Wednesday, June 3, 2015

Rilakkkuma Cheese Cake dan Japan Day Di Düsseldorf

cheese cake karakter
cara membuat cheese cake rilakkuma

Postingan kali ini akan membahas teknik membuat karakter Rilakkuma dalam kue cheese cake. Saya membuatnya tanpa menggunakan cetakan bento rilakkuma. Baru tersadar ternyata belum pernah punya cetakan rilakkuma hiks. Tapi lumayan terhibur setelah lihat rilakkuma dan tokoh-tokoh anime lain nongkrong dalam sebuah event bernama Japan Tag 2015 atau Japan Day di Düsseldorf akhir pekan lalu. Bagaimana tokoh-tokoh imajinasi atau animasi terkenal dari Jepang menjadi kenyataan? Berikut liputan lengkap kami.


Bagi penggemar bento siapa yang tak kenal rilakkuma? Tokoh beruang lucu ini cukup terkenal bahkan termasuk ke dalam 5 besar tokoh karakter terpopuler di Jepang. Pastinya sudah banyak kawan-kawan yang membuat bento dengan karakter rilakkuma karena kawaii dan relative mudah ditiru.

membentuk wajah rilakkuma
cheese cake rilakkuma siap disantap

Sekarang ini banyak cetakan-cetakan bento bentuk rilakkuma  yang bisa dipakai untuk membuat bento lucu tanpa ribet. Cetakan bento tersebut berupa cetakan untuk nasi onigiri, cetakan telur, cetakan roti sandwich, cetakan kue kering atau cookies cutter bentuk rilakkuma, cetakan pudding, cetakan es. Tidak hanya cetakan bento saja, tetapi juga banyak ditemui wadah bekal/bento, tas bekal, tas sekolah, dan masih banyak lagi karakter rilakkuma ini terdapat pada pernak-pernik kesukaan anak-anak.

Pernak Pernik itulah yang membuat saya ngiler  ketika sabtu lalu jalan-jalan ke Düsseldorf. Disana banyak pernak Pernik bertemakan karakter Jepang. Bahkan mereka terwujud nyata menjadi objek yang hidup dan bisa berinteraksi dengan kita, terbayang tidak teman bento mania? Apalagi yang menjadi hidup tidak hanya karakter rilakkkuma saja melainkan karakter-karakter popular lain dalam anime Jepang, seperti di foto-foto berikut.

karakter Sasuke Uchiha  dalam Japan tag 2015
Cakep ya? Sasuke Uchiha, salah satu karakter dalam anime Naruto

Takjub melihatnya, semua karakter anime yang sedang trend dimasa kini menjadi nyata dan semua berkumpul dalam sebuah acara tahunan besar di Düsseldorf Jerman, hari sabtu (30/5) kemarin. Acara ini sudah rutin berlangsung setiap tahunnya di ibu kota provinsi Jerman paling barat ini (NRW). Dihadiri tidak hanya oleh kaum pemuda pemudi tetapi terlihat oleh kami orang-orang tua juga ikut menikmati acara pertukaran kebudayaan ini.

Blaziken dari anime pokemon

Ajang ini benar-benar unik, ide awal untuk memperkenalkan budaya Jepang dengan mendirikan stand-stand budaya seperti stand seni merangkai bunga ikebana, melipat kertas origami, memperkenalkan cara memakai kimono dan masib banyak lagi. termasuk stand penjual makanan khas Jepang. Makanan yang dijual utamanya adalah jajanan seperti ramen, udon, soba goreng, edamame rebus, roti-roti khas jepang, mochi. Tentu saja ada sushi, onigiri dsb. Ada yang segar dimasak ditempat ada juga yang sudah dikemas. Kelihatannya enak-enak.


Tidak hanya orang Jepang yang antusias dengan kegiatan ini, akan tetapi para pesertanya yang kebanyakan orang Jerman juga ikut serta meramaikannya dengan menggunakan kostum-kostum anime unik yang rata-rata mereka buat sendiri atau beli secara online dengan harga yang relative mahal. Terlihat kesungguhan pengunjung Japan Tag ini dalam merias penampilannya supaya mirip dengan tokoh anime kesukaannya. Kostum atau pakaian dibuat menarik, didukung oleh tata rias wajah yang senada, serta perlengkapannya yang dibuat mirip seperti filmnya. Ibarat dijadikan catwalk, jalan sepanjang stasiun utama kota Düsseldorf hingga pinggiran sungai Rhein tempat acara berlangsung penuh dengan orang lalulalang memperlihatkan penampilan kostumnya.
karakter anime jadi nyata dalam Japan Tag 2015 Düsseldorf
karakter anime jadi nyata dalam Japan Tag 2015 Düsseldorf

Mereka yang menggunakan kostum yang sama terlihat saling kompak dan kadang menyapa satu sama lain. Jika menggunakan kostum yang berbeda tetapi berada pada anime yang sama, mereka langsung bertegur sapa, berpelukan dan saling berkenalan hanya gara-gara kostum. Serunya.

Saya berusaha mencari tokoh rilakkuma hanya satu orang yang kami lihat memakainya, namun sayang tidak sempat terbidik kamera. Adapun totoro banyak sekali yang memakainya. Hanya satu dua karakter anime yang saya kenal, kebanyakan adalah karakter anime terbaru yang belum pernah kami tonton. Jangan harap ada doraemon, meski tokoh ini terkenal luas diseluruh penjuru bumi, tapi ternyata tidak ada orang yang tertarik untuk memakai kostum ini. Karena rata-rata yang ikut berpartisipasi dalam pesta kostum ini adalah para remaja, maka tak heran tokoh-tokoh anime yang ditiru adalah anime yang diperuntukkan remaja.

Cuaca tiba-tiba hujan akhirnya berburu rilakkuma pun terhenti. Meski sesi hunting tidak berhasil tapi harus tetap semangat membuat meski belum punya cetakannya. Kali ini saya sharing tipsnya tanpa cetakan yah. 

resep cheese cake rilakkuma ini menggunakan bahan dasar kue cheese cake yang sudah pernah diposting sebelumnya, Kuenya tanpa di oven.

Untuk teman yang belum pernah pernah melihat, silahkan lihat lagi resep dan cara membuat cheese cake di video berikut.

Resep dan cara membuat cheese cake tanpa panggang




Cara menghias cheese cake rilakkuma

Setelah kue dan resepnya sudah ada, yuk lihat langkah berikutnya. Untuk finishing sehingga bentuknya seperti rilakkuma, silahkan simak langkah-langkah cara merias kue krim keju bentuk rilakkuma sebagai berikut ini.

Untuk membuat karakter Rilakkuma, Cheesecake dicetak dalam wadah bulat. Saya gunakan wadah dari keramik tapi bisa juga wadah lainnya.

Setelah kue krim keju di simpan dalam kulkas (bisa juga dalam freezer jika ingin konsistensinya lebih keras), sesaat sebelum disajikan kita hias sehingga bentuknya seperti beruang rilakkuma.

Karena saya tidak punya cetakan bento rilakkuma, diakalin sendiri aja yuk.

cara membuat beruang lucu dalam cheese cake
cara membuat karakter rilakkuma dari oreo

Bagian mata, hidung digunakan cetakan berbentuk bulat. Bisa digunakan cetakan apa saja yang ukurannya sesuai. Kemudian ambil bagian hitam dari kue kukies oreo. Agak sedikit sulit mencetak nya apalagi jika cetakannya terlalu besar, sedangkan tekstur kue ini terlalu renyah dan mudah pecah. Untuk bagian mulut digunakan pisau dan oreo dibentuk persegi panjang. Banyak remah yang sayang dibuang, baiknya mencetak dilakukan sebelum membuat cheese cake nya, jadi remah yang tersisa bisa dimasukan ke dalam bahan adonan untuk bagian dasar kue.



Sedangkan bagian sekitar mulut digunakan bantuan cetakan dari kertas. Buat sebuah pola melingkar agak lonjong. Kemudian gunting pola tersebut dan letakan di atas cheese cake. 

Letakan serbuk brown sugar yakni gula pasir yang berwarna cokelat ke dalam pola yang sudah tergunting tadi. Sebetulnya bisa dilakukan sebaliknya yakni seluruh permukaan ditaburi kecuali bagian mulut. Sehingga wajahnya benar-benar berwarna cokelat seperti warna rilakkuma aslinya. 

Setelah itu angkat kertasnya dan letakan bagian mata, hidung, mulut yang sudah dibuat tadi di atas permukaan cheese cake.

Untuk bagian telinga cukup mudah tinggal membagi dua oreo kemudian letakan di atas wadah atau cukup dengan menggunakan oreo bulat yang bisa disimpan berdampingan dengan wadah.

Rilakkuma chiz kek (cheese cake) pun jadi. Selamat makan.

Wajah rilakkuma dalam cheese cake oreo tanpa panggang / oven


2 comments:

matched content: