Tuesday, September 8, 2015

Resep Katetong alias Lidah Kucing Yang Enak

Kenapa sih kue kering ini dinamakan lidah kucing? Pertanyaan yang saya ajukan kepada NY. Liem saat saya mengikuti kursus kue kering dulu selepas lulus SMA. Jawabannya tetap tak memuaskan, karena di jawab dengan banyak candaan. Coba liat bentuknya, lidahnya kucing khan kecil, kenapa kue ini lebih besar, lidahnya kucing khan sepertinya elastis tidak keras seperti kuenya, lidahnya kucing ujungnya lancip, kuenya tidak juga, jadi apa miripnya? Karena tidak menemukan jawabannya, akhirnya saya pasrah juga dengan nama kue ini, LIDAH KUCING.  

Saya membuat kue ini untuk memanfaatkan putih telur yang banyak sisa membuat nastar, putri salju, sagu keju dan kue-kue khas lebaran lainnya. Selain mudah, ada cucu-cucunya mama yang selalu menanyakan kue ini di saat berkunjung lebaran. Saya buat bermacam rasa, bisa lidah kucing rainbow, lidah kucing coklat, lidah kucing mocca, lidah kucing green tea, pokoknya suka-suka dan disesuaikan dengan bahan-bahan yang ada saja.

Biasanya saya membuat kue ini, berdasarkan resep NY.Liem dulu, selain sudah pas rasanya pun enak, hanya beberapa obat-obatan kimianya saja saya hilangkan. Tapi terkadang saya juga membuat berdasarkan resep dari NCC. Silahkan di coba dua-duanya supaya bisa di pilih mana resep yang pas untuk keluarga tercinta. Untuk membuat lidah kucing ini sama besar dan tebal tipisnya sama serta tidak berdempet saat di panggang, saya menggunakan loyang khusus lidah kucing yang saya beli di toko loyang, jadi lebih mudah membuatnya dan hasilnya pun lebih cantik karena besarnya sama dan pemanggangan rata. 


Resep Katetong alias lidah kucing ala NY.LIEM
Bahan :
200 gram mentega atau margarin
100 gram butter atau wysman
175 gram gula halus
300 gram tepung terigu
2 butir kuning telur
100 gram putih telur
¼ sendok teh garam
¼ sendok teh vanilli


lidah kucing dalam loyang khusus

Cara Membuatnya :
1.     Kocok putih telur hingga berbusa dan kaku, sisihkan.
2.    Di wadah yang lain, kocok mentega, butter, gula halus, garam dan vanilli menggunakan mixer sampai putih dan gulanya larut.
3.    Kemudian masukan terigu, aduk searah menggunakan spatula, bergantian dengan putih telur yang sudah di kocok tadi. Setelah tercampur rata, siapkan spuit.
4.    Masukan adonan kedalam kertas atau plastik segitiga, adonan siap di spuit di atas loyang khusus lidah kucing.
5.    Loyangnya tidak perlu di poles mentega, atur jarak kue karena kue akan melebar.
6.    Panggang adonan suhu 180 derajat hingga matang.


Atau bisa juga menggunakan resep dari ncc, ini sama enaknya juga. Saya tulis disini supaya tidak hilang dan mencarinya mudah.
Lidah kucing NCC
Bahan :
250 gram Mentega
75 cc putih telur
140 grama gula halus
150 gram keju cheddar parut
225 gram tepung terigu
60 gram maizena
Keju parut untuk taburan jika suka
Cara Membuatnya :
1.     Kocok mentega dan gula hingga mengembang dan gula larut. Masukan putih telur, kocok hingga rata.
2.    Masukan tepung terigu dan maizena, kecilkan volume mixer, kocok perlahan hingga rata benar. Masukan kedalam piping bag atau plastik segitiga siap pakai. Gunting ujungnya dan spuit di atas loyang khusus lidah kucing.
3.    Taburi atasnya dengan keju.
4.    Panggang hingga matang dan sedikit kecoklatan di sisinya. Suhunya kira-kira 150 derajat celcius selama 20 menit.




No comments:

Post a Comment

matched content: