Tuesday, April 7, 2015

Kolak Pisang Obat Dahaga


Pagi-pagi nangkring di depan rumah penjual sayuran yang setiap pagi menjajakan sayuran dan buah-buahan yang sesuai selera dan sisa si penjual sampai depan rumah. Kalau ingin pesan untuk dibelikan, kami biasanya sms dulu. Pagi ini yang tersisa adalah pisang kapok kuning dan ada kolang kaling, nyaaammm kepikiran sehari-hari panas di Yogyakarta, sepertinya enak mendinginkan kolak pisang di kulkas. Dari fotonya sudah kebayang segernya kolak dingin ya.. Sama, saya juga sudah incip-incip satu gelas kecil nyicipin, hihihi.. Kolak pisang kali ini dimasak ala manda, kenapa begitu? karena kolak pisang manda diperoleh dari menggabungkan resep kolak ibu dan carang gesing kesukaan manda.

Bahan yang diperlukan :
  1. pisang kapok kuning (mengkel mateng)
  2. kolang kaling 
  3. 1 butir telur ayam
  4. 1 santan instant kemasan kecil
  5. daun pandan,  kayu manis, cengkih
  6. gula pasir
  7. alternatif tambahan : nangka, roti tawar dan ubi manis.

Beberapa TIPS mengolah bahan-bahan agar kolak pisangnya nyuussssss....
  1. Kolang kaling. Tips mengolah kolang kaling ini adalah mencuci bersih kolang kaling, lalu merebus sebentar kolang kaling dicampur dengan cengkeh 4 biji. Cengkih itu dimaksudkan untuk menghilangkan bau dan rasa kolang kaling yang aslinya agak kecut kecing. Setelah itu air rebusan dibuang dan ulangi lagi sebentar. Setelah ditiriskan masukkan kolang kaling ke dalam air gula.
  2. Pisang Kapok Kuning. Pisang yang dipilih yang sudah matang dan biasanya berwarna kuning. Setelah dipotong-potong sesuai selera, celupkan ke air gula yang sudah siap, sembari nunggu kolang-kalingnya di proses.

Penasaran ya dengan gambar di atas? Itu adalah 1 butir telur yang nantikan dipakai campuran kocokan setelah semua bahan dicampurkan. Tipsnya dibagikan di sini dulu ya.. Menghindari amisnya rasa kolak, masukkan campuran ketika air mendidih dan dimasukkan sedikit demi sedikit agar larutan telur kocok begitu masuk langsung matang.


Cara memasak :
  1. Rebus air dan gula pasir secukupnya, setelah gula mencair, lalu bagi 3 bagian. Bagian satu untuk merendam kolang kaling, bagian 2 untuk merendam pisang dan yang bagian ketiga biarkan tetap di panci.
  2. Air rebusan yang ketiga (yang paling banyak) masukkan daun panda, cengkih dan kayu manis secukupnya. Lalu masukkan santan dengan api kecil ya merebusnya. Lalu ambil satu sendok sayur dan pakai untuk mengocok telur dan masukkan sedikit demi sedikit ke air rebusan yang mendidih (api kecil dan jangan dimatikan).
  3. Masukkan pisang dan kolang kaling ke dalam air rebusan bagian ketiga tersebut. Dan tunggu sampai matang.
  4. Bagi yang ingin menambahkan nangka, potong-potong nangka dan masukkan ketika sudah matang dan api dimatikan sehingga nangka tidak melonyoh (alias kematengan).
  5. Bagi yang ingin menambahkan roti tawar, potong roti tawar taruh ke dalam piring lalu siram dengan kuah kolak. nyaaammm....
  6. Bagi yang ingin menambahkan ubi manis, masukkan sebelum pisang dan kolang kaling dimasukkan. Jadi ubi lebih lama direbusnya daripada pisang ya..
Selamat mencoba dan menyiapkan kudapan enak dan mudah dari dapur..

6 comments:

  1. Kolak pisang makanan kesukaanku tapi jarang bikin .

    ReplyDelete
  2. seger ya mbaa... ^_^ trimakasih sudah mampir...

    ReplyDelete
  3. waa kolak pakai telur, blm pernah coba... kelihatannya enak. klo lia biasanya makan kolak pas bulan ramadhan aja.. tp ide bagus utk nachtisch jg yah hehehe...

    ReplyDelete
  4. Jadi inget puasa nih. Takjil favoritku.

    ReplyDelete
  5. Kebayang deh harum dan sedepnya :D

    ReplyDelete
  6. iya teh liaaaa, lebih kenyang dan enaakk.... *_*

    ReplyDelete

matched content: