Thursday, December 10, 2015

Resep Tahu Bumbu

tahu bumbu cobek
Tahu Bumbu
Ini salah satu soulfood sekaligus makanan yang membuat saya terkenang akan masa kecil. membuat saya terkenang akan kedua orang. Terutama mama dan masakannya. 

Tanpa saya sadari sebelumnya, lewat hasil karya kulinernya, mama mempengaruhi selera saya terhadap makanan. Itu karena sejak kecil saya dibiasakan makan di rumah. Jajan atau makan di luar adalah momen yang jarang. Paling sebulan sekali. Mama saya lebih suka memasak sendiri di rumah.


Mama saya memang agak ribet dalam hal masak memasak. Menurut saya, sih. Kalau masak sesuatu semua bahannya kudu lengkap dan step-stepnya pun harus benar. Tidak seperti saya yang suka skip bahan seenaknya. Juga suka modifikasi step-stepnya agar lebih ringkas. hehehe. Emak pemalas, gak perlu ditiru, ya!

Akan tetapi, ada juga beberapa resep dari mama ynag menurut saya praktis bin sederhana. Seperti tahu bumbu ini. Mama sering bikin ini kalau buat makan malam. Kalau masakan sudah habis di siang hari, selain nasi goreng, ya bikin tahu bumbu.

Tahu bumbu mama saya sebenarnya adalah tahu goreng yang dibumbui kacang plus petis. Kalau asli bikinan mama, pakai telur rebus. Karena anggota keluarga di rumah saya sekarang tidak terlalu suka telur rebus, maka telurnya saya dadar saja.

Setelah saya tinggal di Surabaya, kalau sedang kangen tahu bumbu, saya beli saja Tahu Tek. Tahu Tek adalah jajanan yang lumrah di Surabaya. Penjualnya menggunakan rombong. Untuk menarik perhatian pembeli mereka memukul stil ke wajan. Hingga keluar bunyi tek tek tek tek tek. Sehingga disebut dengan tahu tek.

Ada pula yang bilang, tek tek tek itu adalah bunyi yang timbul ketika penjualnya tahu memotong tahu goreng. Saking semangatnya menggunting sambil keluar suara tek tek tek.

Anggota keluarga saya adalah penyuka bumbu kacang. Semua makanan yang dihidangkan dengan saus bumbu kacang mereka suka. Pecel, gado-gado, siomay, dan tentu saja tahu tek. Membuatnya tidak ribet. Bahannya mudah didapatkan. Saya selalu sedia bumbu pecel di rumah. Kalau malas masak, tinggal disiram air panas, siap deh jadi saus tahu, tempe goreng atau telur mata sapi.


Resep Tahu Bumbu

Bahan:
- Satu potong tahu ukuran besar. Saya biasa pakai tahu ukuran 400 gr. Potong-potong sesuai selera.
- 2 - 3 butir telur. Dibumbu garam, merica, dan irisan daun bawang. Kocok. Kalau tidak suka telur dadar, telurnya bisa direbus.
- Tauge segenggam, siram dengan air panas. Kalau mau lebih banyak atau sedikit, silakan. Selain tauge, bisa juga sayurnya diganti kubis, dipotong lalu direbus hingga matang.
- Kacang tanah goreng. Saya pakainya yang sudah digoreng. Sekali bikin, kacang tanahnya sekitar 150 hingga 200 gram.

Bumbu:
- 3 siung bawang putih
- 3 cabe rawit pedas, atau sesuai selera
- Petis, 1 sdt
- Kecap manis, kira-kira satu sendok makan
- Gula merah/gula pasir jika suka

Proses Pembuatan:
1. Tahu digoreng sampai matang.
2. Telur kocok dibikin telur dadar.
3. Bawang putih dan cabe rawit digoreng sebentar.
4. Kacang tanah goreng diulek bersama bawang putih dan cabe yang sudah digoreng. Ulek sampai lumayan halus. Tambahkan air putih sedikit demi sedikit. Tambahkan gula jika suka.
5. Tambahkan petis dan kecap manis. Sambil terus diulek hingga rata.
6. Cara menyajikan: tahu goreng dipotong-potong. Demikian juga dengan telur dadar. Tata di dalam wadah. Atau bisa bisa mencampur potongan tahu, telur dadar, serta tauge di dalam cobek bersama bumbu kacang.

Selamat menikmati!




3 comments:

matched content: