Wednesday, April 1, 2015

Ketan serundeng ala bento


cara mebuat ketan serundeng

Ketan serundeng, alternatif cemilan yang lucu tapi tetap mengenyangkan. Bisa dibawa sebagai bekal dalam bento box atau bisa juga untuk cemilan dan inspirasi hidangan pesta. Resep dan cara membuatnya sangat mudah, silahkan disimak. 



Serundeng pedas yang saya pakai ini kebetulan hadiah dari teman yang beberapa waktu lalu memberi dengan sepaket abon pedas. Biasanya makanan seperti abon atau serundeng tergolong tahan lama dan bisa dijadikan makanan bekal untuk piknik atau jalan-jalan. Kebetulan banget bulan-bulan kemarin lagi ‘puasa’ gak jalan-jalan, jadi nganggur banget deh itu si abon dan serundeng.

Jujur, saya penggemar abon, tapi belum jadi penggemar serundeng. Ketika icip serundeng yang dikasih itu, ternyata saya malah suka. Rasanya sangat lezat, tidak terlalu manis dan tidak terlalu pedas. Pas banget rasanya. Suami sih senang sekali memakannya dengan nasi sebagai taburan. Tapi saya pribadi merasa sayang kalau hanya dimakan begitu saja, akhirnya ide ini lah yang tercetus. Saya manfaatkan serundengnya untuk membuat ketan, sedangkan abon pedasnya saya pakai untuk isian ketan dan sebagian lagi dibuat kimbab (Resep kimbab menyusul yah).


Awalnya ketan hanya dibuat bulat begitu saja, kemudian digulirkan di atas serundeng. Disantap hangat-hangat sangat enak. Tapi kemudiaan jadi tertarik untuk dibentuk macam-macam dengan menggunakan cetakan nasi. Sekalian juga kemarin di fan page bento mania, ada yang pingin tahu cara mencetak nasi. Jadilah ketan serundeng ala bento mania



Untuk mencetak nasi ketan menurut saya lebih mudah ketimbang nasi biasa. Ketan bisa dicetak berbagai cara, dan karena sifatnya yang lengket mudah dibentuk beranekaragam. Bisa menggunakan alat atau hanya menggunakan plastik biasa, mengandalkan bentukan tangan. Beberapa kali sudah saya tunjukan cara mencetak nasi dengan bantuan plastik. Nah, kali ini akan diperlihatkan cara membentuk nasi menggunakan cetakan nasi. Sebagai langkah awal, kita buat ketan serundengnya dulu ya. Intip resep ketan serundengnya sebagai berikut.


ketan serundung ala bento
Bahan-bahan ketan serundeng:

  • Serundeng secukupnya (serundeng pedas bisa juga dibuat sendiri dengan menggunakan kelapa parut yang diberi bumbu (bawang merah, bawang putih yang dihaluskan, garam, gula, kalau suka pedas tambah serbuk cabe), semuanya dicampur dan disangrai (dimasak tanpa air dan tanpa minyak) hingga kering dan berwarna kuning kecokelatan)
  • 500 gr Ketan putih
  • 1 cup atau sekitar 250 ml Santan kental (saya pakai santan instan)
  • 1 lembar daun pandan (atau bisa juga diganti dengan salam dan serai kalau suka)
  • ½ sdt Garam
  • Nori, rumput laut untuk hiasan


Peralatan bento yang dipakai:

  • Cetakan nasi bentuk beruang, puppy, (bisa juga menggunakan plastic wrap/cling wrap, dibentuk dengan tangan)
  • Cetakan nori/nori puncher yang bisa juga diganti dengan gunting tajam


Cara membuat ketan serundeng:

  • Ketan dicuci hingga bersih dalam panci kecil.
  • Masukan santan, karena saya pakai santan instan yang kental, saya tambah sedikit air hingga sebuku jari.
  • Masukan pula daun pandan, serta garam, aduk hingga merata.
  • Masak hingga mendidih dan airnya meresap. Angkat dan tiriskan.
  • Kukus ketan sampai matang (kurang lebih 20-30 menit). Angkat diamkan hingga hangat/bisa dipegang dan siap untuk dicetak.


Cara mencetak ketan serundeng:


Alat bento pertama kali yang saya punya adalah cetakan nasi ini. Dulu masih agak sulit mendapatkan cetakan bento. cetakan yang ini dibeli lewat ebay. Yang jual ada di china dan dikirimkan ke Jerman dengan surat biasa, pakai perangko (masih inget banget). 


Sepaket ada tiga buah cetakan bentuk anjing, beruang dan kelinci. Dari cetakan inilah saya mulai bereksperimen, mencoba-coba bentuk nasi baru untuk bento. Sejak itu nafsu berburu bento tools mulai menyala-nyala hingga akhirnya si cetakan ini terlupakan. Sudah sekian lama saya tidak pernah memakainya. Baru kali ini lagi dipakai untuk membuat ketan serundeng.





Cetakan ini mudah banget digunakan. Setiap cetakan memiliki bagian dasar yang bisa dilepas. Ketika kita memasukan nasi maka bagian dasar akan menahan dan sekaligus mencetak nasi sesuai bentuknya. Pada tahap ini ketan juga bisa diisi dengan abon pedas kalau suka. Letakan abon pedas diantara ketan.









Untuk melepas hasil cetakan, tinggal dibalik, Bagian pinggir mudah dilepas. Karena bahannya terbuat dari plastic jadi tidak lengket dicetakan. Selain itu juga karena ketan yang dimasak mengandung santan yang berminyak.








Setelah dicetak ketan digulirkan atau dibubuhi serundeng, kalau khawatir bentuknya rusak, dibubuhi aja dengan menggunakan bantuan sendok teh.









Setelah itu tinggal diberi potongan nori yang bisa digunting atau dicetak menggunakan nori puncher untuk ekspresi wajahnya.

ketan serundeng kawaii sudah jadi.





 Trik terakhir, kalau malas (seperti saya) mencetak sisa ketan menjadi bentuk kecil-kecil. Buat ketan serundeng ala sushi. Bentangkan selembar plastic kemudian bubuhi dengan serundeng. Setelah itu taruh ketan diatasnya hingga berbentuk segiempat merata, kemudian beri  nori di lapisan paling atas. 













Ketan kemudian digulung sedikit demi sedikit dengan bantuan plastik (plastiknya jangan sampai ikut ke gulung yah). Kalau susah gulungnya, bisa digunakan bantuan tikar bambu untuk sushi. Setelah digulung, eratkan gulungan. 








Kemudian potong-potong dengan pisau yang dilumuri sedikit minyak (supaya tidak lengket). bentuknya seperti sushi roll inside-out.


6 comments:

  1. seru kayaknya berkreasi dengan bento, kalo penampilan makanan terlihat menarik nafsu makan juga kepancing

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mba dewi, memasak juga jadi terasa menyenangkan.

      Delete
  2. kawaii..... dan kalo lia yg buat enaaakkkk.....

    ReplyDelete
  3. lucu juga ketan serundeng dibuat unik.. ahhhh jadi tertarik buat.. mesti cari cetakannza dulu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibentuk pakai tangan juga bisa shan... met mencoba

      Delete

matched content: