Tuesday, July 7, 2015

Es Blewah Segar


Bandung sedang pancaroba, saat siang panasnya luar biasa menyengat, di malam hari hingga pagi dinginnya menusuk tulang. Perubahan cuaca begini harus pandai menjaga kesehatan, terutama asupan makanan. Apalagi saat ini bulan ramadhan, asupan makanan saat berbuka dan santap sahur harus bergizi dan sehat. Supaya di saat berpuasa, kondisi badan tetap segar tidak loyo, tidak mudah sakit dan bisa tetap beraktifitas seperti biasa.

Selain memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan, asupan air putih juga harus diperhatikan harus mencukupi, supaya saat siang hari yang panas, tubuh tidak lemas karena dehidrasi. Karena biasanya disaat berbuka dan sahur, asupan air putih sering kali terlupakan, perut keburu kenyang menyantap hidangan yang lain. Makanan yang berminyak dan gorengan harus di kurangi, makanan bersantan dan pedas sebaiknya dihindari.


Biasanya, saya berbuka puasa di awali dengan 1 butir kurma dan segelas air putih hangat, dilanjutkan dengan sholat maghrib kemudian baru makan besar. Menunya biasanya sayuran dan protein nabati alias tahu dan tempe. Setelah sholat teraweh biasanya saya baru memakan hidangan penutupnya, seperti es campur, kolak, bubur sumsum, candil, pisang kukus, ubi kukus atau apa saja.

Kemarin saya membuat es blewah untuk takjil berbuka bersama, selain menyegarkan, mudah membuatnya juga nyaman diperut, karena blewah ini seperti timun suri, cocok di makan saat musim pancaroba seperti ini. Buah blewah mengandung vitamin C, vitamin A, kalium dan non kolesterol, juga di percaya bisa menyembuhkan penyakit maag jika di konsumsi secara berkala.

Es blewah inijuga  mengingatkan saya saat duduk di bangku sma dulu. Kota Madiun yang sangat terik di siang hari seakan bisa dingin seketika setelah selesai meneguk segelas es blewah saat pulang sekolah. Harga es blewah segelas kalau tidak salah 500 rupiah saja saat itu. Kami sekeluarga sangat menyukai buah blewah ini, selain membuatnya mudah juga rasanya yang sangat menyegarkan. 

Jaman itu, di bandung tidak ada yang namanya blewah, jadi mama suka membeli dalam jumlah banyak saat pulang mudik ke bandung, karena untuk di bagikan kepada saudara dan tetangga. Biasanya mama membeli yang tidak matang, maklum perjalanan darat bandung madiun bisa 16 jam. Beli mentah di Madiun sampai bandung bisa sudah matang hehe…

Harga blewah di pasar saat ini 6000 rupiah perkilonya, 1 buah blewah bisa mencapai setengah kilogram sampai 1,5 kilogram, tergantung besar kecilnya buah blewah.
Sangatlah mudah membuat es blewah ini, blewah di belah dua, kemudian di bersihkan biji-bijinya, lalu blewah di serut menggunakan serutan yang bisa memanjang seperti yang ada di foto berikut ini.



Adapun membuat sirupnya biasanya saya membuatnya sendiri, selain bisa lebih hemat juga saya tahu gula yang dipakai berkualitas baik atau tidak.
 Bahan membuat sirup vanilla :
1 kg gula pasir
1 sdt Pasta vanilla atau 2 bungkus bubuk vanilla
1,5 liter Air
Cara Membuatnya :
Rebus air hingga mendidih, masukan gula, aduk hingga larut, biarkan mendidih.
Aduk sebentar, masukan vanillanya, biarkan dingin. Setelah dingin masukan ke dalam botol gelas bersih, siap di gunakan.


Membuat segelas Es blewah yang segar :
Siapkan gelas,  masukan 1 sendok makan munjung serutan blewah tambahkan 2 sendok makan sirup vanilla atau bisa di tambahkan jika kurang manis, tambahkan air secukupnya juga es batu jika suka. Es blewah segar siap disajikan..... Selamat berbuka Puasa, semoga puasa kita di terima Allah SWT, aamiin...



1 comment:

  1. Nyam nyam nyam.. Dulu saya sering beli es blewah pas kecil, sekarang maunya bikin.. Tapi diitung-itung uda lama juga ngga bikin hahaha... Jadi memotivasi untuk bikin lagi ^^ ikut nyimpen resepnya yaa...

    ReplyDelete

matched content: