Thursday, June 4, 2015

Bento Beetle Bagi Vegetarian

Bento Beetle

Buka kulkas dan lagi pingin membuat karakter dari bahan-bahan yang ditemukan di kulkas. Inget pernah googling beberapa gambar kartun yang bisa dibuat karakter dari bahan makanan, salah satunya : kepik atau beetle ini. Sebelum menuangkan karakter gambar ke dalam kotak makanan, kita perlu membuat konsepnya di atas kertas. Setidaknya kita jadi tahu kurang lebih bahan yang dibutuhkan apa saja dan estimasi ukuran yang mau ditata dalam kotak makanan.

Intip cara membuatnya yuk..

Konsep Bento Beetle


Foto di atas adalah konsep bento beetle yang akan dibuat dari bahan yang diinginkan dan kemudian disesuaikan dengan temuan di dalam kulkas. Dari konsepnya, kebun beetle nya terbuat dari telur orak-arik dan sawi hijau yang dipotong-potong tipis dan ditata meneyerupai padang rumput, lalu diberi hiasan bunga dari wortel. Tapi kemudian konsep disesuaikan dengan bahan yang dijumpai di kulkas, maka jadilah padang rumput dari brokoli dan bento beetle ini menjadi bento bagi vegetarian.

Membuat Karakter Beetle atau Kepik


Karakter kartun beetle atau kepik mudah sekali dibuat dari bahan dasar sayuran : TOMAT. Nggak nyangka banget ternyata tomat ini bisa ajaib jadi karakter yang gemes kalau sudah dibuat beetle. Bahan yang dipersiapkan untuk membuat beetle adalah :
  • tomat segar dibagi 2 sehingga menyerupai badan beetle.
  • nasi sekepal kecil untuk kepala, lalu bungkus dengan nori.
  • beberapa lembar nori untuk membuat totol-totol badan dan mata.
  • keju untuk bagian mata.
 
Membuat Beetle Dari Tomat

Setelah nasi dikepal dan diselimuti nori, siapkan tomat setengah badan dan tempel potongan nori yang dibentuk menyerupai menara eiffel, hehehe. Lalu untuk membuat kesan mata lebih hidup, kita gunakan puncher untuk memotong nori yang ditempelkan di atas keju yang dipotong bulat *bisa dengan sedotan untuk memotong kejunya.

Totol-totol Beetle
Setelah siap bentuk beetle-nya, kini melengkapkan totol-totol di badannya. Karena puncher atau pemotong nori belum punya yang bulat, maka saya memutuskan membuat bulatan-bulatan dari nori dengan gunting, hihihihi. Kliatan ya bentunya nggak seragam besar kecilnya. Tapi di badan beetle yang bawah, saya buat totol-totolnya dari kulit timun. Sama-sama bisa menempel di badan tomat karena kulit timun mengeluarkan air yang bisa membuatnya menempel di badan tomat. Kalau menurut saya, lebih hidup battle dengan totol-totol hitam dari nori.

Nah setelah karakter beetle jadi, kita siapkan kotak makan yang akan dipakai membuat bento. Bagian bawahnya bisa nasi putih atau kentang (baik di masak pure atau di kukus dan dipotong-potong. Selanjutnya, brokoli disiapkan dengan cara dikukus sampai berubah warna. Kalau ada pertanyaan, dikukus atau direbus? Saya memilih di kukus karena vitaminnya tidak larut dalam air rebusan dan warnanya pun tetap terlihat hijau cantik yang segar. Siapkan karakter bunga yang kita buat dari wortel yang telah dibentuk dan tutorialnya ada di sini. Setelah di tata sedemikian rupa di dalam kotak makanan, maka bento beetle pun siap dibawa.

Lukisan Piring

Membuat karakter bento tidak harus akan bepergian, menjadikan aktivitas menyenangkan bersama yang tersayang di dapur juga bisa menjadi alternatif pilihan mengisi liburan. Taraaaa.. Diletakkan di piring bisa dijadikan lukisan dalam piring yang sekaligus menciptakan kreativitas di dapur bersama keluarga. Lukisan piring dengan bahan yang bisa dimakan juga bisa beraneka bentuk seperti bentuk bunga dan lebah. Nah, kalau liburan nggak tahu mau kemana dan ngapain, bisa ya coba-coba bikin lukisan piring dari karakter yang bisa dipakai sebagai bekal makanan.

Selamat mencoba yaaa....

2 comments:

  1. Iii lucu banget itu hewannya, sayang kalau harus di makan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mb Agneta, selain lucu, mudah pula membuatnya :)

      Delete

matched content: