Friday, May 22, 2015

Resep Baked Potato Mudah dan Anti Gagal

Baked Potato ala Manda

Sering mendengar baked potato? Ya ya ya, pasti disukai seluruh keluarga. Varian baked potato yang dijual oleh salah satu restoran cepat saji adalah brokoli and cheese atau chili and cheese. Kalau manda memilih toppingnya chili and cheese. Clegukkk, ngebayanginnya aja bikin laperrrr.

Ternyata membuat baked potato tidaklah sesulit yang dibayangkan. Bahan membuatnya pun relatif mudah diperoleh dan pastinya ada rasa puas ketika berhasil membuat baked potato di dapur kita, karena apa? Karena kapan aja kita mau, bisa bikin sendiri. Memasak itu gampang-gampang susah, yang penting mood untuk memasak pada saat itu langsung eksekusi resep yang sudah disimpan di notes gadget atau di catatan resep.



Bahan baked potato :

  1. Kentang berukuran sedang besar, dicuci bersih dan dibagi dua. Kalau perlu disikat saat mencuci kulit kentangnya dan tidak perlu dikupas. Kulit kentang yang kering saat dipanggang lebih nyusss disantap dalam baked potato.
  2. Siapkan bahan yang diiris, seperti : bawang bombay, bawang putih.
  3. Daging giling tanpa lemak sesuai selera. Semakin banyak, semakin enak.
  4. Sayuran untuk pelengkapnya : jamur dan brokoli.
  5. Saus spaghetti instant dan oregano. Kalau saya milih yang mix sehingga lebih mantap rasa Italianya. Kemasan mix Italian Seasoning memiliki komposisi yang lengkap untuk melengkapi rasa saos Italia, yaitu : daun marjoram, daun thyme, daun rosemari, daun savory, daun sage, daun oregano, dan daun basil.
  6. Keju yang diparut dan saos sambal.
 

Cara memasak baked potato :

  1.  Tuangkan minyak untuk menumis bawang bombay dan bawang putih, sampai harum dan kecoklatan, lalu masukkan daging cincang sampai berubah warna menjadi pucat.
  2. Masukkan saos spaghetti instant dan tambahkan sedikit air.
  3. Tambahkan sejumput garam dan gula pasir.
  4. Setelah mendidih dan saos bercampur dengan daging, masukkan jamur yang sudah diiris. Dan biarkan matang jamurnya. Ciri-ciri matang : jamur menjadi kisut ukurannya dan warnanya berubah.
  5. Setelah itu masukkan brokoli dan tunggu sampai brokoli matang. Untuk brokoli tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk matang. Terlalu lama membuat brokoli lonyot ( baca : terlalu lunak) dan kehilangan kadar vitaminnya.
 
  

Mengolah kentang untuk baked potato : 

  1. Kentang y ang dipilih adalah kentang yang berukuran sedang atau besar.
  2. Cuci bersih dan sikat kulit kentang lalu bagi dua.
  3. Siapkan kukusan dan tata kentang ke dalam kukusan. Saya menyusunnya dalam kukusan bertingkat, sehingga saya perlu menukar tempat agar kematangan kentangnya sama.
  4. Kentang saya tusuk-tusuk dan diberi garam sedikit di bagian daging kentangnya.
  5. Kurang lebih  15 menit, kentang sudah empuk dan pas untuk dipanggang sebentar untuk menghilangkan kadar airnya, serta membuat kulit kentang kering dan kres kres.

Nah, setelah kentang siap dan topping baked potato sudah matang. Kita siapkan kentang di atas piring saji dan siram dengan saos yang sudah kita buat. Tata sedemikian rupa dan taburi keju di atasnya. Bagi yang suka topping pedas, tambahkan saos sambal di atasya. Mudah ya membuat baked potato dari dapur sendiri. Malah bisa memilih isiannya, jadilah :

baked potato chili brokoli chesse with champignon 

Kalau sudah begini, alamat panda minta dibawain bekal untuk ke kantor.

Bagaimana wrapping baked potato untuk bekal?

Menjaga agar baked potato tetap enak dan renyah ketika dibawa sebagai bekal dengan topping yang tidak awut-awutan (baca : campur aduk) adalah hal terpenting yang dipikirkan ketika mau membungkus baked potato ini agar siap dibawa sebagai bekal.

Untunglah selalu sedia alumunium foil sehingga proses wrappingnya menjadi mudah dan lancar jaya.


Siap sudah untuk dibawa sebagai bekal. Selamat menikmati dan selamat mencoba semua.

4 comments:

matched content: