Wednesday, June 24, 2015

Pisang Goreng Kremes

Berbelanja di pasar pagi itu sangat menyenangkan, selain bisa membeli bahan yang segar dengan harga murah, kita juga bisa melihat aktivitas heboh para penjual dan pembeli yang saling menawar. Semangat pagi dan keceriaan para pedagang yang menawarkan dagangannya tidak bisa kita dapat jika kita berbelanja di supermarket.
Biasanya saya ke pasar pagi, setelah sholat subuh, karena pedagang daging dan ayam segar menggelar dagangannya hanya sampai jam setengah 6 saja. Mereka memasok daging dan ayam ke pasar di kota, selesai berdagang di pasar induk dekat rumah mereka mengirimkan dagangannya jam 6 pagi.

Menjelang puasa, banyak pedagang yang menawarkan bahan untuk takjil buka puasa, tak biasanya pasar seramai ini. Gundukan kolang kaling, kelapa muda, ubi jalar, timun suri, blewah,  dan aneka macam pisang yang lebih banyak dari hari-hari biasa.

Setelah berbelanja, mama saya yang kebetulan ikut, membeli pisang nangka setandan. Wow setandan dalam hati, banyak sekali. Beliau akan membuatkan takjil kolak pisang. Pisang nangka setandan dihargai 28 ribu rupiah saja, pantas saja mama nekat membelinya hehe. Bisa membuat bolu pisang, kesukaan nih...

Beberapa sisir pisang sudah menjadi kolak, masih sisa 2 sisir lagi. 3 hari kemudian, saya masih melihat pisang belum tersentuh. Kepikiran untuk membuat pisang goreng yang tak biasa, seperti pisang goreng kremes yang saya cicipi di makasar beberapa waktu lalu.


Mengintip resep dari sajian sedap, akhirnya saya membuatnya dengan sedikit kreasi dari saya.

Bahan :

12 buah pisang uli, saya memakai pisang nangka
Minyak untuk menggoreng

Bahan Pencelup:
65 gram tepung terigu protein sedang 
1/8 sendok teh garam 
125 ml air 
1/2 sendok makan tepung beras 
2 1/2 sendok teh gula tepung, saya tidak memakai

Bahan Kremesan:
500 ml air 
120 gram tepung beras 
25 gram tepung sagu 
10 gram gula merah, saya tidak pakai
1/2 sendok teh garam 
1 kuning telur 
4 tetes pewarna kuning tua saya tidak pakai

Bahan Taburan :
10 SDM gula palem
1 sdt kayu manis bubuk


Cara membuat:
1.     Pisang di kupas dan saya bagi 2 memanjang.
2.    Campur bahan pencelup. Aduk rata.
3.    Campur bahan kremesan. Aduk rata.
4.    Panaskan minyak goreng. Tuang satu sendok sayur adonan kremesan. Biarkan mengembang. Kecilkan api. Kumpul-kumpulkan adonan sehingga menyatu.
5.    Celup pisang ke dalam bahan pencelup. Letakkan di  bagian tengah kremesan yang sudah dikumpulkan. Lipat kremesan hingga menutupi pisang. Goreng sampai matang.

Selalu ada cerita di balik dapur, seninya membuat dan mencoba resep baru. Saat membayangkan membuatnya seperti mudah sekali, tapi pada praktek menggorengnya saya kesulitan. Selain diperlukan kecekatan dan kecepatan, juga kesabaran untuk menghasilkan pisang goreng kremes yang cantik.
Apa hendak di kata, pisang goreng kremes yang saya bayangkan berantakan saat di goreng. Terigunya mengambang tidak mau bersatu. Terigunya sulit menempel pada pisang, hampir putus asa saja. Tapi mau gimana lagi, waktu buka puasa hampir tiba, dan sudah kepalang tanggung, harus di selesaikan.
Pisang pun saya goreng hingga habis, walau banyak adonan terigunya yang terlepas, kasian saya melihat pisang goreng kedinginan tak berbalut tepung. Supaya di piring tetap cantik, saya menaburkan gula palem yang di beri bubuk kayu manis. Selain rasanya lebih enak, juga bisa membuat tampilan pisang goreng di piring menjadi cantik.
Silahkan mencoba…..




No comments:

Post a Comment

matched content: