Wednesday, May 13, 2015

7 Manfaat Bubuk Kopi Selain untuk Minuman

Bubuk kopi
Kopi Espresso
Kopi minuman favorit banyak orang. Di rumah kami, kopi selalu tersedia. Baik dalam bentuk kopi, bubuk, kopi instan tanpa gula, dan kopi instan bergula. 

Cara membuat minuman kopi pun berbeda-beda. Kalau kopi instan, jelas. Masak air hingga mendidih. Campur dengan bubuk kopi instan. Kopi instan tanpa gula tinggal ditambah gula dan susu. Atau dengan susu kental manis.

Kopi bubuk bisa dibuat kopi tubruk atau dimasak dengan mesin kopi. Di Jerman, jika membeli kopi bubuk di kedai pengongsengan kopi, kita akan ditanya, mau dibuat kopi tubruk atau mesin kopi. Kopi tubruk digiling lebih halus dibanding kopi bubuk yang dimasak dengan mesin kopi. Ada juga yang memasak kopi bubuk bersama air di atas kompor hingga mendidih. Kopi Bosnia, misalnya. 

Selain dikonsumsi, bubuk kopi ternyata bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Kita bisa memanfaatkan bubuk kopi yang belum digunakan maupun bubuk bekas minum kopi. Bubuk kopi bekas yang dimanfaatkan ulang biasanya yang tidak bercampur dengan gula. 

Kopi bekas dari mesin kopi tidak bercampur dengan gula. Kadang suami saya mengumpulkan bubuk kopi bekas pakai dari kantor. Pekerja kantoran di Jerman rata-rata peminum kopi. Tak heran jika di kantor-kantor selalu tersedia mesin kopi. 

Apa saja manfaat bubuk kopi selain untuk minuman?

1. Penghilang Bau Tak Sedap

Saat pertama ke Jerman dulu, saya sempat kebingungan waktu mau membawa ikan asin mentah. Baunya yang semerbak itu khawatir bakal tercium walau disimpan dalam koper. Oleh papa, ikan asin tersebut dimasukkan ke dalam plastik. Lalu masuk ke plastik lain yang sudah ditaburi kopi bubuk. Ajaib, bau ikan asin pun tak tercium keluar lagi.

Kopi bubuk bekas pakai bisa menghilangkan bau tak sedap di kulkas. Masukkan saja dalam cawan kecil dan disimpan beberapa lama. Bau tak sedap akan berkurang. Sebaliknya, kopi bubuk yang masih baru jangan disimpan di dalam kulkas. Karena aromanya akan berkurang.

Dalam mobil pun kopi bekas bisa digunakan sebagai penghilang bau tak sedap. Tak perlu membeli parfum mobil lagi. Keringkan bubuk kopi bekas pakai. Masukkan ke dalam kertas saringan teh. Lalu gantung di dalam mobil.

Begitu juga jika tangan kita bau setelah mengupas atau mengiris bawang. Usap-usap dengan bubuk kopi bekas pakai. Bilas dengan air.
bubuk kopi wangi
Ampas kopi bisa dimanfaatkan kembali


2. Pupuk tanaman

Kopi bekas pakai bisa digunakan sebagai pupuk organik. Bubuk kopi bekas ini mengandung konsentrasi nitrogen, fosfor, mineral, dan kalium. Ia bisa digunakan saat basah atau kering. Pemakaian basah tinggal mencampur bubuk kopi dengan air. Hingga menjadi pupuk cair bagi tanaman.
Atau keringkan dahulu bubuk kopi bekas pakai tersebut. Bubuk kopi basah mudah berjamur. Setelah kering campurkan dengan tanah sebelum digunakan untuk menanam. Atau bisa pula ditaburkan langsung ke tanah. Jangan terlalu sering. Tanaman rumahan bisa dipupuk dua kali setahun. Sedangkan tanaman luar bisa 4 kali dalam setahun.
Mawar, Rhododendron, dan Hortensia, Azalea, tomat, buah beri, timun, zucchini, dan labu menyukai pupuk dari bubuk kopi bekas pakai ini.

3. Pestisida Alami

Masih berhubungan dengan kebun, bubuk kopi bekas bisa dimanfaatkan sebagai pestisida alami. Misalnya untuk mengurangi gangguan semut dan bekicot. Taburkan bubuk kopi bekas kering di sekitar pot tanaman untuk menetralisasi bau yang dilepas oleh semut.

4. Campuran Kompos

Satu lagi manfaat bubuk kopi bekas di kebun kita. Yakni buat campuran kompos. Kopi akan memancing datangnya cacing tanah yang sangat berguna bagi kompos.

5. Peeling

Campurkan bubuk kopi bekas pakai dengan sabun mandi cair. Gosokkan ke seluruh tubuh. Jadilah ia peeling alami dan murah meriah. Jika dicampur dengan minyak zaitun atau madu, bisa juga ia digunakan sebagai peeling wajah.

6. Pembersih

Tangan yang sangat kotor, misalnya kena oli, bisa dibersihkan dengan bubuk kopi. Gosok tangan yang kotor dengan kopi, bilas. Gunakan bubuk kopi saat membersihkan batang panggangan sate. Jadi pembersih tanpa bahan kimia.

7. Pewarna

Warna hitam kopi pasti sudah kita kenal. Noda kopi yang menempel di baju putih, agak sulit dihilangkan. Warna hitam itu pula yang bisa kita digunakan sebagai pewarna alami. Cara membuatnya sama dengan membuat kopi. Campur bubuk kopi dengan air hangat atau panas. Gunakan airnya untuk mewarnai kain atau kertas. Bisa digunakan untuk prakarya bersama anak-anak.  

5 comments:

  1. Koment foto dulu : Fotonya cakeeeeeeep! *jempol*

    Fungsi sebagai penghilang bau tak sedap itu juga berlaku untuk mulut. Pernah dikasihtau orang kalau abis makan makanan yang menimbulkan bau tak sedap seperti petai dan jengkol, bisa diatasi dengan minum kopi, atau mengunyah bubuk kopi :D Pas di Padang, aku kan makan sambal kering teri petai, dan itu menimbulkan bau. Aku coba minum kopi dan kumur2 pake kopi, eh beneran hilang.

    ReplyDelete
  2. Lumayan Kopi bubuk bisa dibuat peeling, nggak pakai beli lulur buat peeling lagi. Bisa buat ngelangsingkan tubuh nggak mbak? Pasrah nih :)

    ReplyDelete
  3. Waah ternyata banyak manfaatnya bubuk kopi itu ya. Thanks Mbak infonya. Selama ini ampas kopi suka dibuang-buang terus.

    ReplyDelete
  4. @Zulfa: iso kopi gawe melangsingkan tubuh. Carane ngene. Awakmu yen ngombe kopi ojok nggawe gulo karo susu. Trus ojok maem sego, gorengen, lan sing akeh lemake. Trus olah raga sing akeh, joget2 India yo gapopo. In shaa Allah 6 wulan yen dilakokno kontinyu awakmu langsing. hihihihi.

    @Mbak Lina: Yoi, Mbak... Bisa dimanfaatkan lagi. :)

    ReplyDelete
  5. suka beli kopi, minumnya suka tapi gak bisa banyak, eh dapat alternatif manfaat lain kopi.. makasih tipsnya mb ira..

    ReplyDelete

matched content: