Thursday, February 5, 2015

Membuat Nugget Mudah dan Enak


Nugget. Siapa yang belum pernah mendengar tentang nugget? Nugget adalah salah satu jenis olahan dari daging ayam yang nikmat sekali disantap, baik untuk cemilan sehat anak-anak atau untuk lauk instant ketika di dapur ada minyak goreng saja.

Nugget menjadi solusi untuk ibu-ibu dalam melengkapi gizi keluarga dengan cara yang mudah dan cepat. Kandungan gizinya yang berasal dari protein hewani dan kini muncul varian-varian nugget sayuran yang memudahkan asupan sayuran dinikmati oleh anak-anak kita. Nugget yang dimodifikasi sayuran, biasanya berisi wortel, bayam, jagung manis atau jenis sayuran yang ada di kulkas untuk diolah menjadi nugget.

Membuat nugget ayam ternyata sederhana dan termasuk mudah untuk pemula sekalipun. Apalagi bila di rumah, kukusan yang selama ini hanya dipakai untuk memanaskan masakan atau lauk, ternyata bisa berfungsi sebagai alat membuat nugget yang enak dan disukai keluarga.


Dapur manda juga suka mengeluarkan nugget dari dalam kulkas kalau pagi-pagi terburu-buru untuk menyiapkan lauk untuk sarapan. Bisa jadi makan malam tanpa nasi juga, lho (disajikan dengan kentang goreng). Nugget kian populer di kalangan ibu-ibu dan membangkitkan keingintahuan saya untuk mencoba membuat sendiri dengan bahan dan resep saya cari di google.

Di dapur manda, kami tidak menggunakan takaran baku untuk menghasilkan masakan tertentu, tapi tentunya perbandingan dari resep, harus menjadi perhatian. Sebagai contoh : di resep tertulis 5 lembar roti tawar dan 100 ml susu cair, maka ketika kita ketemu dengan susu cair kemasan 125ml, maka jumlah roti tawar yang dipakai 5-6 lembar masih okelah.

Nah, sudah tidak sabar ya untuk mengetahui resep dan cara membuat nugget ayam ala manda? Yuk mari kita intip di dapur manda persiapannya.



Bahan:
- Roti tawar putih tanpa pinggiran 1 plastik (isi 10) dan hancurkan hingga halus.
- Daging ayam 500 gr, beli yang sudah halus, atau bisa dihaluskan sendiri.
- Susu cair 2 pack ukuran siap minum (bisa kecil atau sedang),
- Keju cheddar dan wortel diserut dengan parutan keju,
- Telur ayam 1 buah, garam, merica sesuai selera,
- Putih telur atau tepung terigu dicampur air untuk perekat,
- Tepung roti

Cara memasaknya dengan mencampur semua bahan yang sudah disiapkan di atas dan bisa dilihat dari gambar berikut :

Tipsnya :  menuangkan susu cair di tahap akhir dan secukupnya sampai adonan cukup kental dan tidak terlalu encer. 


Setelah seluruh bahan dicampur, dicek kembali agar tidak terlalu encer, lalu kukus selama 30 menit (tergantung api yang diapkai untuk mengukus). Tusuk dengan tusuk gigi atau garpu untuk memastikan seluruh nugget sudah mengeras dan matang (tidak lengket di bagian tusuk gigi atau garpu).

Selanjutnya, dinginkan nugget di suhu ruangan dan potong sesuai selera (sisa-sisa potongan nugget yang sudah matang juga enak untuk dicemil). Siapkan terigu dicampur air untuk perekat sebelum digulingkan di tepung roti. Masukkan ke dalam kulkas sebentar sebelum di goreng, lalu simpan ke dalam freezer. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

5 comments:

  1. Nampak mudah pembuatannya. Nanti saya cobain di rumah karena anak saya suka sekali makan Nuget.

    Lumayan juga kalo bisa di campur irisan halus brokoli ya Mba

    Terima kasih sudah berbagi :)
    htpp://www.tanahabangmurah.com

    ReplyDelete
  2. Pingin coba. di Delhi susah cari Nugget Halal. Kalau perekatnya diganti dengan telur enak nggak ya ? atau pernah coba ?

    ReplyDelete
  3. mbak zulfa, perekatnya bisa diganti putih telur kok, enak juga

    ReplyDelete

matched content: