Tuesday, June 9, 2015

Es Krim Pokcoy rasa Alpukat

Pokcoy atau sawi hijau atau biasa juga disebut bokchoy itu sayuran hijau berbau sedikit langu jikalau di makan mentah. Pokchoy atau sawi hijau biasa disajikan dengan di tumis campur telur atau tahu, di sayur seperti sayur bening, dijus dicampurkan dengan nanas dan perasan jeruk nipis, dan sebagai tambahan mie ayam  atau nabe, atau di lalab, ternyata bisa di buat es krim juga. Ceritanya beberapa waktu yang lalu, kami sekeluarga sedang berkumpul karena adik dan istrinya berulang tahun. 

Adik ipar bercerita tentang es krim sayur yang rasanya lezat, dan menjanjikan keponakan untuk membuat bersama, maklum keponakan kami itu suka sekali makan es krim ataupun es lilin, yang penting es berasa manis dan dingin hehe. Kami semua heran dan kurang percaya, masa sih sawi hijau atau pokcoy ini bisa berasa alpukat. Adik ipar bercerita bahwa beberapa hari sebelumnya adik ipar mengikuti acara demo memasak yang mempromosikan betapa hebatnya blender, nah ternyata disana diajarkan juga membuat es krim sawi hijau rasa alpukat. Dia pun kurang percaya sebelum mencicipinya, dan ternyata benar… rasanya enak seperti alpukat. Karena baru pindahan dan membutuhkan blender, adik ipar pun membeli blender yang katanya penjual bisa banyak kegunaan itu. Karena sudah berjanji sama keponakan akan membuatkan es krim di rumah nini (sebutan nenek orang sunda) di Bandung,  maka blender baru yang canggih ini juga turut berlibur di rumah nini. Kami pun penasaran, masa sih pokcoy yang berbau sedikit langu bisa berasa alpukat yang rasanya gurih dan enak itu.

es krim sawi hijau


Berbagai sumber menyebutkan manfaat pokcoy si sayuran hijau ini kaya akan vitamin A dan serat yang membantu mengendalikan kolesterol dalam darah . Selain mengandung vitamin A, pokcoy juga mengandung vitamin K yang membantu proses pembekuan darah di saat luka, mengandung asam folat yang baik untuk ibu hamil, mengandung vitamin E dan kaya akan antioksidan flavonoid, indoles, sulforaphane, karoten, lutein dan zeaxanthin. Indoles, terutama di-indolyl-metana (DIM) dan sulforaphane memiliki manfaat nyata dalam melawan prostat, kanker usus, kanker payudara, dan kanker ovarium berdasarkan penghambatan pertumbuhan sel kanker, efek sitotoksik pada sel kanker. Hanya penderita ginjal dan asam urat yang sebaiknya menghindari sayuran ini.

Kembali kepada kami yang penasaran akan enaknya es krim sawi hijau ini, akhirnya kami beramai-ramai membuatnya, kelas memasak ceritanya eh, kelas membuat es krim. Nini berbaik hati menyediakan bahan-bahannya, saat kami tiba dari jalan-jalan, bahan-bahan sudah tersedia dan siap di olah.

Bahannya:                                                                                                                                  3-4 lembar daun pokcoy atau bisa juga sawi hijau
5 sendok makan creamer bubuk, yang buat campuran kopi instan
80-100 gram tape singkong                                                                
4-5 sendok makan gula pasir
½ sendok teh vanilla bubuk, tergantung selera
Es batu sebanyak-banyaknya

bahan pembuat es krim


Cara Membuatnya :
1.    Masukan pokcoy, gula pasir, vanilla bubuk dan tape, hancurkan menggunakan blender.
2.    Setelah tercampur, masukan es batu dan gula, creamer sedikit demi sedikit. Blender sampai halus dan tercampur rata.
3.    Tambahkan es batu jikalau adonan masih belum tercampur rata.
4.    Tambahkan creamer jikalau adonan masih terlalu cair.
5.    Kira-kira adonannya sudah sekental ini.
bahan es krim yang sudah tercampur rata

6.    Kemudian, masukan adonan es ke dalam wadah besar.
7.    Diamkan min 6 jam dalam lemari pendingin.
8.    Es krim siap disajikan.
9.    Rasanya…. Bener-bener seperti es krim alpukat
Penasaran khan… silahkan mencoba ya…

4 comments:

  1. Asli ga kebayang es krim pokcoy gmn rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain bikin deh... ini enak, rasanya beneran alpukat, saya aja tidak menyangka hehe...

      Delete
  2. penasaraaann... itu pokcoy nya nggak bikin pahit ya teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak terasa sayuran sama sekali, rasa alpuket beneran deh,... aku juga heran hehe... ayoo coba bikin donk...

      Delete

matched content: