Thursday, April 30, 2015

Resep dan cara memasak kimbap

cara membuat kimbap
resep masakan tradisional khas korea, kimbap

Sushi versus kimbap, yang mana yang teman-teman suka?


Resep masak hidangan tradisional korea kali ini adalah nasi gulung nori yang disebut dengan kimbap yang biasa juga ditransliterasi menjadi gimbab, gimbaph, kimbaph atau kimbab. Sajian ini sepintas mirip sushi tapi ada perbedaan antara keduanya. 


Salah satu perbedaan tersebut adalah bumbu-bumbu yang digunakan untuk nasi dan juga bahan isiannya. Sushi biasanya menggunakan bahan isian mentah seperti ikan mentah (meski ada juga yang menggunakan bahan matang), hingga harus segera disantap segar setelah dibuat. Sedangkan kimbab, tidak menggunakan ikan mentah dan sebagian besar bahan protein yang dimasukan dalam gulungan dimasak terlebih dahulu. Jadi kimbap bisa dimakan kapan saja, bisa dibuat bekal atau bento, seperti untuk bekal piknik atau lainnya.

Selain itu sushi terkesan mahal dan eksklusif, karena biasanya kokinya memasak langsung saat itu juga ketika akan dihidangkan. Kimbab lebih ke makanan yang kasual (kayak baju aja yah hihihi) atau jajanan. bisa dimakan dalam kondisi bagaimanapun, bahkan tanpa dipotong pun bisa langsung dicemil. Dimakan seperti memakan arem-arem atau buras kalau di Indonesia atau seperti roti isi yang tinggal dilahap.

Keduanya memiliki citarasa yang berbeda. Dulu sebelum saya melakukan detoks tuh kayaknya sushi berasa hambar. Karena lidah saya masih terbiasa dengan makanan yang bumbunya heboh termasuk karena pengaruh si penyedap rasa yang bikin ketagihan itu. Jadi kalau cicip sushi gak pernah bisa menikmati rasanya. Tapi setelah proses detoks (misal tiap hari minum jeruk nipis peras dan clean eating) indera perasa mulai peka lagi dan sudah bisa merasakan enaknya sushi. Rasanya betul-betul mempresentasikan rasa alami bahan-bahannya baik itu ikan maupun sayuran. Selain itu untuk memperkaya rasa biasanya sushi disajkan bersama dengan kecap sushi, soy sauce dan wasabi.

Berbeda dengan kimbap, rasanya lebih kental dari pada sushi, karena ada bumbu yang ditambah meski biasanya disajikan tanpa saus tambahan. Selain itu bahan isian gulungannya lebih kaya rasa karena sudah dimasak dan dibumbui sebelumnya. Plus ada wangi minyak wijen yang dibalur ke gulungan kimbab yang membuat selera makan meningkat. Saya pribadi, lebih sering membuat kimbap ketimbang sushi. Karena kimbap bisa dimakan segar dan bisa juga dijadikan bekal. untuk masalah rasa saya serahkan penilaian sushi dan kimbap ke cita rasa masing-masing yah.

kimbap abon sapi
kimbap modifikasi, isinya pakai abon sapi dan sayuran untuk bekal piknk

Kimbap ini ternyata jenis dan namanya beranekaragam, teman. Tergantung bahan isian dan juga tergantung daerah yang membuatnya. Kadang nama suatu kota bisa dijadikan sebutan kimbap.

Nah resep berikut sudah pernah saya praktekan. tapi teman-teman bisa modifikasi sesuai selera. Saya sertakan juga panduan cara membuat kimbap supaya sahabat bento bisa ikutin step by step cara membuatnya.

1. Resep nasi kimbab:

Resep nasi kimbap ada dua macam. Ada yang seperti membuat sushi. Yakni dengan memasak nasi menggunakan kombu/sejenis rumput laut, membumbuinya dengan larutan cuka yang dicampur garam dsb (resep dan tips memasak nasi sushi sudah di publish, bisa dicari di tab pencari sebelah kanan). Selain itu ada juga resep nasi yang dimodifkasi. Nah resep nasi berikut sudah sering saya praktekan. Saya pribadi lebih senang menggunakan resep nasi yang ini ketimbang resep nasi sushi, karena rasanya lebih muncul di lidah.

Bahan-bahan untuk membuat 3-4 buah/gulung kimbab:

  • 3-4 lembar nori / kim atau gim dlm bahasa korea  sebagai sebutan seaweed / rumput laut kering khusus untuk membuat sushi.
  • +/- 700 gr nasi yang dimasak dari 2 cup beras ( cangkir beras saya bervolume 160 ml), beras yang digunakan bisa beras korea, beras sushi, beras itali, beras pandan wangi atau beras yang bisa menghasilkan nasi pulen dan bulirnya tidak terlalu panjang.

cara membuat nasi untuk kimbap
nasi kimbap yang dibumbui

Untuk bumbu nasi kimbab diperlukan:

  • 1/2 sdt garam, 
  • 1 sdm minyak wijen (gunakan minyak wijen yang wangi, jangan yang wanginya gosong, biar enak. Pernah beli minyak wijen di salah satu supermarket di Indonesia tapi rasanya pahit dan bau gosong hikss. Katanya minyak wijen korea lebih enak untuk kimbap, tapi karena belum pernah menemukan buatan korea, akhirnya saya gunakan minyak wijen produksi Thailand lumayan enak)
  • 1/2 sdm minyak zaitun (optional)
  • 1 sdt biji wijen disangrai


Cara membuat nasi kimbap:

Ketika nasi hangat, aduk nasi dengan bumbu perlahan-lahan hingga semua teraduk. Lakukan dengan menggunakan centong nasi dan gerakannya seperti gerakan membalik dan memotong secara teratur, supaya nasi tidak jadi lembek dan bulirannya tidak rusak. Jadi aduknya jangan terlampau semangat.


2. Resep dan cara menyiapkan  bahan isian kimbap

Bahan isian kimbap, menentukan nama si kimbab tersebut yang juga berbeda dari satu daerah ke daerah lain. Isian terbagi menjadi dua, yakni bahan protein dan sayuran. Umumnya sayuran yang digunakan dalam kimbab adalah: wortel, asinan lobak (seperti yang ada di resep jajangmyun), dan mentimun. Bahan isian berikut hanya berupa daftar saja yang umum digunakan dalam kimbap, teman-teman bisa memilih isiannya sesuai selera, tidak harus semua digunakan.

cara memasak isian kimbap
bahan-bahan isian kimbap

Bahan sayuran:

  • timun dipotong memanjang bisa dibaluri dengan garam untuk menghilangkan getahnya, bisa juga tidak, tergantung selera, jangan lupa dikeringkan jika terlalu berair, gunakan tissue dapur. Saya menggunakan timun yang panjang, namanya timun jepang.
  • lobak asinan yang berwarna kuning dipotong memanjang (takuen dlm bahasa jepang, atau danmuji dalam bahasa korea) sudah pernah ditampilkan di resep jajangmyeon.
  • spinat, cara memasaknya sudah dibahas di cara pembuatan bibimbap atau cukup direbus saja tambah dengan sedikit garam, kemudian angkat  dan diperas airnya.
  • Wortel diiris memanjang dan dikukus atau bisa juga diiris korek api kemudian ditumis sebentar dengan minyak, beri sedikit garam.
  • alpukat dipotong memanjang.
  • kimchi, bisa juga digunakan untuk bahan isian. Tapi sebelum digunakan biasanya airnya diperas terlebih dahulu supaya tidak membuat basah nasi, kemudian dicincang.
  • Daun perilla atau daun shisho (Perilla frutescens). kalau daun ini saya sendiri belum pernah mencoba nya, tapi ini juga merupakan bahan sayuran khas dalam makan korea. Daunnya beraroma wangi dan segar. Tinggal dicuci dan dikeringkan untuk menambah bahan gulungan.
  • Akar Gobo / Burdock (Arctium lappa), akar tanaman ini berkhasiat obat dan kaya akan antioksidan. Akar ini biasanya dijual dalam bentuk yang sudah dibumbui terdapat di toko korea. Saya sendiri belum pernah mencobanya tapi lazim dipadu-padankan dengan sayuran lain dalam kimbap.


cara memasak isian kimbap
bahan isian kimbap dari kiri ke kanan: fisch cake, asinan lobak yang berwarna kuning, timun, surimi, telur dadar dan sosis

Bahan berprotein:

Sumber protein yang biasanya terdapat dalam kimbap adalah sebagai berikut, bisa dipilih salah satu atau dua untuk kombinasi dalam setiap gulungan:

  • abon sapi, yang ini gak korea sih, tapi biasanya kalau lagi buru-buru saya ambil abon supaya cepat buatnya, rasanya tetep mantep dan malah jadi favorit saya.
  • tuna, biasanya menggunakan daging tuna kalengan. Tuna bisa dimasak terlebih dahulu dengan bumbu hingga bentuknya seperti abon tuna (resepnya menyusul dipostingan berikutnya yah). Tuna bisa juga langsung dipakai dalam gulungan dengan meniriskannya (menghilangkan minyak atau air) terlebih dahulu. Setelah itu bisa dicampur dengan mayonnaise dan sedikit merica hitam diaduk hingga rata.
  • daging bulgogi, bisa juga digunakan dalam gulungan kimbap. Saya pernah dikasih kimbap bulgoghi oleh teh Ai, waw rasanya enak. jadi kalau punya daging bulgoghi sisa jangan dibuang tapi manfaatkan jadi kimbap.
  • Daging sapi,  supaya empuk biasanya pakai daging sapi muda, untuk 200 gr daging dipotong memanjang, dibumbui dengan garam, tambah kecap asin, merica, gula, 1 siung bawang putih yang dihaluskan, dan minyak wijen, dimasak di api sedang hingga matang dan wangi. Bisa juga menggunakan daging sapi giling.
  • ham atau sosis dipotong memanjang sesuai dengan ukuran isian yang lain, bisa dimasak dulu dalam wajan atau langsung digulung.
  • surimi (imitation crab sticks) dipotong memanjang sesuaikan ukuran dengan isian yang lain.
  • keju lembaran dibagi menjadi 4 bagian dan ketika menggulung letakan tepat di atas nasi.
  • fish cake atau bakso ikan tahu, tinggal dipotong kotak memanjang atau ditumis sebentar dalam wajan dengan menambahkan kecap asin dan gula.
  • telur dadar, 1-2 buah telur dikocok, beri bumbu, kalau suka manis tambah gula, kalau asin beri garam, merica dan bawang putih bubuk. Bisa juga ditambah susu 1 sdm. Kemudian di dadar seperti biasa dan dipotong-potong memanjang selebar bahan isian lain.


masakan korea kimbap bulgoghi
kimbap bulgogi buatan teh Ai, enak.
3. Kombinasi isian Kimbap

Ups jangan stress dulu dengan bahan-bahan yang sudah disebut di atas, kelihatan heboh yah. Tentunya tidak semua bisa dimasukan ke dalam satu gulungan. Jadi pilih bahan isi yang sahabat bento suka, kemudian baru gulung. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa isian kimbap menentukan namanya. Ada kimbap yang isinya kimchi, maka disebut kimchi kimbap. Ada juga yang dimodifikasi dengan menambahkan keju, namanya jadi cheese kimbab, atau yang isinya tuna, bernama tuna kimbap. Bahkan ada juga kimbap yang tidak ada isinya, disebut chungmu kimbap hanya nasi digulung dengan nori saja, biasanya dimakan dengan masakan pedas, berasal dari kota yang bernama Chungmu di Korea.

Berikut ini beberapa paduan isian kimbap yang umum dan sebagian besar sudah pernah saya coba buat atau cicipi:

resep kimbap
  • Kimbap daging (sogogi kimbap) = daging + asinan lobak + wortel + spinat atau bayam + telur
  • Kimbap sosis = sosis + fish cake + surimi + telur dadar + asinan lobak + timun + gobo
  • Kimbab abon sapi = abon sapi + surimi + telur dadar + asinan lobak + timun + wortel
  • Kimbap tuna (chamchi kimbap) = abon tuna + fish cake + surimi + telur dadar + asinan lobak + alpukat
  • Kimbap keju = keju + ham + telur dadar + timun + asinan lobak + wortel
  • Kimbap kimchi = kimchi + telur dadar + abon tuna + timun + wortel
  • Kimbap sayuran = fish cake + surimi + telur dadar + asinan lobak + bayam + wortel



Dan masih banyak lagi kombinasi bahan isian lain yang bisa kita kreasikan sendiri. 



4. Cara menggulung kimbap


Setelah semua bahan isian juga nasi siap, tinggal menggulungnya dengan bantuan alat seperti sushi roller. alat tersebut sangat membantu untuk membuat bentuk sushi yang sempurna. Perlu latihan di awal tapi jika sering praktik maka akan terbiasa. Alat paling sederhana berupa tikar bambu (seperti untuk sushi) atau bisa juga menggunakan cetakan nasi khusus sushi. kali ini saya perlihatkan menggunakan cetakan, lebih praktis dan mudah. Selain itu karena tikar sushi saya entah kemana dicari tidak ketemu, lupa menyimpan hehehe. cetakan sushi bisa dibeli di toko online.


cara menggulung kimbap atau sushi
  • Masukan nasi ke dalam cetakan (jangan terlalu tebal nasinya).



cara membuat kimbap
  • Letakan semua bahan isian di atas nasi 










resep makanan korea kimbap

  • kemudian tambahkan nasi lagi di atasnya, 








  • setelah itu tutup dengan cetakan dan tekan hingga memadat.








  • Balik cetakan, copot bagian dasar yg sekarang posisinya ada di atas 









  • nasi yang sudah tercetak gulingkan ke atas nori yang permukaannya kasar, kemudian gulung sambil sedikit dieratkan supaya lebih padat, hati-hati jangan sampai robek rumput lautnya. Biasanya lebih mudah dibantu dengan menggunakan plastik dibawahnya.




  • Setelah itu lem ujungnya dengan nasi supaya rumput lautnya menempel tak mudah lepas.

  • Setelah digulung, permukaan nori luar bisa dilumuri dengan sedikit minyak wijen,



memotong kimbap tuna
  • Kimbap dipotong dan siap disajikan untuk disantap langsung atau dibawa sebagai bekal. kimbap bisa juga dimakan utuh langsung tanpa dipotong.

  • Selamat menikmati.





3 comments:

  1. Wih sekarang cara menggulungnya lebih praktis pke alat. klo di jepang masih manual di gulungnya

    ReplyDelete
  2. kalau yan gpakai alat cari praktis dan gampangnya... pastinya lebih jagoan yang bisa gulung manual hehehe

    ReplyDelete
  3. cobain bikin kimbap mumpung weekend ni... *_* makasih sharenya teh liaa...

    ReplyDelete

matched content: