Monday, July 27, 2015

Varian Isi Roti Manis Tanpa Dimixer

dbento.com
Roti Manis

Sebagai lanjutan dari proses membuat roti manis yang pembuatan adonannya tanpa dimixer dan tidak perlu usaha yang berat dalam menguleni hingga mengembang. Artikelnya bisa di search di dbento dengan kata kunci "membuat adonan manis mudah dan tanpa mixer". Kalau di tulisan yang lalu, kita sudah membuat adonan roti manisnya, maka sekarang saatnya kita mengisi roti manis dengan beberapa isian yang mudah didapat dan selanjutnya memanggangnya di oven. Ada tips bagi pemula sesuai pengalaman manda membuat roti manis ini, simak yaa...


roti manis
Adonan Roti Manis

Adonan roti manis yang telah melewati beberapa proses pengembangan dan dibentuk kecil-kecil kurang lebih 5 gram dengan tekstur yang lentur kenyal ketika kita pipihkan dengan penggilas. Adonan yang demikian tidak akan robek ketika dibentuk. Untuk panggangan pertama, manda melakukan uji coba dengan menggunakan alas telenan yang diberi alas plastik agar adonan roti manis tidak menempel di telenan dan terkontaminasi bau yang menempel pada telenan.

isi roti manis
Roti Manis Isi Sosis

Setelah adonan dipipihkan, lalu diberi sosis yang terlebih dahulu sudah digoreng setengah matang sehingga dalam proses pemanggangan nanti adonan roti manis dan sosis bisa matang bersamaan. Cara menghias roti manis seperti di atas kemudian disatukan menjadi seperti tali temali bisa dilihat dibanyak tips membuat roti dari hasil googling.

isi roti manis
Roti Manis Isi Coklat

Adonan yang satunya, manda mencoba menggunakan meses coklat untuk membuatnya menyerupai roti goreng isi coklat, hehehe. Kali ini bulatan adonan yang diambil lebih kecil dari yang sebelumnya. Setelah bulatan dipipihkan, lalu taburi dengan meses coklat lalu satukan setiap sisinya dan bulatkan.kembali. Ternyata selain meses, bisa juga diganti dengan selai instant sesuai selera keluarga.

roti manis
Siap Dipanggang

Taraaaa.. Adonan yang sudah diisi sudah siap dipanggang.

TIPS sebelum memanggang :


  1. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat sebelum loyang berisi adonan dimasukkan.
  2. Olesi loyang dengan mentega secukupnya.
  3. Olesi adonan yang akan dipanggang dengan campuran 1 kuning telur dan 1 sdm susu cair. 
  4. Masukkan loyang ketika oven sudah panas.
 
oven
Oven

Karena manda termasuk pemula dalam hal membuat roti manis ini dan beruntung ovennya bisa dilihat dari luar, maka aturan panggang dalam oven bersuhu 200 derajat selama 15 menit sepertinya belum bisa menjadi patokan matang untuk manda. Saya masih senang mencium wanginya roti yang dipanggang dan melihat warna kecoklatan jika hampir matang. Oiya, salah satu cara melihat apakah bagian dalam roti bundar isi coklat itu sudah matang atau belum, adalah dengan menusuknya dengan tusuk gigi. Jika ada bagian yang menempel berarti belum matang.

kue kering
Cantiknya Si Roti Manis

Cantiknyaaaaa... seneng banget kalau resep yang diujikan di dapur manda sukses cantik begitu keluar dari oven. Belum mencicipi rasanya sudah senang duluan dan pastinya pamer-pamer yippiiee ke panda. Penasaran bagian dalamnya ya?

isian
Roti Manis Isi Coklat dan Sosis

Setelah mencoba dua roti manis dengan isian coklat dan sosis, sepertinya sudah layak membuat yang model tali temali dengan isian yang dimodifikasi. Mari kita siapkan tempat yang lebih besar untuk membuatnya.

loyang
Persiapan Alat

Setelah mempersiapkan alat yang lebih luas, tak lupa juga menyiapkan beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat isian dari roti manis, diantaranya :
  1. Meses coklat
  2. Sosis
  3. Rolade matang
  4. Keju
  5. Saus sambal
  6. Selai *sesuai selera

varian roti manis
Varian Isi Roti Manis

Adonan roti manis ini menyerupai adonan pizza *menurut panda* makanya salah satu variannya dibuatlah ada sambalnya, eh ternyata rasanya beneran mirip pizza lho.. Varian yang manda buat di antaranya : rolade keju, keju coklat, dan rolade pedas.

panggangan
Ditata Diloyang Siap Panggang

Nah, adonan sudah ditata dan siap dipanggang.

TOKOPEDIA
Roti Manis yang Dipanggang

Roti Manis

Selamat mencoba dan menikmati roti manis buatan sendiri yaa...

6 comments:

  1. resep makanannya boleh di coba juga tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mbaa alya.. ditunggu hasilnya yaa...

      Delete
  2. manda.. saya punyanya oven tangkring.. kan ada pengukur suhunya.. jadi tau itu udah 200 derajat gimana caranya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak papa mba pipit, ovennya nangkring dulu di atas kompor, setelah panas baru adonannya dimasukkan. Nah lalu dilihat dari luar apakah warnanya sudah coklat atau belum.. saya pakai oven listrik juga masih manual nambahin waktunya dan ngecek warna dan tusuk.. selamat mencoba yaa.. *_*

      Delete
  3. Replies
    1. buntik ayaaa, wajib ni cobain yaaa... cemilan dua jagoannya.. *_*

      Delete

matched content: