Wednesday, September 16, 2015

Aneka resep frozen yoghurt mudah dan praktis tanpa mesin



Segar, asem, manis, lembut dan langsung meleleh di mulut, itulah frozen yoghurt atau es krim yoghurt. Sajian pas ketika cuaca panas. Cara membuatnya mudah dan tanpa menggunakan mesin seperti yang tersiar dalam video di atas. Frozen Yoghurt enak disantap dengan berbagai macam topping sesuai selera. ada puluhan topping yang bisa ditabur di atas froyo, salah satunya choco oat.

naraya choco oat
choco oat
Choco oat bisa dicemil untuk pengganjal perut. Bisa juga untuk sajian sarapan yang kilat. Tinggal dituang dengan susu hangat jadilah susu sereal. choco oat ini juga bisa dimakan dengan yoghurt. Atau bisa juga disajikan sebagai taburan es krim yoghurt atau frozen yoghurt yang sering disingkat menjadi froyo atau frogut.

Enak, renyah dan wangi vanilla, kesan pertama kami ketika menimati choco oat. Kalau makan gak bisa cuman sebungkus, pasti ketagihan terus. Pertama kenal choco oat ini sebagai oleh-oleh dari teman pas dia berkunjung ke Jerman. Makanya pas pulang kemarin niat banget mau bawa ini ke Jerman.

Ketika silaturahmi dengan keluarga lebaran kemarin, Mila (ipar), kasih suguhan choco oat ini. Tanya beli dimana ternyata dari riau. Halah jauh banget yah? Beberapa hari kemudian ketemu lagi dengan Mila, awalnya mau nitip eh malah dikasih hadiah choco oat tuk kami. Senangnya dapat dua jubel choco oat untuk ke Jerman dan sekotak pie durian tuk disantap rame-rame. Horee..… makasih Mila.

Belakangan browsing di tokopedia. Eh ternyata choco oat juga bisa dibeli online. Aigoo.. baru tahu. Choco oat bisa dihancurkan dan kemudian ditabur bersama yoghurt atau dibuat sandwich frozen yoghurt. Masukan yoghurt di antara dua buah choco oat, bisa juga disantap bersama irisan buah-buahan kalau suka. Enaaak, ada rasa seger dari buahnya, ada lembutnya dari yoghurtnya dan ada kriuknya dari choco oat.

resep membuat es krim yoghurt mudah
es krim yoghurt dan choco oat

Simple, mudah dan praktis, membuat frozen yoghurt  dan tentunya rasanya enak. Apalagi kalau pakai yoghurt yang sudah jadi. Maksudnya yoghurt yang sudah diberi rasa seperti rasa buah-buahan, vanilla, dll dan biasanya sudah diberi pemanis, jadi rasa yoghurtnya tidak terlalu asam. Tinggal campur sesuka hati, bekukan dan nikmati.


choco oat dan yoghurt

Kalau menggunakan plain yoghurt tambahkan gula atau madu, juga potongan buah-buahan segar seperti strawberi atau blueberi atau buah kesukaan lainnya yang sebelumnya sudah dibekukan. Kemudian blender, aduk hingga rata dan bekukan. Semakin banyak buah, semakin terasa rasa buahnya. Tapi kalau menurut percobaan, kalau buahnya banyak lebih berasa seperti sorbet. Es krim buah-buahan dan rasa yoghurt yang creamy dan milky jadi tenggelam. Meski ketika dibekukan konsistensinya tidak mengeras seperti batu.

Dalam resep ini saya hanya menggunakan sedikit buah. Tapi kalau suka lebih banyak juga silahkan ditambah. Resep ini bisa dimodifikasi sesuai selera, tidak ada takaran yang pas sebetulnya, hanya sebagai gambaran saja. Lebih enak memang froyo yang original dan jadikan buah-buahan sebagai toppingnya. Jadi rasa yoghurtnya tetap asli tapi tetap menikmati rasa buahnya.

Supaya yoghurt tidak keras seperti es batu ketika dibekukan ada tekniknya. Kalau dibekukan begitu saja bakalan gak bisa dikeruk,  kayak es mambo jadinya.

Cara membekukan yoghurt supaya teksturnya lembut seperti es cream tentunya dengan membuatnya di mesin pembuat es krim. Tinggal masukan yoghurt ke dalam mesin dan ikuti petunjuk penggunaannya, jadilah froyo. Tapi karena saya tidak punya mesin pembuat es krim, jadi diakalin aja yah pakai mixer. Kalau gak punya mixer, bisa dikocok pakai tangan ketika yoghurtnyanya setengah beku. Tak ada rotan, akar pun jadi. Yang penting ada kemauan.


Resep es krim yoghurt atau Frozen yoghurt


resep frozen yoghurt original
creamy frozen yoghurt

Froyo original


  • 1 cup atau 150 gr plain yoghurt
  • 2 sdm gula (bisa diganti madu, gula cair, dsb)
  • 1 sdt air perasan lemon


resep frozen yoghurt bluberry
Blueberry frozen yoghurt

Frozen yoghurt rasa blueberry


  • 1 cup atau 150 gr yoghurt plain
  • 1/2 cup atau 50 gr blueberries beku (bisa diganti dengan buah-buahan kesukaan seperti manga, strawberi, melon, kiwi atau apapun tapi dibekukan terlebih dahulu sebelum diblender)
  • 2 sdm gula atau madu (bisa ditambah atau dikurangi tergantung rasa asam manis buahnya).
  • 1 sdt air jeruk lemon (optional)


Sebenarnya tidak ada resep yang pas, semua tergantung kesukaan bisa dimodifikasi. Kadang saya menambahkan whipcream supaya rasanya lebih creamy. Yoghurtnya bisa menggunakan yoghurt yang siap saji, yang sudah diberi rasa (bukan plain yoghurt). Seperti dalam video saya juga pakai yoghurt yang sudah ada rasanya. Cara buatnya tinggal mengikuti proses pembekuan saja. 

resep es krim yoghurt tanpa mesin dengan aneka taburan
aneka topping frozen yoghurt

Topping atau taburan


  • Potongan buah segar
  • Choco oat
  • Whip cream
  • Daun mint untuk hiasan
  • Atau topping lainnya kesukaan.


Cara membuat Froyo praktis tanpa mesin:


Prosesnya seperti terlihat dalam video di atas.
Masukan semua bahan, kemudian campur dan aduk hingga rata. Untuk yang ada buahnya diblender hingga halus.

Jumlah buahnya bisa dilebihkan tergantung selera, karena saya ingin supaya warna ungunya muncul jadi blueberinya sedikit saja. Saya juga gak tambah air lemon disini supaya warnanya tidak berubah jadi agak gelap dan kemerahan. tapi tentunya kalau buahnya banyak maka blueberinya lebih berasa dan teksturnya akan lebih creamy, bahkan bisa langsung dinikmati sebagai es krim. Saya serahkan keselera masing-masing.

Cara pembekuannya, Yoghurt dimixer berulang kali dalam jeda waktu 30 menit hingga 1 jam selama kurang lebih 4 jam (tergantung dinginnya freezer). Jadi setiap 1 jam, yoghurt dikeluarkan dari freezer, kemudian di mixer hingga tercampur rata dan dimasukan lagi ke freezer, lakukan hingga 3-4 kali sampai tekstur yoghurt creamy lembut seperti es krim.

Kalau pakai tangan, yoghurt yang setengah beku dikeluarkan dan dikocok dengan bantuan sendok, supaya potongan es yang keras jadi hancur. Aduk rata, kemudian masukan lagi ke freezer. Lakukan berulang kali hingga tekstur esnya creamy lembut seperti es krim dan mudah untuk di colek.

Untuk membuat es loli yoghurt mini, saya gunakan yoghurt rasa cherry yang sudah jadi. caranya tinggal memasukan yoghurt ke dalam cetakan es (cetakan es batu yang saya beli dari ikea), masukan potongan buah-buahan, potongan choco oat atau taburi dengan choco oat dan beri tusuk gigi, kemudian bekukan. Bisa digunakan sebagai hiasan untuk topping es krim. Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Buat yoghurtnya memang mudah, tapi mendokumentasikannya yang penuh tantangan. Berhubung objeknya es yang rentan berubah bentuk, apalagi es krim yoghurt, cepat sekali cairnya. Jadi kalau udah siap jreng harus cepat-cepat fotonya. Tapi jujur aja saya gak bisa foto cuman sekali jreng. Akhirnya sampai perlu berkali-kali buat sajiannya biar tetap cantik. Setelah pemotretan selesai, udah gak bisa makan yoghurt lagi, kekenyangan gara-gara ngabisin sisa-sisa yang sayang dibuang hehehe.

2 comments:

matched content: