tawar dan lebih khas.

1. Pindang Ikan Baung
Ikan Baung salah satu tangkapan ikan dari sungai musi, dimasak pindang seperti ini, rasanya segar karena ditambahkan potongan nanas, paduan asam  dari  buah asam jawa muda dan rasa pedas dari cabenya pedasnya pas, dan anggapan bau amis untuk olahan sup ikan air tawar hilang.

masakan khas palembang
Pindang Ikan Baung


Thursday, December 11, 2014

Cara mudah mengupas Chestnuts atau Kastanye

Klik gambarnya untuk lihat videonya

Musim dingin sudah mulai datang lagi dibumi kediaman kami tinggal. Makanan dan buah-buahan musim gugur / dingin sudah mulai ramai dijual. Termasuk kacang kesukaan kami ini. Rasanya mirip biji nangka tapi lebih pulen dan manis. Cemilan menyehatkan ini terasa nikmat namun kadang ganggu ketika ada biji yang sulit dikupas, terutama jika dagingnya merekat erat ke dinding kulit bagian dalam. Berikut ini saya temukan tips cara memasak biji kastanye ini supaya mudah dikupas.

Wednesday, December 10, 2014

Berendam di curry, hidangan untuk anak

bento curry  rice


Berikut ini adalah hidangan yang bisa menarik perhatian anak. Cara membuatnya cukup mudah hanya dengan beberapa trik dalam mengepal/mencetak nasi... menyulap hidangan yang biasa menjadi luar biasa di mata anak.

Tuesday, December 9, 2014

Sate Sayuran

Kalau sate berbahan protein hewani, pasti kita sudah sangat kenal. Mulai berbahan ayam, daging sapi, kambing, kelinci, sampai sate sari laut. Sate banyak penggemarnya. Termasuk kami sekeluarga.

Monday, December 8, 2014

Cemilan Sehat dengan TAHU

siapa yang tidak kenal dengan tahu?

hampir cemilan paling mudah dibuat dari bahan makanan berbahan dasar kedelai ini.. Jenis tahu yang banyak dijual di pasaran adalah tahu kuning, tahu putih, tahu magel, tahu sumedang, tahu ceplus (yang biasa dibuat oseng-oseng) dan mungkin ada varian baru seperti tahu sutra dan tahu tofu.. banyak juga makanan yang bisa diolah dari tahu ini, dari cemilan sampai masakan..

kali ini, kita akan menikmati tahu asin goreng yang cocolannya bisa dibuat sendiri dari kecap manis, irisan cabe dan menambahkan sedikit petis udang.. nyuussss... pantas di santap saat udara dingin.. lalu bagaimana dengan bumbu tahunya kalau kebetulan tahu yang ada tidak berasa (tawar), bumbui dengan bawang putih dan garam saja.. nyaaammm renyahnya kulit tahu yang lembut bagian dalamnya siap dinikmati...


Tuesday, December 2, 2014

Zucchini Panggang

Kalau sedang bosan menu Indonesia, saya kadang coba-coba resep masakan asing. Tentunya yang gak pake ribet. Salah satu yang saya coba dan suka minggu lalu adalah zucchini panggang.

Monday, December 1, 2014

Aneka Pempek Palembang

Palembang.... wow sudah terbayang rasanya pempek yang enak dan aneka kuliner disana. Saya memang memimpikan bisa mengunjungi kota ini. Cerita menarik soal alam dan aneka makanan lezat dibahas di beberapa blog, yang membuat saya ingin segera terbang kesana. Syukurlah suami saya mengajak serta tak kala mendapatkan undangan mengisi seminar disana... yiipii pucuk dicinta ulam tiba....
Cuaca saat berangkat dipagi hari kurang bersahabat, pesawat pun sedikit terguncang yang membuat saya cemas dan takut. Alhamdulillah bisa mendarat dengan selamat di bandara Sultan Mahmud Badarudin. Setelah rasa cemas dan takut hilang, datanglah rasa lapar hihi... mari kita makan pempek....

Friday, November 7, 2014

Bakwan Kentang Ala Jerman

Di Jerman, orang juga mengenal bakwan, lho. Bahannya juga dari aneka sayuran. Kalau yang bahannya seperti bakwan kita itu di sini namanya Gemuesebratling. Ada juga bakwan yang bahan utamanya kentang. Sebutannya Reibekuchen atau Kartoffelpuffer.

Thursday, October 30, 2014

Cara Menikmati Buah Naga Merah

Buah naga merah (red dragon fruit)

orang sudah mengenal, sudah banyak melihat, sudah banyak yang jual, dan banyak cara menikmatinya..
ada buah naga yang dagingnya putih, dan ada juga buah naga yang dagingnya merah..

kami suka yang buah naga merah, selain menghasilkan warna pink yang cantik, buah ini teksturnya lebih krenyes krenyes dan agak manis.. gampang banget untuk menyiapkan minuman dingin nan segar dengan bahan buah naga :)


bahan :
1 buah naga merah, potong dadu sesuai selera.
sirup pisang susu (keluaran Marjan) atau sirup Frambozen (keluaran FRES)

kenapa kedua merek sirup itu disebutkan? karena penentu rasa ada di sirup itu :)

selanjutnya : rendam buah naga ke sirup (tanpa air) sesiangan atau semalaman cukup..  

sajikan selagi dingin dengan menambahkan air es atau es batu kedalamnya..
 
selamat menikmati yaaaa....

Wednesday, October 29, 2014

Resep Mie Goreng Jawa Rumahan

Kalau postingan lalu, tentang kuliner malam hari di Yogyakarta, dengan mie nyemeknya. Kini saatnya menuliskan resep mie goreng jawa rumahan ala manda. Manis, asin dan pedas menyesuaikan selera yaa..

Bahan :
1 bungkus mie telor yang sudah direbus dan ditiriskan. (tidak sampai matang sekali yaa)
3 bawang merah (diiris)
3 bawang putih (digeprek/dimemarkan)
3 cabe rawit merah diiris.
garam, merica bubuk.
2 butir telur di kocok beri minyak 1 sdm,
bakso dipotong sesuai selera,
sawi hijau
tomat dan lombok rawit.


Cara memasak :
1. siapkan mie telor yang sudah ditiriskan dengan menambahkan kecap manis + kikko man (bisa diganti kecap asin). campur mie dengan kecap lalu diamkan.
2. siapkan minyak untuk menumis bawang merah dan bawang putih masukkan, tumis sampai harum dan kecoklatan, masukkan cabe iris (sesuai selera jika ingin pedas).
3. masukkan bakso dan tambahkan air 50-75ml, dan masukkan telur yang sudah dikocok. Sambil diaduk, agar telur tidak gosong di wajan.
4. masukkan garam dan merica bubuk, lalu masukkan mie dan aduk rata dengan garpu lebih enak.
5. icip icip, bila kurang asin tambahkan garam.. kalau keasinan, tambah air sedikit dan tambahkan kecap manisnya atau saos sambal juga boleh..

selamat mencobaaaa....


Tuesday, October 28, 2014

Gaya Sehat dengan Infused Water

Halooo sahabat dbento,

musim panas yang berkepanjangan di Indonesia, khususnya Yogyakarta, suhu mencapai 39 derajat celcius lho... kebayang aja kalau itu badan, sudah minum paracetamol kali yaaa...

Nah, air putih difungsikan untuk menjaga kesehatan tubuh dari dehidrasi. Bagi mereka penyuka air putih, mungkin akan gampang, enak dan mudah banget meminum air putih berbotol-botol, bahkan bergalon-galon kecil seperti sekarang banyak dijual di supermarket.. 

Namun kini, ada cara lain menikmati air putih yang disebut Infused Water. Saya sekeluarga menikmati infused water yang dibuat pagi, untuk diminum siang sampai sore hari. Buah dan sayur yang bisa dimasukkan, seperti : stroberi, daun mint, jeruk lemon, kiwi, mentimun, bisa juga jeruk nipis ya.. asal bukan buah yang hancur ketika direndam di dalam air.. Masukkan ke dalam jar kaca, lalu masukkan dalam kulkas 4-6 jam.. Selamat mencoba, dan salam sehat yaa semuaaa...

Monday, October 27, 2014

Mie Nyemek itu Mie Rebus ala Jogja

dear sahabat dbento,

kuliner malam hari yang menjadi pilihan pasti yang berkuah, panas dan menghangatkan.. begitu pula di negara lain, apalagi musim dingin yaa...

Mie nyemek itu mie rebus ala Jogja, mie nyemek bisa dari bakmi kuning (mie telor) atau bihun.. yang membedakan karena telur yang digunakan adalah telur bebek dan dimasak pecah (baca : dimasak orak arik) dalam kuahnya..

menikmati mie nyemek lengkap dengan acar dan lombok ceplusnya.. rasanya nyuussss dan efeknya sehat karena berkeringat... :) :)


nah, pada gambar juga lengkap dengan minumannya, namanya BAJIGUR.. terbuat dari air santan encer, dengan isian kolang kaling, roti tawar dan kelapa muda, ada rasa jahe dan gula merah di dalamnya.. di sruput saat hangat dan efekn sehatnya karena menikmati dua masakan yang hangat di malam hari..

selamat mencari info tentang mie nyemek dan bajigur yaaa... semoga penasarannya terobati kalau sedang berwisata ke Yogyakarta yaaa...

salam/

Sunday, October 19, 2014

Teman Setia dalam Perjalanan

Melakukan perjalanan berhari-hari, pengeluaran untuk konsumsi setiap hari juga makin besar. Apalagi di destinasi-destinasi mahal di Eropa Barat.

Tuesday, October 7, 2014

Wisata kuliner di Belanda


Selain terkenal dengan kejunya, beberapa jajanan khas Belanda juga patut di coba. seperti berikut ini:

Sunday, September 28, 2014

Sepenggal Cerita Kuliner dari Tanah Komodo

Awal bulan ini saya berkesempatan mengunjungi salah satu pulau di daerah nusa tenggara, tepatnya kab manggarai timur. Perjalanannya lumayan melelahkan, dengan penerbangan jam 5 pagi, kami menuju bandara dari rumah jam 4 pagi untuk penerbangan ke denpasar bali. Menunggu sekitar 5 jam, dilanjutkan penerbangan menuju labuan bajo. Kemudian dilanjutkan perjalanan darat sekitar 7 jam yang jalannya luar biasa mengerikan, sebelah kiri jurang sebelah kanan tebing batu, jalannya yg tidak terlalu lebar masih diperbaiki dan belokan seperti tapal kuda hampir sepanjang perjalanan, sepertinya kelokanya melebihi kelok 44 dipadang, sayang saking tegang dan banyaknya saya tak sempat menghitungnya.
Dipagi hari, kami disuguhi sarapan roti kompyang, penampakannya seperti roti simit ala turki, roti tanpa isi yg atasnya ditaburi wijen. Saat pagi hari kami mencicipi, rasanya biasa saja. Tak kala sore hari, terasa enak sekali. Ternyata oh ternyata, roti kompyang yang dibeli di toko sebaiknya digoreng, jadi dari segi rasa dan tekstur mirip donat tapi terasa lebih enak karena terbalut wijen.


Tak lengkap rasanya mencicipi roti kompyang tidak  ditemani secangkir kopi hitam. Kopi khas yang berasal dari ruteng, ibu kota kabupaten Manggarai timur. Kopi pahit ini rasanya enak, tak meninggalkan rasa asam dimulut dan nyaman diperut. 

Untuk makan siangnya saya lebih memilih yang aman saja, seperti ikan cakalang bakar ini,
Beberapa pemuda memilih makan malam biawak yg mereka temukan diantara rumpun bambu, katanya sih hanya dibakar saja, entahlah saya sudah seram melihatnya saja. Pak awi sempat memegang dan berfoto, saya sih jauh-jauh saja.


Untuk makan malam saya sih lebih baik memilih ikan bakar warna warni yang bisa pilih sesuka hati.
Saya memilih ikan baronang merah yg hanya dibumbui sederhana, rasanya pedas asin gurih plus lalaban yang ditaburi bumbu kelapa seperti urap tanpa kencur.

Kuliner di flores menjadi terbatas karena masalah kehalalan dan ragam khasnya sangat terbatas sekali. Padahal Hasil buminya banyak dan luar biasa enaknya, hanya sepertinya masyarakat asli kurang ide dan kreatif. Seperti alpukat dan jeruknya, luar biasa enaknya. Alpukat jarang disukai sehingga hanya dijadikan makanan babi saja. Kami ditertawakan, karena begitu menikmati rasa si alpukat yang besarnya seperti kepala anak balita. Rasanya enak sekali, seandainya bisa dikirim dijawa, bisa dijadikan es teler, cake, es krim dan lain sebagainya. Sayangnya belum ada yang berpikiran mengirimnya ke jawa. Beberapa pohon enau penghasil kolang kaling yg lebat dibiarkan saja, mereka hanya mengambil airnya saja untuk tuak, sedangkan kolang kalingnya dibiarkan begitu saja, duuuh sayangnya.... bahkan mereka tidak tahu kalau jengkol bisa dimakan hehe....







Saturday, September 13, 2014

Makanan Korea: Nabak kimchi



Beuh.... mantap sekali rasa kimchi ini apalagi disantap ketika cuaca panas atau setelah memakan sesuatu yang sangat berlemak seperti barbecue atau goreng-gorengan. Seruput sedikit kuah kimchi ini bikin seger kembali. 

Sunday, September 7, 2014

Jajan Pasar

Kalau lagi pulang kampung itu tidak seru kalau tidak main ke pasar tradisional. Walau saat meudik bulan lalu saya tak sempat ke pasar besar di kota kami, hampir setiap hari saya mengunjungi pasar dekat rumah.

Saturday, August 30, 2014

Pan Cake Beruang

Niat hati membuat Pancake dengan hiasan es krim menyerupai beruang, tapi kok malah terlihat seperti tikus hehe.. Penasaran... yukkk aahhh kita bikin, mudah kok... mumpung hari sabtu nih...


Friday, August 29, 2014

Nasi Kuning Bekal Sarapan

Pagi ini Pak Awi masuk kantor jam 7, jadi harus pergi dari setengah 6 pagi. Yaah begitu sekarang kota bandung, pergi jam 6 sudah macet, maklum rumah kami digunung jadi harus lebih rajin. Apalagi masuk pagi, duuh perjuangan. Karena tidak sempat sarapan, pak awi saya bekali nasi kuning saja, nasi dan lauk pauknya sudah saya masak semalam jadi habis subuh tinggal menata dalam kotak saja. Agak terburu2 jadilah hanya begitu hehe..
Nasi kuning saya masak di magic com saja, dengan menambahkan kunyit, garam, salam, sereh dan daun jeruk, serta bawang merah yg ditumis dengan mentega. Untuk lauknya saya hanya menggoreng tempe, dan membuat soun kecap cabe ijo dengan pokcoy, baso, ayam dan telur saja, lalab sebagai hiasan saya tambahkan wortel segar, dan tak lupa pula sejumput abon dan kerupuk udang sebagai pelengkap. Alhamdulilah bekalnya bisa siap tepat waktu......



Wednesday, August 27, 2014

Makanan Halal di Singapura

Meskipun muslimnya minoritas, mencari makanan halal di negeri jiran ini bukan masalah susah. Bahkan sejak di bandara kita bisa mencicip aneka makanan halal.

Tuesday, August 26, 2014

Resep masakan korea: Kimari

Resep Kimari


Menyulap sisa jap chae  menjadi hidangan baru.

Saturday, August 23, 2014

Tik Tok

Pas mudik ke tanah air pastinya gak melewatkan kuliner kesukaan. Nah salah satu yang kami suka adalah bakso. Di kampung makanan ini mudah sekali dicari. Malah gak perlu dicari ia datang sendiri sampai depan gerbang halaman rumah kita.

Tuesday, August 19, 2014

Bekal piknik si lemper panda


Centre piece untuk bekal kali ini adalah lemper panda yang cara membuatnya sudah di posting minggu lalu.

Friday, August 15, 2014

3 langkah membuat onigiri panda

Panda family (onigiri panda)

Setelah liburan panjang lebaran, yuk kita cari kegiatan yang bisa mendongkrak semangat. Bagi pencinta bento mari kita buat sesuatu yang kawaii....

Thursday, July 24, 2014

Menu berbuka di tanah air

haloo sahabat dbento..

beberapa hari yang lalu, pesta demokrasi pemilu sudah selesai berlangsung di tanah air kita, INDONESIA.. semoga pemimpin yang mendapat amanah dari rakyat bisa menjalankan tugas negaranya sebaik-baiknya.. aamiinn...

naahhh.. kali ini cerita dbento menulis tentang menu berbuka ala tanah air... sebenernya banyaaakk banget menu-menu indonesia yang menemani kita berbuka puasa, sebagian aja saya tulis di sini untuk bikin temen-temen googling menu-menu yang bisa dicoba didapur keluarga yaaa...

menu buka puasa yang terhidang sebagai pembuka, diantaranya :
- kelapa muda (bisa dimodifikasi dengan sirup dan blewah)
- kolak (rebusan gula jawa dan santan kalau saya bilang, hehehehehe), isinya bisa macam-macam : pisang oke, ubi oke, kolang kaling oke, tambah nangka dan tape juga oke..
- setup (rebusan air gula pasir), isinya juga bisa macem-macem : jambu, nanas.
- aneka jenang (ini bagi yang suka masak besar dan lama)
- aneka gorengan (bakwan, pisang, tahu, tempe, gembus, tape, sukun, limpang limpung, ubi singkong)
- sup buah (campuran segala macam buah, kasih susu dan sirup)

nah, kali ini menu santap buka puasanya :


pembuka : bakwan dan martabak
minuman : es kelapa muda + blewah + sirup marjan pisang susu
makan besar : lontong + sate ayam, sayur kare dengan sambal trasi yang nyussss...


seruuu yaaaa hidangan di tanah air kalau berbuka.. selamat menyelesaikan sisa hari di bulan Ramadhan tahun ini yaaaa teman-teman.. semoga ibadah kita diterimaNya.. aamiinn

Tuesday, July 1, 2014

Bubur Jagung Manis OKE, Kolak Jagung Manis pun OKE

halo sahabat dbento,

memasuki bulan Ramadhan 1435H ini, resep-resep baru betebaran untuk dicoba.. tapi sayangnya, tidak sempat menyimpan fotonya untuk bubur jagung manis kali ini... maaf yaaa.... tapi patut dicoba karena cara bikinnya gampaaaannggg bangeettttt...

bahan :
1 gelas air (200ml)
2 buah jagung manis, di pipil
3 buah gula jawa/gula aren
1 lemban pandan
1 kayu manis
5 cengkeh
1/2 gelas susu di larutkan/pakai SKM
1 sdm gula pasir (menambah manis bagi yang suka)
1/2 sdt garam
1 santan Kara (siap saji)
2 sdm tepung tapioka (pengganti maizena)

cara memasak :
  1. didihkan air, masukkan jagung pipil, sampai matang dan warna air keruh.
  2. masukkan gula jawa, daun pandan, kayu manis, cengkeh.
  3. masukkan gula pasir, garam dan susu yang dilarutkan, tunggu mendidih.
  4. masukkan santan cair dan didihkan.
  5. kalau belum berbuka, biarkan seperti itu. jika ada yang mencicip udah manis dan pas rasanya masukkan larutan tepung maizena.
  6. sudah siap disajikan (baik panas maupun dingin)
selamat mencobaaaaaa...

salam/ima


Sunday, June 8, 2014

Spaghetti Saus Bayam dan Salmon

Bayam di kebun belakang siap dipanen. Bingung juga saya memanfaatkan bayam ini. Sebelumnya sudah saya masak sayur bening. Lalu dipakai campuran borek, pastry isi ala Turki. Tapi masih banyak juga.

Monday, June 2, 2014

Bento Nasi Merah

Dikampung sedang panen, saya dikirimin ua beras merah. Awalnya saya tidak tahu seberapa banyak air yang dipakai untuk beras merah, percobaan pertama nasinya benyek kebanyakan air, percobaan kedua pera kurang air. Maklum saya tahunya nasi merah siap makan bukan dari berasnya hihi...
Akhirnya percobaan ketiga baru berhasil, tipsnya air yg digunakan setengah dari beras putih yang biasa digunakan. Jadilah Bekal pak Awi hari ini nasi merah. Untuk temannya, saya membuat ayam teriyaki dengan bawang bombay dan paprika, tahu goreng balut tepung dan tumis labu.





Ceritanya, sedikit demi sedikit ingin menggantikan bahan makanan yg organik, beras merah organik, labu siam metik di halaman samping, tahunya juga beli yang organik, yang masih belum organik ayamnya, karena beli di pasar, hehe....
Yuk... kita mulai hidup sehat dari sekarang........

Wednesday, May 21, 2014

Bento Sandwich Praktis dan Enak

Halooo sahabat dbento...

Beberapa waktu lalu, karena tubuh sedang tidak bersahabat dengan nasi putih, iseng bikin sandwich dan meskipun sudah biasa bikin, adaaaaa saja yang mau di mix dan match kan...Ternyata membuat sandwich yang ala restoran sebenarnya gampang lho... TIPSnya ada di perpaduan mayones dan saos sambal yang pas... Lalu untuk isiannya bisa apa aja yang ada di kulkas, seperti : nugget, telor mata sapi, daging asap atau tuna.. hanya saja, pemilihan sayurannya yaa.. .bagi yang FRESH langsung di makan, mungkin tomat, selada dan timunnya akan terasa segar di mulut.. tapi bagi yang dibawa bekal sekolah, mungkin tomatnya akan menjadi lebih kecut dan bisa diganti dengan sayuran lain sesuai selera keluarga (bisa bawang bombay, bisa jagung manis pipil, bisa brokoli mentega cacah, atau mix vegetables)

selamat mencoba dan selamat menikmati yaaaaaaaa....

Thursday, May 15, 2014

Resep makanan Korea: Jap chae

Resep jap chae, makanan korea

Sepertinya review resep kali ini masih sekitaran resep makanan korea. Berhubung masih ada ilmu dari yang pernah tinggal di korea sana, tentunya ilmu yang dia punya sebaik mungkin dimanfaatkan. Makanya belakangan ini rumah kami disuguhi oleh beranekaragam menu korea, setelah sebelumnya resep jajangmyeon, oden,  kali ini menyusul resep japchae. 

Wednesday, May 14, 2014

Makanan Halal di Brüssels



Mendapat rekomendasi dari sebuah situs makanan halal Belgia, kami pun menyerbu sebuah restorant asia halal dan juga dua kedai cokelat yang terkenal di Brussel. Restaurant halal di Brüssel lebih gampang ditemui baik itu makanan eropa maupun makanan asia. Pinginnya cobain semua, tapi apa daya kemampuan dompet dan perut tidak sesuai.

Tuesday, May 13, 2014

Bento 'cepat sembuh'


Untuk teman-teman bento mania yang sedang sakit, semoga cepat sembuh yah. Berikut bento yang bisa buat pasien tersenyum. Kebetulan sudah lama tidak posting tutorial, saya sertakan juga cara membuatnya di sini.

Saturday, May 10, 2014

Sayur, Buah dan Bumbu dari Kebun Sendiri

Sedari tahun lalu, saya coba-coba mulai aktif berkebun. Membuka lahan di pekarangan belakang untuk ditanami tanaman yang bisa dikonsumsi. Tujuannya untuk mengurangi ongkos belanja. Serta mendapatkan sumber makanan organik.

Tuesday, April 29, 2014

Seminar atau workshop Bento Mania

salah satu karya sahabat bento yang baru pertama kali belajar bareng 

Sudah sekian orang yang sering menanyakan apakah dbento membuka kursus atau workshop bento, maupun tawaran dari stasiun televisi yang ingin meliput kegiatan kami. Namun dengan menyesal kami menolaknya. Kami belum bisa mengadakan kursus dan demo bento, karena beberapa hal. Alasan utama adalah karena waktu juga jarak yang memisahkan antara para kontributor bento mania saat ini. Justru alasan utama adanya blog ini adalah untuk tetap menjalin tali persahabatan kami, meski jarak memisahkan. kami masih bisa sharing informasi dan juga pengalaman.

Friday, April 25, 2014

Salad Tuna

Untuk menyeimbangkan kalori dan lemak-lemak setelah memakan makanan mewah yang berkalori dan berlemak stadium 4 di makasar, saatnya menjadi kambing kembali, hehe...
Ya kembali banyak memakan sayuran mentah, supaya tubuh tetap basa dan juga tidak banyak mengandung racun. Bekal makan siang pak Awi kali ini terdiri dari, daun selada, kol ungu dan wortel, ditambahkan ikan tuna yg ditumis bawang bombay halus yang banyak, minyak zaitun, merica, gula garam dan air jeruk nipis. Rasanya segar sekali....

Wednesday, April 23, 2014

Cerita seru oleh-oleh dari Makasar bagian ke-2

Kalo cerita kuliner Makasar disini, sekarang saya akan bercerita soal oleh-oleh yang wajib di bawa dan kue tradisionalnya. Kebanyakan kudapan manis khas makasar ini sudah banyak dijual di pulau jawa. Tapi tidak sah rasanya kalo tidak mencicipi ditempat asalnya.
Seperti es pisang ijo ini, selain rasa pisangnya yg khas dan sirop merahnya seperti tak tergantikan oleh merk apapun, rasanya manis dan segar sekali, cocok untuk udara makasar yang sedang panas.


Saat kami berkunjung ke salah satu Universitas disana, kami disuguhi makanan tradisional seperti, barongko pisang yang di bungkus daun pisang, cucur bayao yang bulat dan berwarna kuning, dan katirisala terbuat dari lapisan ketan hitam dan kue telur dengan santan dan gula merah., konon katisara hanya disajikan untuk acara pernikahan dan acara besar lainnya. Saya merasa beruntung sekali disuguhi kue-kue ini. Walaupun sedikit merasa bersalah karena berkalori tinggi, hehe... yaa.. bayangkan saja kue-kue ini berbahan telur bebek, santan dan gula, tapi tidak salah juga khan kalo sesekali, pembenaran untuk lari dari diet  :-)

Tuesday, April 22, 2014

Menikmati Kuliner Nasi Ayam, Kuala lumpur

dear sahabat bento,

satu hal yang menjadi alasan liburan kali ini di Kuala Lumpur adalah menikmati kuliner Malaysia yang katanya lebih mudah dinikmati karena banyak dijumpai makanan yang halal di sana.. Perjalanan kuliner kami untuk berburu Nasi Ayam Chee Meng di daerah Bukit Bintang...

Dari membaca banyak blog, kami akhirnya sampai di restoran Chee Meng yang terletak di depan jalan Bulan, di daerah Bukit Bintang.. Bagi yang tidak familiar daerah Bukit Bintang karena tidak tinggal di Kuala Lumpur, kami bantu arahkan menuju ke restoran tersebut yaaa... Dari KL Sentral pilih kereta menuju stasiun BUKIT BINTANG, lalu ikuti arah keluar menuju ke Mall Sungei Wang.. lalu cari perempatan KFC dan menyusuri jalan Bukit Bintang.. kalau dari arah Sungei Wang Plaza, letak Restoran Nasi Ayam Chee Meng berseberangan... Restoran HALAL dan menunya enaaakkkk...


kecambah di Malaysia mengingatkan kami dengan kecambah di Aachen, yang bisa dijumpai di Toko Asia, dengan bentuk dan ukuran yg lebih besar tapi rasanya tidak langu.. bagian tengah adalah ayam masak asam manis, lalu roasted chicken yang terkenal, oh iyaa.. nasinya seperti nasi kuning dan nasi uduk, bisa dibayangkan nasi uduk yang warnanya kuning :D :D

selamat mencobaa yaaaaa....

Tuesday, April 8, 2014

Oden


sup oden (oemukguk)
Hidangan oden merupakan hidangan sup yang terkenal baik itu di Jepang maupun korea. Di korea sering di jual ala jajanan kaki lima,  street food ala korea.

Sunday, April 6, 2014

Bitterballen

Beberapa waktu lalu saya pengen membuat cemilan gurih. Namun yang lain dari yang biasa saya buat. Paling biasanya bikin bakwan, lumpia, martabak. Berselancar di dunia maya solusinya. Ketemu resep Bitterballen.

Wednesday, March 26, 2014

Cerita seru oleh - oleh dari Makasar bagian 1

Alhamdulilah kali kedua, kami berkesempatan menginjakan kaki kembali di makasar, kota yang terkenal dengan pantai losari dan tentu saja wisata kuliner yang memanjakan lidah.
Waktu menunjukan pukul 09.25 wita, saat kami tiba di bandara Hasanudin Makasar. Bandara baru yang lebih modern dan besar dibanding dengan 10 tahun lalu saat kali pertama kami berkunjung ke kota ini. Agak tergesa-gesa kami keluar bandara, selain karena sudah ada yang menjemput, tapi lebih karena keributan yang tak bisa diredam akibat lapar, hehe.... ya perjalanan dari bandung pukul 00.00 wib menggunakan travel dilanjutkan pesawat cukup melelahkan. Apalagi pesawat yang kami gunakan, hanya menyediakan mie instan dan minuman instan., sama sekali tidak membuat kami tertarik. Jadilah kami sangat kelaparan saat tiba di Makasar. Desakan cacing-cacing di perut mengalahkan rasa malu kami kepada mas taopiq yang menjemput, hehe....
Wisata kuliner kami di mulai dengan, Coto Nusantara. Coto yang berada dijalan nusantara tak jauh dari pelabuhan ini adalah hidangan daging berkuah hitam yang kaya akan bumbu, terlihat seperti rawon jawa timur, tapi begitu dicicipi, sangat berbeda, karena ada rasa kacang tanah dan sereh yg dominan. Rasa kuahnya segar sekali, saat akan disantap dilengkapi dengan ketupat dan jeruk nipis, bawang goreng, bawang daun dan tentunya sambal. Saya hanya sempat memfoto ketupatnya saja, karena suasana sangat hiruk pikuk dan lapar yg tak tertahan, hingga cotonya lupa di foto.



Wednesday, March 19, 2014

Cerita Workshop Bento part 3 (HELLO KITTY)

wah ketemu lagi di tulisan saya serunya belajar ngebento di workshop bareng tata bonita yaaa..

bahan apa yang diperlukan??? cuma nasi putih aja lhoooo.. sama plastik WRAP untuk membentuk kepala hello kitty dan tangannya... yuk diintip sama-sama dari awal persiapan bikin Hello Kitty yaaa...

Monday, March 17, 2014

Cerita Workshop Bento part 2 (MINION)

cerita yang lalu, tentang bagaimana cerita saya di workshop bento bareng tata bonita yaaa... itu baru satu bento yang dibuat tanpa alat lho... di tulisan kali ini, saya coba ceritakan tentang bagaimana membuat bento MINION.. kalau bento yang dibuat dengan karakter tertentu disebutnya CHARABEN (Character Bento) atau kyaraben..

karena minion identik dengan warna kuning, maka nasi yang dipakai adalah NASI KUNING..
trus karena workshop ini memang bagaimana ngebento tanpa tools (alat bento), makanya butuhnya hanya WRAP PLASTIC yang elastis dan tangan :)

Bahan-bahan untuk bikin bento lucu MINION hanyalah : sekepal nasi kuning, nori yang dipotong persegi panjang, buletan nori (bisa pakai gunting), keju potongan dan buletan kecil.. mie spaghetty yang digoreng digunakan untuk menempelkan sosis ke badan bento, seperti pada cerita sebelumnya.



Langkah membuat dorayaki


Kue ini mulai terkenal sejak disebut di salah satu film anak2 yakni sebagai salah satu makanan favorit doraemon. Namun ditilik dari sejarahnya, ternyata kue ini sudah ada sejak 1914 di Tokyo.

Saturday, March 15, 2014

Membuat anko a.k.a pasta kacang merah



Pasta kacang merah atau yang lebih dikenal dengan sebutan anko dalam bahasa Jepang ini sudah pernah diposting resepnya di sini. Namun kali ini ingin mempraktekan kembali resep dasar anko tanpa modifikasi sekaligus memperlihatkan cara membuatnya.

Sunday, March 9, 2014

Wrapped Onigiri

Di Düsseldorf, kampung Jepangnya Jerman, ada warung khusus onigiri. Nasi kepal Jepang isi berbagai macam. Ada isi jamur, tuna, salmon, ikan teri, dll. Harganya relatif mahal. Sebiji antara 2,5 sampai 3,5 euro. Atau Rp. 40.000,- - Rp. 55.000,-.

Friday, March 7, 2014

Cerita Workshop Bento part 1

Halo teman-teman bento-ers,

kali ini cerita sedikit tentang acara workshop bento yang saya ikuti bulan lalu bersama mb tata Bonita di Yogyakarta. Temanya adalah "BENTO TANPA TOOLS" alias ngebento yang tanpa pakai alat-alat rumit, cukup modalnya tangan :)

di tulisan ini, saya bercerita tentang bagaimana membuat bento lucu dari bahan yang sudah jadi, misalnya SKOTEL MACARONI. Dengan bahan sosis, potongan keju kotak dan potongan nori yang dibentuk dengan gunting untuk mata, alis dan bibir..

Kalau itu semua udah siap, bagaimana menempelkannya? dalam workshop itu diberikan tipsnya menempelkan sosis dengan mie spaghetty yang digoreng trus untuk menempelkan nori bisa dengan mayones.. taraaaaaaa.. ini yaaaa bento pertama hasil workshop bento bulan lalu...




selamat mencobaaaa......

Monday, February 24, 2014

Kkakdugi alias Asinan lobak ala korea


Masih nuansa korea, neng lia yg membuat Jajangmyun disinisaya membuat kkakdugi alias asinan lobak yang masih sejenis kimchi. Hampir 2 tahun yang lalu pernah membuat kimchi dengan resep inisekarang saya mencoba resep yang lainnya. Sumbernya masih dari webnya ceu maangchi yang saya rubah sesuai selera.

Tuesday, February 4, 2014

Makan Apa Saja di Bosnia-Herzegovina?

Seminggu lamanya mengunjungi negara di Balkan ini, tentu kami sempatkan untuk berwisata kuliner. Setahun sebelumnya, kami sudah sempat mencicipi cita rasa makanan Bosnia di Zagreb, Kroasia. Sekarang saatnya untuk mengenal lebih jauh kuliner negeri ini.

matched content: