Tuesday, September 22, 2015

Tips Antri Pesan Makanan Khas Jogja : Bakmi Jawa dan Gudeg

Menikmati kuliner di Jogjakarta sepertinya paling nyaman adalah saat hari kerja (baca : bukan hari libur). Antrian di tempat-tempat makan yang favorit di Jogja mendadak tidak bersahabat ketika musim liburan tiba. Tentunya tahu ya, kuliner Jogjakarta itu macam dan ragamnya banyak sekali. Mulai dari gudeg yang terpopuler, sampai kopi jos dan angkringan yang fenomenal. Apapun jenis makanannya, buat saya sendiri yang asli Jogja tetap saja enak dan ngangenin. 

Bagaimana tips mengantri pesan makanan?


Kalau domisili di Jogja, nggak masalah mau makan pas hari kerja atau pas selain liburan. Lha kalau yang memang sempat ke Jogjanya pas liburan aja trus gimana?

Baiklah, yuk simak tips kami memesan makanan di dalam antrian.

Bakmi Jawa

Salah satu kuliner asli Jogja yang endesss banget rasanya adalah bakmi Jawa. Entah kenapa jadi fenomenal namanya bakmi Jawa, bukannya di Jakarta atau lain kota juga ada yang bisa memasak bakmi model begini? hehehehehe. Namanya juga khasnyaYogyakarta, dibacanya : bakmi jowo.


Antrian membeli bakmi Jawa sungguh aduhai, apalagi di Jogja sendiri bakmi Jawa yang jadi favorit kami juga terbatas jumlahnya *bisa jadi karena kurang piknik* Bakmi Jawa yang terkenal namanya adalah bakmi Kadin, bakmi pele, bakmi Agatha, bakmi Terban, dan bakmi Mbah Mo. Jenis bakmi yang dijual di tempat-tempat favorit kami di Jogja itu hampir sama, yaitu: bakmi rebus dan bakmi goreng. Tapi buat manda selalu aja istimewa dan unik kalau pesan bakmi Jawa, siapa tahu ada yang ngikutin pesan bakmi Jawa ala manda ya..
  • bihun nyemek balungan
  • bihun goreng uritan
  • mie campur nyemek telur utuh
  • mie campur nyemek balungan
  • mie campur goreng rempelo ati
Nah, itu dia pesanan yang menjadi favorit kami, bagi yang butuh diterjemahkan : balungan (tulang), uritan (telur yang masih di badan ayam), dan nyemek (berkuah).

Mie Campur Nyemek

Lalu, bagaimana jurus jitu memesan 1 porsi bakmi Jawa?
  1. Dekati penjualnya.
  2. Tanyakan antrian berikutnya masak apa?
  3. Minta selipin 1 porsi sekalian masaknya.
Nah, tipsnya ada di "manut", jadi kita nimbrung di pesanan orang biar dimasak 2 porsi sekalian sama bapaknya. Mudah kan?

Kuliner yang butuh antri selain "bakmi Jawa" adalah "Gudeg Basah". Wah, gudeg basah itu sama dengan gudeg tidak ya? Sebentar saya jawab yaa.. Gudeg identik dengan makanan khas Jogja yang rasanya manis. Berbahan dasar buah gori yang berwarna merah yang dimasak dengan bumbu dan santan kelapa sampai tanek, lalu didiamkan agar warnanya semakin memerah cantik. Bagi kami orang Jogja, gudeg basah biasanya dijual di pagi hari, ada kuah areh dan sambal goreng tempe krecek yang juga berair, makanya kita sebut dengan gudeg basah. Tentunya sudah tahu ya gudeg kering berarti gudeg yang ubo rampenya dibuat kering agar lebih tahan lama.

Gudeg Basah

Lain halnya kalau gudeg basah ya, cara antrinya nggak bisa nimbrung ke pesanan orang, hahahaha. Kalau tips antri pesan gudeg basah dimana banyak ibu-ibu yang mengantri, tipsnya : SABAR. Karena kadang-kadang ibu-ibu kalau antri suka nggak sabar, hehehehe *nunjuk muka sendiri*

Kalau sudah masuk antrian beli gudeg, perlu ditanyakan "urutan antrinya siapa dulu", kalimat tanya yang mujarab untuk mendapatkan antrian yang adil membeli gudeg.

Nah, kembali ke kuliner Jogja gudeg basah. Tempat-tempat yang recommend kalau pagi hari di Jogja adalah gudeg basah Malioboro (depan Astra selatan Malioboro Mall), selain itu ada gudeg basah jalan Gejayan, dan gudeg basah Condong Catur. Kalau malam hari, gudeg basah bisa dijumpai di Sagan (sebelah selatan pom bensin Sagan), gudeg permata (buka jam 11 malam), gudeg Sri Rahayu di Seturan dan gudeg Sedep Raos di jalan Gejayan.

Apa istimewanya gudeg basah? Menyediakan jenang (baca : bubur)


Sudah tahu ya, istimewanya gudeg basah ada bubur yang dipadu padan dengan areh dan gudegnya, rasanya enaaakk pake bangettt.. Gudeg basah lengkap biasanya menjual bubur, telur - ayam - tahu - tempe berkuah gurih, sambal goreng tempe dan krecek, gudeg, daun singkong, dan kadang ada singkong yang dimasak gurih enak.

Serunya menikmati kuliner khas Jogja dalam hangatnya suasana Jogja..

 

4 comments:

  1. Suka bakmi jawa depan Hotel Saphir, yg mau belok ke Demangan ya itu Mak kalo ga salah. Eh Saphir skrg masih ada ga ya?

    ReplyDelete

matched content: