Tuesday, March 24, 2015

Menyantap Nasi Merah Bagi Pemula

Nasi adalah makanan pokok seluruh keluarga saya yang diolah dari beras. Di Indonesia, ada banyak jenis beras putih, yang jadi favorit kami adalah pandan wangi, rojolele dan mentik. Varian jenis beras putih ini yang membedakan adalah wanginya saat dimasak, bentuk berasnya, dan ketahannya ketika terhadap air. Beras mentik mempunyai bentuk beras yang bulat-bulat, karena hampir mirip dengan beras jepang yang dipakai untuk membuat sushi, beras ini kadang-kadang yang kami pakai untuk dicampur beras ketan dalam membuat sushi rumahan.

Membaca beberapa artikel kesehatan, beras merah baik dikonsumsi untuk kesehatan menggantikan beras putih. Warna merah pada beras merah berasal dari zat warna alami antosianin yang mempunyai sifat anti-oksidan, anti-kanker, anti-hipertensi, dan anti-hiperglikemik. Beras merah umumnya merupakan beras tumbuk (pecah kulit) yang dipisahkan bagian sekamnya saja. Proses ini hanya sedikit merusak kandungan gizi beras. Sedangkan beras putih umumnya merupakan beras giling atau poles, yang bersih dari kulit ari dan lembaga, sehingga kandungan gizinya lebih banyak berkurang dibanding beras merah.

Memulai hidup sehat dari makanan yang kita makan.


Tagline di atas yang membuat beberapa waktu yang lalu, keluarga kami memulai mengkombinasi beras putih dengan beras merah. Tentunya, sebagai yang baru dalam mengkonsumsi beras merah,

komentarnya, "emmm kok aneh ya.."

Secara warna, beras merah dan beras putih memang berbeda. Itulah mungkin yang membuat indera kita merasakan perbedaan dari beras putih yang biasanya dikonsumsi. Indera penglihatan menyampaikan pesannya ke indera pengecap sehingga saat menyantap nasi merah terasa aneh di lidah. Dari segi rasa, beras merah dan beras putih juga berbeda. Terbiasa menyantap nasi putih yang banyak mengandung glukosa sehingga nasi putih berasa manis ketika disantap. Sedangkan nasi merah cenderung rasanya hambar (baca : tidak berasa). Oleh karenanya perlu trik untuk bisa menikmati beras merah bagi yang belum terbiasa. 




Beras merah cenderung beras yang tahan terhadap air, sehingga kalau takaran air saat menanak nasi seperti pada beras putih maka yang terjadi nasi merah akan akas (baca : keras). Takaran air untuk beras merah sedikit lebih banyak daripada takaran air untuk beras putih dengan ukuran yang sama (baca : satu gelas beras). Sebagai pemula mengkonsumsi beras merah, kami sekeluarga memilih membeli beras merah yang bercampur dengan beras putih. Kalaupun tidak ada yang menjual beras campur, silahkan dicampur sendiri beras merah dan beras putihnya sesuai selera masing-masing.


Foto di atas adalah beberapa varian masakan dan lauk yang menemani menyantap nasi merah ala manda. Karena kami sekeluarga penggemar sambal, lumayan membantu menambahkan sambal terasi. Sebenarnya masakan apapun bisa masuk dalam menu nasi merah untuk keluarga. Pilihkan menu-menu yang disuka keluarga sehingga nasi merah bisa masuk bersama santapan favorit keluarga. 

Kalau ada yang mengatakan bahwa nasi merah cocok untuk yang sedang berdit (mengurangi kalori), jawabnya : "beneeerrr...". Nasi merah yang dibuat dengan takaran sama dengan nasi putih biasanya, menjadi AWET untuk keluarga kami. Karena efek menyantap nasi merah yang kami rasakan adalah lebih cepat kenyang. Sebagai ibu, resep andalan ketika nasi sisa adalah menyulapnya menjadi nasi goreng. Nasi goreng dari nasi merah tidak berubah rasanya lho.. Bisa dijadikan alternatif menyantap nasi merah untuk pemula. Selamat mencoba. Salam/manda


12 comments:

  1. Beras merah ini bikin cepat kenyang, tahan lama diperut. penting bagi yang mau Kurusin tubuh ...... benerrrrrr hehehe *menatapnanartimbangan* aku kalau makan beras merah, pasti kusediakan dengan sambal, soalnya rasanya nggak sama dengan nasi putih. biar lebih nonjok :)

    ReplyDelete
  2. Betul mbak.. makan beras merah itu rasanya hambar... tapi kalau dilihat dari khasiatnya, saya lebih suka mengkonsumsi beras merah daripada beras putih. Gak papa deh, rasanya hambar, yang penting sehat..he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mbaaa nurul.. salam sehat yaaaaa *_*

      Delete
  3. nasi merah enak dibuat nasgor ya....

    ReplyDelete
  4. Yang jelas awet kenyangnyaaaa #pengiritan :D

    ReplyDelete
  5. Karena kadar gulanya lebih rendah jadinya nasinya hambar ya, Ma? ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ira.. makanya indera pengecap nerimanya beda sama beras putih, xixixxi...

      Delete

matched content: