Tuesday, December 2, 2014

Zucchini Panggang

Kalau sedang bosan menu Indonesia, saya kadang coba-coba resep masakan asing. Tentunya yang gak pake ribet. Salah satu yang saya coba dan suka minggu lalu adalah zucchini panggang.


Zucchini bentuknya seperti timun, hijau dan panjang. Panjangnya kira-kira 20-35 cm. Dulunya saya pikir rasanya juga seperti timun. Ternyata bukan. Malah mirip terong, tapi lebih padat. Trus ada sedikit rasa langu ketika dimakan.

Mulanya gak terlalu suka, eh lama-lama doyan juga makan zucchini. Dibakar gitu aja atau dijadikan Antipasto juga lezat. Makanya pengen nyoba dibakar pakai topping daging cincang. Awalnya saya pikir ini masakan Turki. Berkali saya lihat ke rumah makan Turki. Seringkali mereka pakai terong sebagai bahan dasarnya.

Alhamdulillah percobaan ini tak mengecewakan. Walau anak-anak gak terlalu doyan masakan seperti ini. Zucchini bakar ini bisa dimakan tanpa nasi, atau dnegan nasi maupun kentang.

Bahan:
- 2 zucchini besar, kerok bagian bijinya. Potong bagian yang dikerok tadi, kotak-kotak. Olesi bagian luar zucchini dengan minyak zaitun.
- 1 tomat besar
- Bawang putih cincang
- Bawang merah/bawang bombay, rajang halus
- 300 gr daging cincang
- paprika bubuk
- Merica, garam
- Minyak untuk menumis
- Keju untuk taburan

1. Tumis bawang merah, dan bawang putih. Setelah harum, masukkan daging cincang. Tumis sampai matang.
2. Tambahkan bumbu-bumbu lain. Terakhir masukkan potongan zucchini hasil kerokan.
3. Susun zucchini utuh di loyang. Sedikit demi sedikit masukkan adonan isi (daging cincang tumis).
4. Taburi dengan keju, panggang hingga matang. Ovennya kira-kira 160°C. Kira-kira 15 menit saja. Saya panggang 20 menit, keju parutnya jadi agak gosong.




2 comments:

matched content: