Saturday, December 19, 2015

Resep Es Cendol Durian

resep es cendol durian
es cendol rasa durian
Berikut ini adalah resep dan cara membuat es cendol rasa durian. Cendolnya terbuat dari perpaduan tepung beras dan hunkwue, disajikan dengan kuah santan yang gurih dan disiram sirup gula merah yang manis dan wangi. Selain itu bisa diberi durian beku dan ditambah bahan lainnya sesuai selera.


Namanya kepingin gak bisa ditebak kapan munculnya yah. Ini juga tiba-tiba aja pingin makan es cendol durian. Padahal di luar cuacanya lagi dingin. Lihat freezer kebetulan masih ada sebiji lagi durian beku. Dengar juga dari teman kalau di beberapa daerah di Indonesia sudah mulai musim durian. Tapi karena masih musim hujan jadi ada pohon yang rasa duriannya tidak manis, katanya. Enaknya durian seperti ini di buat es cendol aja kali yah. Aromanya ada, dan manisnya bisa dari sirup cendolnya.

Durian termasuk buah musiman yang tidak selalu ada setiap saat. Ketika musim durian, biasanya jumlah durian sangat membludak. Namun sekarang sudah banyak durian yang dibekukan, sebagai salah satu cara menyimpan durian. Dengan menyimpannya dalam lemari pendingin bisa membuat durian lumayan awet. Jadi harumnya durian bisa dinikmati kapan pun.

Cara membekukan durian sangat mudah. Bijinya bisa dipisahkan terlebih dahulu, atau bisa juga tidak. Kemudian di bungkus plastik (kalau bisa di double plastiknya) atau bisa juga disimpan dalam wadah kedap udara. Daging durian bisa juga dicetak dalam cetakan es. kemudian simpan dalam freezer yang suhunya minus (biasanya -18°C). Di jamin tahan lama setidaknya optimal selama 6 bulan dan wangi durian tidak akan hilang. ada juga yang menjual durian beku secara online. Wah hebat yah, ngirimnya harus super duper cepat. Kalau teman-teman ingin membeli durian beku bisa klik linknya disini: Durian beku.

Rata-rata daging durian yang di jual di eropa, asalnya dari Thailand. Kadang satu buah durian beserta kulitnya itu dibekukan.

Salah satu bahan cendol kali ini selain durian adalah hunkwue atau hunkue, atau tepung kacang hijau. Hunkwe yang di jual di supermarket asia biasanya buatan Cicurug-Sukabumi (Jawa Barat). Saya temukan beberapa kali di supermarket asia di Jerman, paling sering di Belanda. Hebat deh semoga produk Indonesia semakin terkenal di dunia.

Cuman dari dulu, petunjuk penggunaan hunkwe belum berubah juga ya? Disitu di tulis seperti cara membuat ongol-ongol. Woalah... saya gak tahu cara membuat ongol-ongol… hehehe…


segarnya es cendol durian
segarnya es cendol durian

Resep es cendol durian

Untuk 8-10 porsi:

Bahan-bahan untuk cendol:
60 gr tepung hunkwe atau tepung kacang hijau
40 gr atau sekitar 5 sdm tepung beras
½ sdt pasta pandan
½ sdt garam
2 sdt air rendaman kapur sirih
800 ml air
Air es (dr air matang atau air mineral) secukupnya
es batu secukupnya

Bahan untuk sirup gula merah:
150 gr gula jawa/merah, disisir/iris
100 gr gula pasir, saya pakai brown sugar
¼ sdt garam
2 lembar daun pandan, disimpul
400 ml air
½ sdt pasta durian atau bisa juga pakai pasta nangka

Bahan untuk kuah santan:
250 ml santan kental (saya pakai santan instant)
½ sdt garam
2 lembar daun pandan, disimpul
150 ml air (tergantung kekentalan santannya)

Topping, pilih sesuai selera:
Es serut
Daging durian beku/segar
Nangka, diiris-iris
Es krim durian atau vanilla

Video cara membuat es cendol durian:

Silahkan klik gambar di atas untuk memainkan videonya.

Deskripsi langkah cara membuat es cendol durian:


  • Masukan tepung hunkwue, tepung beras, garam, pasta pandan, air kapur sirih ke dalam sebuah wadah. Tambahkan air sedikit demi sedikit sekitar 800 ml atau kurang lebih 3-4 gelas air. Aduk hingga rata.
  • Masak di atas api sedang, hingga mengental dan meletup.
  • Siapkan wadah/baskom yang sudah diisi air es dan es batu. Siapkan cetakan atau saringan es cendol di atasnya.
  • Ketika adonan sudah matang dan masih panas masukan ke dalam saringan/cetakan cendol. Biarkan cendol keluar lewat saringan dan jatuh ke air es (lihat video untuk lebih jelasnya).
  • Untuk membuat sirup gula merah, masukan semua bahan, kecuali pasta durian, ke dalam panci, masak hingga semua larut dan mendidih, serta aroma pandannya tercium. Kemudian angkat dan beri pasta durian, aduk rata, dinginkan.
  • Buat kuah santan dengan cara memasak semua bahan dengan api sedang. aduk hingga mendidih dan keluar aroma pandannya. Kemudian angkat dan dinginkan.
  • Untuk menyajikannya, ambil gelas, mangkuk atau wadah, masukan cendol, beri sirup gula merah dan santan sesuai selera, kemudian tambahkan juga topping yang disukai. Saya pakai es dan durian beku. Rasanya enak dan segar. Bisa juga disajikan ala-ala mangkuk manis.


Senangnya bisa mengobati rasa kangen jajanan di tanah air dengan membuat sendiri cendol durian, dan rasanya bisa menyaingi lah hehehe…

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.  

No comments:

Post a Comment

matched content: