Friday, April 3, 2015

Pepes Tahu dengan Nori

Tahu bandung sangat terkenal kelezatannya. Padahal di bandung, pabrik tahu tersebar, sehingga namanya berbeda-beda. Hanya orang yang bukan tinggal di bandung bilangnya tahu bandung. Padahal di Bandung, ada tahu cibuntu, tahu yunyi, tahu tauhid, tahu lembang, tahu susu dan masih banyak lagi. Supaya terlihat cantik, beberapa tahu bandung di rebus menggunakan kunyit sebagai perwarnanya, dan juga karena di rebus tahu menjadi awet hingga sore hari, terkadang tahu yang saya beli dari si mang yang lewat depan rumah masih panas. Tapi tetap untuk tahan hingga 3 hari harus di masukan kedalam lemari es. Ciri tahu yang tidak menggunakan pengawet yaitu tahu mudah rusak dan teksturnya yang amat lembut.

 Seperti Tahu cibuntu yang saya beli kemarin pagi, saking lembutnya sampe hancur karena jatuh. Gara-gara si mang tahunya tergesa-gesa dan tahu masih hangat, hingga sesaat saya memberi uang, eh malah tahunya jatuh, hancur banget, untungnya plastiknya kuat jadi tahu hancur masih terlindungi plastik. Sebenernya si mang merasa bersalah dan mau mengganti dengan tahu yang baru, tapi mana tega sih, dari sebungkus tahu seharga 5000. Akhirnya saya membeli lagi tahu utuh untuk saya buat tahu bacem dan tetap membawa tahu hancur ke dapur.

 Tak ada pilihan lain, tahu hancur akan saya buat pepes saja. Semua bahan sebenernya sudah sedia, hanya daun pisang pembungkus saja yang tidak ada. Tapi saya masih bisa memakai cetakan talam untuk membuat pepes tahu.
cara membuat pepes tahu
Pepes Tahu 
Supaya lebih nikmat dan istimewa, saya menambahkan nori yang di balut wijen. Ini dia resepnya :
pepes tahu yang di kukus
Tahapan membuat pepes tahu

Bahan :
5 buah Tahu, bisa tahu putih ataupun tahu kuning, lumatkan menggunakan garpu
1 bungkus nori wijen
1 sdm minyak wijen
1 sdt garam, tambahkan jikalau kurang asin
1 sdt gula pasir
daun salam yang di potong 4
2 buah cabe merah iris tipis
3 buah serai iris tipis
1 buah tomat potong kotak kecil
bumbu yang dihaluskan : 
3 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, 1 sdt merica.

cara membuatnya :

1. Atur cabe merah yg sudah di iris di dasar cetakan talam
2. Campurkan tahu yang sudah di lumatkan, masukan bumbu halusnya, garam, gula dan minyak wijen.
3. Masukan adonan tahu setengah cetakan, tambahkan potongan nori wijen, tomat sereh iris, penuhi dengan     adonan tahu, terakhir masukan daun salam, sebagai penutupnya.
4.  Pasang kukusan di atas kompor dengan api sedang, setelah air mendidih masukan pepes tahunya.
5. Kukus kira-kira 25 menit. Siap disajikan sebagai lauk.

Selamat mencoba.....


No comments:

Post a Comment

matched content: