Saturday, March 14, 2015

Tips membuat sendiri foodpicks lucu



Food picks lucu ala bento seperti foto di atas bisa menjadi penambat pandang dalam bekal. Menggunakan tusukan makanan seperti ini merupakan salah satu cara tercepat dalam merias bento. Jika malas merias tinggal menyisipkan satu dua food picks atau tusukan makanan ini dan selesai, gampang kan? Kawaiinya tetep. Namun bagi teman-teman yang susah memperoleh bento aksesories seperti foodpicks lucu ini, jangan terlalu pesimis yah. Karena kita bisa juga membuat foodpicks lucu dengan sedikit usaha. Nah kali ini ada tips mudah membuat foodpicks ala bento mania.



Fungsi utama dari foodpicks sebetulnya adalah untuk mengambil makanan. Biasanya tusuk ini digunakan supaya memudahkan mengambil potongan buah, fingerfood, atau cemilan lain, dalam pesta atau hidangan sehari-hari. Namun di dunia perbentoan tusuk makanan ini bisa berfungsi lebih  yakni sebagai alat dekorasi dan menambah daya tarik bekal.



Saat ini banyak foodpicks dengan bentuk lucu-lucu dan bikin gemes untuk dekorasi bento. Berkat food picks kerjaan merias bento jadi lebih gampang. Hanya tinggal tusuk atau selip dan bekal pun jadi. Di atas adalah beberapa dari koleksi foodpicks yang saya punya. Ada yang saya beli dan ada juga yang saya peroleh sebagai hadiah. Beberapa masih rapih dalam bungkusnya, belum sempat dibuka dan digunakan.


Jenis dan bahan food picks beraneka ragam, apalagi designnya. Biasanya terbuat dari plastic namun tidak menutup kemungkinan ada juga yang terbuat dari bahan lain seperti dari bambu. Tusuk makanan dari bahan bambu, umumnya hanya untuk sekali pakai/sekali pakai langsung buang. sedangkan food picks yang dari plastik bisa dicuci dan digunakan berkali-kali. Beberapa food picks ada juga yang toleran jika dimasukan ke dalam mikrowave oven ketika menghangatkan. Tapi sebagian besar tidak tahan microwave oven. Jika tetap nekat dipanaskan dengan cara ini, si foodpicks bakalan meleleh dan bentuknya jadi hancur acak adut. Makanya pastikan selalu untuk mengambil printilan bento yang tidak tahan dengan gelombang mikro ini, kalau menghangatkan makanan dengan microwave oven, 


cara membuat foodpicks sendiri

Untuk sahabat bento mania yang ingin berkreasi dengan foodpicks tapi belum punya koleksi foodpicks yang lengkap. Berikut ada sedikit inspirasi dari kami, membuat bento foodpicks sendiri. Bahan dan alat yang digunakan semua pasti punya. Alat yang kita perlukan hanya berupa gunting sedangkan bahan yang diperlukan berupa tusuk gigi, double tips, dan kertas atau plastik bermotif. Bahan bermotif bisa diperoleh dari hasil nge print sendiri atau bisa juga dari motif kertas kado atau selotip bermotif. Selotip seperti ini dapat sahabat bento temukan di stationary atau perlengkapan kerajinan tangan atau di bagian bungkus kado dsb.


Cara membuatnya jika menggunakan kertas print-an seperti saya. Gunting hingga sesuai bentuk yang diinginkan. Kemudian tempelkan double tips dan lilitkan kertas ke sekeliling tusukan gigi. Selesai deh. Tusuk makanan seperti di atas berguna ketika saya membuat tumpeng beberapa tahun lalu. Karena hadirin yang datang adalah orang bule yang hampir gak mengerti apa itu tumpeng, untuk memudahkannya tinggal menusukan flag makanan seperti ini sebagai label. Lumayan cukup membantu dalam menjawab rasa penasaran orang yang baru kenal kuliner Indonesia.

Jika menggunakan selotip bermotif, tinggal melilitkannya pada tusuk gigi dan jadilah food picks. Bisa juga menggunakan pita-pita bermotif, tentunya foodpicks akan tambah unik dengan berbagai cara. Kalau memang menginginkan karakter-karakter lucu seperti panda, rilakkuma, gajah atau yang lainnya, gampangnya tinggal cari gambar-gambar lucu di internet,  sesuaikan ukurannya cetak, kemudian tinggal direkatkan ke sekeliling tusuk gigi menggunakan bantuan double tips.

Semoga dengan sedikit tips ini, makanan yang disajikan tetap bisa eye catching, menarik perhatian yah.

11 comments:

  1. Cocok buat si kecil yang pricky. Kalau ada food pick lucu gini bisa lahap makannya. Biasanya waktu makan buah kita pakai food pick gini.

    ReplyDelete
  2. Yup, betul banget Zulfa. Maem buah potong nggawe iki pisan. Biasane nang bekale anakku yen nggowo mangga potong, takpasangi foodpicks.

    ReplyDelete
  3. kreatiiiifff niii.. TFS ya bento mania ^_^

    ReplyDelete
  4. Belum pernah kepikiran bikin foodpick sendiri pake tusuk gigi. Kreatif. Makasih idenya mbak. Cobain aaah

    ReplyDelete
  5. Idenya kreatif, mba.. kapan2 mesti coba buat nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp mba phipy, moga bisa dipraktekin ya, buatnya relatif mudah.

      Delete
  6. lia.... gute idee... jadi inget tumpeng uda riza, hiks... kangen riweh di dapur lia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kangen juga teeh.. kapan bisa masak2 bareng lagi yaa.. serunya itu bikin kangen.

      Delete

matched content: