Monday, February 2, 2015

Berburu Cetakan Es dan Puding


cetakan bentuk lucu
catakan es dan puding



Tatkala saya menemani Pak Awi bertugas ke kota atau negara lain, biasanya saya menyempatkan diri berjalan-jalan sendiri. Kemana lagi kalau tidak mencari pernak-pernik dapur dan  alat-alat  bento. 


Saat akan pergi kesuatu tempat, saya sudah mengantongi informasi toko yang akan saya tuju. Hari pertama, biasanya saya hanya melihat-lihat. Atau kalau sudah naksir berat dan harganya tidak mahal, saya beli. Bisa juga hari pertama lihat-lihat, hari kedua minta ditemenin sama Pak Awi. Kebetulan Pak Awi juga suka kalau diajak ketoko pekakas. Ketimbang ke mall atau toko baju. Nanti di toko itu kami berdiskusi, apa yang nanti akan bertambah di dapur kami. Setelah malamnya saya merengek-rengek minta dibelikan beberapa barang tentunya. Hehhehe.

Pernah di Antwerpen salah satu kota di Belgia, ada satu toko yang membuat saya gembira luar biasa. Saking jatuh cintanya sama toko itu, saya datangi setiap hari. Walau hanya bisa memandang pernak- pernik lucu dan berkhayal memilikinya. Bayangkan 6 hari disana dan setiap hari kesana, hihi.

Ah mungkin ada yang berpikiran berlebihan, tapi dijamin deh, wanita normal yang menyukai alat-alat rumah tangga akan terbuai dan menghabiskan waktu berjam-jam di toko itu. Di toko itu, ada aja yang berhasil menguras dompet saya, hehe. Tak terasa saya membeli satu persatu, sampai di saat pulang baru bingung itu pernak pernik mau disimpan dimana, hehe.

Salah satu hasil buruan saya ini, berbagai macam cetakan es, puding, coklatKalau cetakan es batu ini, saya beli ada yang dari Belanda, Jerman, ikea dan hadiah dari seorang teman. Masih banyak sih ada beberapa lagidi gudang hehe. Tapi sekarang bentuk cetakan-cetakan yang lucu dan unik juga sudah banyak dijual di Indonesia, jadi tidak perlu jauh-jauh ya membelinya.


cetakan coklat
cetakan coklat

Cetakan es batu ini bisa dipakai untuk cetakan coklat dan cetakan puding. Biasanya cetakan yang bentuknya lucu-lucu saya isi dengan agar-agar atau jeli berwarna warni aneka rasa. Jadi saat mencampurnya dengan sirup atau minuman bersoda menjadi cantik. Karena aneka bentuknya yang lucu.

Saya membuat disaat banyak tamu atau pesta dan berdasarkan tema, bisa binatang laut, bisa tata surya bisa buah-buahaan dan seperti biasa, menjadi rebutan keponakan. Atau bisa saya gunakan cetakan ini untuk coklat yang dilelehkan. Bentuknya yang macam-macam dan berdasarkan tema bisa menghiasi parcel hantaran untuk sahabat, keluarga ataupun tetangga saat mereka berulang tahun, nikahan ataupun lebaran.

Jikalau hanya digunakan untuk es batu, biasanya saya menambahkan daun mint yang metik dari halaman. Atau bisa juga memanfaatkan strawberry atau lemon. Minum air putih ditambah es batu pun menjadi cantik dan segar, deh.    

2 comments:

  1. Di rumah cetakan es dan puding ku dijadiin mainan masak-masakan ama si Lala, mbak :D
    Nice idea, bikin es batu ditambah irisan strawberry ato lemon.. makasih mbak.. :)

    ReplyDelete
  2. Sama-sama. Selamat mencoba, Mbak Dee An. :)

    ReplyDelete

matched content: