Monday, July 13, 2015

Resep pempek adaan

cara membuat dan Resep pempek adaan
Resep pempek adaan

Pempek yang paling mudah cara membuatnya kalau menurut saya adalah pempek adaan. Apa itu pempek adaan? Yakni pempek yang bentuknya bulat. Untuk membuatnya tidak perlu memperhatikan apakah adonan bisa dipulung atau tidak. Semua bahan tinggal dicampur, aduk, bentuk bulat dan goreng. Sesederhana itu, resep pempek adaan berikut ini.

Saya sudah jadi penggemar pempek sedari kecil, sebab dulu sering banget dikirim pempek enak oleh tante yang orang palembang asli. pempeknya luar biasa enak banget. sejak saat itu standar rasa pempek saya, yah pempeknya si tante ini.

Saat ini jenis pempek sangat beragam. Jenis pempek terpopuler yang saya tahu adalah pempek kapal selam dan lenjer. Saking diminati, pempek tidak hanya dijual di warung/restaurant melainkan juga banyak yang jual pempek online. Tentunya rasanya pun bersaing. Nikmat banget deh bisa menyantap pempek enak, tanpa harus ngotorin dapur hehehe...

Untuk pempek jenis kapal selam atau lenjer resepnya akan dibahas dipostingan berikutnya aja yah. Namun tuk adonan pempek ini, biasanya harus bisa dipulung dan dibentuk. Jadi adonannya membutuhkan proporsi ikan dan tepung yang tepat. Selain itu tetap harus memperhatikan rasa pempek itu sendiri. Jangan sampai karena adonan lembek ditambah banyak tepung, hingga ikannya malah tidak terasa. kalau seperti itu, lebih baik buat pempek dos aja sekalian, yakni pempek yang tidak menggunakan ikan. Tips cara membuatnya akan diposting berikutnya.

Rasa pempek itu sangat tegantung dengan jenis ikan yang dipakai. Asal muasal resep pempek dari Palembang, menggunakan ikan belida dari sungai musi. Katanya rasanya mantap banget. Kalau suatu saat ke Palembang ingin juga coba pempek ikan belida asli Palembang (ngecess). Di Indonesia, sudah lazim orang menggunakan ikan tenggiri dan rasanya tetap maknyus, sebagai pengganti ikan belida yang relative lebih mahal dan langka. Ada juga yang menggunakan ikan gabus, ikan kakap merah, dll sebagai alternative pengganti. Bahkan ada juga yang memodifikasinya dengan udang, jadi pempek udang.

Beberapa ikan bisa membuat wangi si pempek atau malah sebaliknya membuat bau amis. Daging ikan tertentu bisa membuat teksturnya kenyal tapi ikan yang lain malah membuat empek-empek jadi lembek. Hal ini disebabkan karena bentuk/struktur serta kandungan air pada setiap jenis ikan berbeda-beda. Jadi resep mana yang pas juga tergantung jenis ikan yang dipakai. Tentunya ikan mana yang cocok, yah kembali ke selera yang akan menyantapnya.

Nah untuk resep kali ini, bisa pakai ikan yang mana saja, karena adonannya cukup mudah  dan membentuknya pun gampang, tidak terlalu penting memperhatikan konsistensi adonan. kalau adonan bisa dipulung tinggal dibentuk bulat dengan tangan seperti biasa, tapi kalau lembek bisa dibulatkan seperti cara membuat bakso. jadi terserah seleranya, yang penting ikannya tetap berasa.

Untuk teman-teman yang ada di luar indonesia bisa menggunakan alternatif ikan yang ada di supermarket terdekat. jenis ikan dan pembahasan lengkapnya dipostingan berikutnya aja yah (takut kepanjangan di sini hehehe).  Sekalian dengan tips memilih ikan, resep cuko dan juga tips mempersiapkan bahan pendamping pempek. Kali ini berbagi resep pempek adaan saja dulu.

Resep pempek adaan
ikan rotbarsch


Berikut ini resep pempek mudah, yakni pempek adaan. Dalam resep ini saya menggunakan ikan rotbarsch yang terdapat di supermarket dekat tempat kami tinggal. Tekstur dan wangi ikan ini agak mirip dengan ikan tenggiri, hasilnya pun terasa gurih. Silahkan dicoba.


Tips membuat pempek adaan
Resep pempek adaan
Resep Pempek Adaan



Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pempek adaan:

250 gr ikan tenggiri atau Rotbarsch
2 siung bawang putih atau bawang merah dihaluskan
1 butir putih telur
50 ml santan kental
1 sdt garam
½ sdt gula pasir
2 batang daun bawang diiris
50 gr tepung terigu
100 gr tepung sagu

Pelengkap:

Cuko pempek 
Mie kuning atau soun 
Ebi yang dihaluskan 
Timun diiris sesuai selera

Video cara membuat pempek adaan:


Deskripsi cara membuat pempek adaan:


  • Haluskan daging ikan. Bisa menggunakan gilingan daging, pirik, atau food processor.


  • Setelah halus tambahkan semua bahan dan aduk menjadi satu hingga rata.


  • Bentuk adonan menjadi bulat. kalau adonannya tidak bisa dipulung, bisa dibulat-bulat dengan cara sama seperti membuat bakso atau tekwan.


  • Goreng adonan di dalam minyak panas sampai berwarna kekuningan dan matang.

Selamat menikmati.

Resep pempek adaan
Resep pempek adaan

No comments:

Post a Comment

matched content: