Sunday, March 9, 2014

Wrapped Onigiri

Di Düsseldorf, kampung Jepangnya Jerman, ada warung khusus onigiri. Nasi kepal Jepang isi berbagai macam. Ada isi jamur, tuna, salmon, ikan teri, dll. Harganya relatif mahal. Sebiji antara 2,5 sampai 3,5 euro. Atau Rp. 40.000,- - Rp. 55.000,-.


Makan sebiji tak bakal kenyang. Abi butuh 3-4 onigiri untuk mengganjal perut. Tentu mahal sekali untuk makanan sederhana seperti onigiri ini. Uniknya onigiri ynag dijual, norinya masih kriuk. Karena dibungkus rapat dalam sebuah plastik.

Plastik isi nori pembungkus onigiri khusus ini ternyata dijual juga di toko Jepang/Korea setempat. Sayangnya tak ada pak kecil. Satu pak isi 100 lembar onigiri dalam plastik, dibungkus satuan. Karena penasaran, saya beli juga untuk membuat wrapped onigiri sendiri.

Saya coba ketika akan ke Georgia awal Februari lalu. Isi onigirinya tuna dan telur dadar. Mulanya saya memperhatikan cara melipatnya di youtube. Tak susah.

Onogiri dicetak segitiga terlebih dahulu. Diletakkan di atas bagian depan lembaran plastik nori. Baru dibungkus lagi hingga berbentuk segitiga dan diberi selotip agar tidak mudah lepas. Bikinnya mudah dan tentu saja jauh lebih murah. Anak-anak dan suami suka sekali makan onigiri ini. Ia tahan lama. Dua hari kemudian saat mau makan, norinya awet krispi. 

1 comment:

  1. di minimarket indonesia sekarang jg sudah ada kak, 7000/biji, rasanya enak sekali..

    ReplyDelete

matched content: