Tuesday, March 10, 2015

Sambel Tempe


cara membuat sambel tempe
Sambel Tempe


Sekarang ini FC dimulai lagi, jadi sering bingungnya hari ini mau masak apa. FC itu, Food Combining, saya sudah lama mengikuti milis dan ajarannya, tapi ya itu tadi banyak nakalnya. Nah kalau sudah mulai badan tidak enak, baru deh nyadar, harus kembali makan makanan yang sehat. Sebenernya FC itu mudah banget, bangun pagi minum 1 sdm air jeruk nipis dengan satu gelas air suhu ruang, sarapan buah potong segar atau buah yang di jus, kalau lapar makan buah potong lagi, siang dan malam boleh makan apa saja, dengan catatan karbohidrat tidak dimakan bersamaan dengan protein hewani. Jadi kalau mau makan nasi ya dengan sayuran, kalau mau makan daging atau ikan ya dengan sayuran juga. Cemilannya sayur dan buah yang bisa kita jumpai dengan aneka olahan, yang sehat tentunya.


Nah karena kami berdua pencinta nasi alias karbohidrat, jadi biasanya makan siang kami hampir selalu nasi. Contoh Menu makan siang kami, nasi, tumis  atau sayuran berkuah, tempe atau tahu atau perkedel. Lain waktu akan saya bahas contoh bekal makan siang yang lain ala fc ya..

Menghilangkan protein hewani dalam menu makan siang kami tentu saja tidak terlalu bermasalah, karena kami juga hanya sesekali dalam sebulan menyantap daging-dagingan, entah kenapa setiap habis makan daging-dagingan kecuali ayam, asam lambung saya naik esok harinya. Sebagai penggantinya kami lebih sering menyantap protein nabati, dari tempe kesukaan pak awi dan tahu kesukaan saya.

Saking seringnya makan tempe dan tahu, saya yang memasak sering bingung dan bosan, dan pertanyaan yang paling sering muncul dalam benak saya, dimasak apalagi. Pak awi sebenernya tidak bosan dan selalu berbahagia melihat tempe yang digoreng tersaji dimeja, cuman ya itu tadi yang masak yang bosan, masa sih digoreng terus hehe…
Akhirnya kemaren, pak awi tumben-tumbenan minta dibuatkan sambel, sebagai teman sayuran mentah alias lalaban. Karena saya kurang suka pedas, sepertinya harus disiasati, sambel ditambahkan bahan lainnya. Setelah mencari-cari resep  aneka sambal yang cocok, saya memutuskan membuat sambel tempe memakai resepnya mbak endang di blog JTTnya, makasih ya mbak, supaya sesuai selera, jadi resepnya saya modifikasi sedikit.

Ini dia resepnya, sangat mudah dan bahan tersedia selalu dirumah,
1 pak tempe kira-kira 300 gram, dipotong dan digoreng kemudian ulek kasar.
Bumbu yang dihaluskan,
Bawang merah dan bawang putih, Kencur, Cabe merah, Cabe rawit, gula dan garam.
Bisa ditambahkan daun jeruk dan daun kemangi untuk aroma.
Cara Membuatnya, tumis 1 sendok makan minyak, masukan bumbu yang dihaluskan, tumis hingga harum dan bumbu matang. Masukan tempe yang sudah diulek kasar, aduk rata, tambahkan gula dan garam, cicipi, jika sudah enak, matikan api, masukan kemangi dan daun jeruknya. Siap dihidangkan.
Enaknya jika dimakan bersama nasi panas yang pulen, jika tidak ingat berat badan, nasi sebakul habis sendirian hehe…. Gak percaya… ayooo buktikan…
Jikalau ditabur diatas nasi begini...

nasi di taburi sambel tempe
nikmatnya nasi di taburi sambel tempe

3 comments:

  1. enaakk ni makan sambel tempe pake nasi anget nyaammm

    ReplyDelete
  2. Bisa Abis nasi sebakul ya.....

    ReplyDelete
  3. Wah..enak nih kayaknya. Pengen nyobain ah. Salam kenal juga ya.

    ReplyDelete

matched content: