Tuesday, April 28, 2015

Khasiat Madu Bagi Kesehatan

khasiat madu
Madu bunga akasia
Madu merupakan bahan makanan yang mengandung berbagai khasiat bagi kesehatan manusia. Di Jerman, madu tidak digolongkan sebagai obat. Melainkan sebagai bahan makanan.

Sejak zaman Mesir kuno, manusia telah mengenal manfaat madu sebagai penyembuh.  Zaman itu, madu diyakini sebagai obat ampuh untuk menandingi demam. Dalam mitologi Yunani kuno bahkan ada kepercayaan bahwa para dewa tidak bisa mati karena mengkonsumsi madu. Kini, ribuan tahun kemudian, manfaat madu bagi kesehatan semakin dikenal luas oleh masyarakat dan dunia medis.


Setelah membaca buku Die Heilkraft  des Honigs karangan Detlef Mix, saya jadi tahu banyak sekali khasiat madu bagi kesehatan. Dalam hal ini dipaparkan, gangguan kesehatan apa saja yang bisa dikurangi dengan mengkonsumsi madu. Termasuk resep-resep yang memanfaatkan madu sebagai bahan dasar. Sayangnya banyak bahan dasar resep lainnya yang tidak umum ditemukan di Indonesia. 

Beberapa manfaat madu bagi kesehatan kita yang dibahas dalam buku ini antara lain:
- Pelega saluran pernafasan
- Obat mata
- Mencegah penuaan dini
- Mengurangi rhematik
- Memperlancar saluran kemih
- Untuk kulit
- Untuk jantung dan sirkulasi darah
- Daya tahan tubuh
- Pereda sakit kepala, flu
- Lever dan Empedu
- Perut dan Pencernaan
- Kesehatan gigi

Madu Sebagai Penyembuh Luka

Seorang ahli biokimia dari Selandia Baru, Peter Molan, menghasilkan penelitian yang menyatakan, bahwa 60 jenis bakteri dapat dikalahkan madu. Di antaranya bakteri berbahaya Staphylococcus aureus. Beberapa bakteri resisten antibiotika bisa dibunuh dengan plester mengandung madu. Beberapa klinik menyembuhkan luka pasien dengan cara ini. 

Dampak antimikroba madu berasal dari berbagai enzym yang dihasilkan oleh lebah. Dampak positif ini hanya dapat diperoleh jika madu tidak diproses dengan suhu tinggi. Madu akan menyerap kadar air dari bakteri. Ia juga mengandung hidrogen peroxida (H2O2), zat pembunuh bakteri.

Pereda Batuk

Saat batuk, konsumsi madu murni sebanyak 1 hingga 2 sendok teh setiap harinya. Selain itu, bisa mencoba resep madu-air-cuka. Satu gelas air hangat campur dengan 1 sdm madu dan sedikit cuka apel. Aduk rata. Minum beberapa kali sehari. 

Campuran susu hangat atau teh hangat dan madu murni, juga bisa meredakan sakit tenggorokan. Campur segelas susu atau teh hangat dengan sesendok makan madu murni. Aduk rata, minum. 

Pilek

Pilek yang disebabkan oleh Rhinovirus ini bisa dikurangi dengan madu. Madu menambah daya tahan tubuh kita dan membunuh virus-virus jahat. Campurkan sesendok madu di dalam segelas air hangat. Campurkan sedikit garam di dalamnya sebelum diminum. 

Madu juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran inhalasi alami. Gunakan kira-kira seliter air panas. Dicampur dengan 100 gram madu. Masukkan campuran dalam ember kecil. Hirup uap air dalam-dalam. Agar lebih efektif dan uap tidak lari kemana-mana, hadapkan kepala ke ember, dan kepala ditutup dengan handuk lebar. 

Ambil nafas melalui hidung, dan keluarkan lewat mulut selama 5 menit. Lalu sebaliknya. Ambil nafas lewat mulut, keluarkan lewat hidung selama 5 menit. Ulangi beberapa kali sehari. Sayangnya, inhalasi alami seperti ini lumayan mahal. 

Resep madu-air-jeruk citrun juga bisa dicoba. Ambil air dari satu jeruk citrun. Campur dengan 1 sdm madu. Lalu tuangi dengan 200 ml air hangat. 

Kulit

Mengoleskan madu murni ke permukaan kulit berjerawat bukan hanya bisa meredakan jerawat, naun juga mencegah timbulnya jerawat baru. Atau bisa juga mencoba resep emulsi madu ini.

Campurkan 100 ml susu, 100 gram madu hutan, dan air jeruk citrun 1 buah. Hangatkan dahulu susunya sebelum dicampur madu dan sari jeruk. Aduk atau kocok dalam sebuah botol. Emulsi ini dioleskan ke kulit berjerawat di malam hari sebelum tidur. Pagi hari, basuh dengan air hangat suam-suam kuku. 

Basuh luka bakar ringan dengan air mengalir selama beberapa menit. Jangan dipegang. Jika muncul gelembung, jangan dipecahkan. Jangan ditutup plester berperekat. Olesi permukaan luka dengan madu pelan-pelan. Tutup dengan perban. 

Mencret

Untuk mengatasi dehidrasi saat mencret, kita bisa membuat larutan air-madu-garam. Rebus seliter air dengan 1 sdt garam, hingga garam larut. Setelah air mendingin, campuran 2 sdm madu. Minum.

Bisa pula dicoba resep apel dan madu. Parut 1 buah apel yang telah dikupas kulitnya. Campur parutannya dnegan 1 sdt madu. Apel kaya akan pektin, zat yang banyak ditemukan dalam obat mencret. Ia berfungsi juga sebagai pembersih lambung. Sedangkan madu sebagai anti bakteri dan pereda radang. 

2 comments:

  1. Makasih info nya,mba ira, aku pernah coba nih madu yang dioleskan selalu kepermukaan bibir yang kering, itu juga sangat ampuh dibanding Lip balm..

    ReplyDelete

matched content: