Thursday, October 29, 2015

Jalan-Jalan Sore dan Kuliner Malam di Kota Semarang


Setelah sebelumnya bercerita tentang Lawang Sewu, Mie Kopyok dan Es Pankuk, sampai ke klenteng Sam Poo Kong di sini, mari kita lanjutkan cerita kita menghabiskan hari di kota Semarang. Setelah dari klenteng Sam Poo Kong, kita menuju ke kota lama di Semarang. Kota Lama Semarang adalah suatu kawasan di Semarang yang menjadi pusat perdagangan pada abad 19-20. Bangunan peninggalan Belanda yang menjadi spot unik fotografi. Bertepatan dengan sore ini, di gereja Blenduk ini menjadi tempat pemotretan pre-wedding, sehingga kami menyempatkan berjalan-jalan di sekitar untuk menunggu waktu bisa mengambil spot foto dari taman di samping Gereja Blenduk tersebut. Di malam hari, kota lama Semarang juga menawarkan kuliner yang beragam dalam satu kawasan. Gereja Blenduk hanyalah salah satu dari banyak bangunan yang layak diujicoba untuk uji nyali pemotretan.

Masjid Agung Jawa Tengah

Wednesday, October 28, 2015

Jalan-Jalan dan Kuliner Siang di Kota Semarang

Sebuah pertemanan tidaklah terbatas oleh sebuah kota, sebuah negara, bahkan sebuah benua. Teman adalah sebuah hubungan yang di jaman sekarang sudah sangat mudah menjangkau jarak melalui gadget dan social media. Bertemu dan berteman, biasanya karena kita menemukan hal-hal yang sama-sama menjadi ketertarikan. Seperti suatu hari di kota Semarang, kami dari banyak kota bertemu di kota Semarang untuk menjajal kuliner dan wisata seharian (baca : kopdar = kopi darat) bersama blogger Semarang, blogger Jakarta, blogger Batam, blogger Malang dan saya sendiri blogger Jogja. Kota yang dipilih adalah kota Semarang yang menjadi ibukota provinsi Jawa Tengah.

Kopeng

Perjalanan dari Yogyakarta kurang lebih memakan waktu 3-4 jam melewati jalur darat Kopeng, perbatasan Salatiga dan Bawen. Alhamdulillah yang tidak terbeli dari jalan-jalan adalah melihat warna-warni ciptaanNya. Pemandangan yang tidak dijumpai di rutinitas kita sehari-hari, hanya bisa memandang dari layar monitor ketika surfing. Jalur darat Jogja-Semarang yang kini apik dan lebih cepat melalui jalan tol dari Bawen memudahkan akses menuju kota Semarang, kota tujuan kumpul blogger kali ini.

Tuesday, October 27, 2015

Bekal Bento di Damyang

Damyang di juluki sebagai kota bambu yang berada di korea selatan. Dijuluki kota bambu karena memang seluruh kawasan ini dahulunya di penuhi oleh pohon bambu. Saat ini pun hutan-hutan bambu masih banyak, hanya di beberapa tempat saja yang penataannya di atur oleh pemerintah setempat, juga hal-hal yang berkaitan dengan bambu lebih lengkap. Pemerintahnya sangatlah menjunjung tinggi warisan budaya, pun tak menolak datangnya penemuan baru yang lebih modern. Hebatnya, pemerintah setempat bisa menjembatani keduanya, jadi kita masih bisa merasakan sisi warisan terdahulu dan penemuan modern. Kota Damyang terletak di provinsi Jeollanam. 

salah satu hutan bambu di damyang
Membutuhkan waktu sekitar 45 menit menuju Damyang dari kota Gwangju tempat kami menginap menggunakan bus. Kami menginap di Gwangju karena di Damyang hanya ada 1 hotel dan itu sudah sangat penuh.

Bibimbap di stasiun DongSeoul

Perjalanan dari seoul ke damyang, kota yang menyelenggarakan World Bamboo congress akan kami tempuh selama 5 jam menggunakan bus, terbayang capeknya duduk selama itu. Kami menggunakan bus antar kota dari terminal DongSeoul di Seoul menuju Gwangju. Harga tiketnya lumayan, sepadan dengan Fasilitasnya.

tiket bus
Waktu keberangkatan bus masih 1 jam, masih sempat makan siang di terminal DongSeoul, kami berkeliling mencari makanan halal yang bisa kami makan untuk persiapan perjalanan panjang. Mengeluarkan kertas ajaib tulisan korea, setelah keluar masuk resto, akhirnya ada satu restoran yang menawarkan makanan yang bisa kami makan, terletak di lantai 3. Terlihat deretan kursi di penuhi pelanggan yang sedang makan. Ini tulisan ajaib yang di tulis Mr. Kim pengelola Hostel.
tulisan yg menyatakan kami hanya makan ikan, telur dan sayuran

Sunday, October 25, 2015

Resep sederhana pengganti gochujang (revisi resep)

Resep pengganti gochujang simpel praktis dan enak
Resep pengganti gochujang

Gochujang merupakan salah satu bahan dasar makanan korea yang penting, berupa pasta cabe lezat berwarna merah tua. Pasta ini memberikan rasa pedas sedikit manis, dan beraroma khas untuk setiap hidangan asli negeri ginseng ini. Gochujang adalah signature masakan korea, biasa digunakan untuk membuat tteokbukki, bibimbap, sup, campuran saus sambal, dan masih banyak lagi hidangan. Namun untuk teman-teman di Indonesia gochujang bukan hal yang mudah diperoleh. Untuk mengatasi hal tersebut, saya bereksperimen supaya bisa membuat saus pengganti yang rasanya mirip Gochujang. Ingin tahu bagaimana saya bereksperimen? Yuk baca postingan berikut ini.

Thursday, October 22, 2015

Resep dan cara membuat Tteok


cara membuat tteok dari beras
Berikut resep, tips dan cara membuat tteok. Apa itu? Tteok, ddeok atau dduk, adalah panganan khas korea yang terbuat dari tepung beras, dikukus dan ditumbuk hingga kalis kemudian dibentuk sedemikian rupa. Jika bentuknya silinder dimasak untuk tteobukki. Jika dipotong-potong tipis diagonal untuk tteok guk (semacam sup).

Tuesday, October 20, 2015

Semarak dunia kuliner Indonesia di Frankfurt Book Fair 2015


Senang sekaligus bangga Indonesia menjadi tamu kehormatan di pameran bergengsi Frankfurt Buchmesse atau Frankfurt Book Fair 2015. Pameran ini dihadiri oleh banyak orang ternama, dari penulis, seniman, koki, dan lainnya, serta penuh dengan berbagai jenis acara yang wow banget.

Monday, October 19, 2015

Tips membersihkan wajan cetakan kue tradisional

Jika membeli cetakan kue tradisional tertentu yang terbuat dari besi, baja, alumunium atau sejenisnya, seperti wajan martabak, cetakan kue lumpur, kue cubit, cetakan bandros atau pukis, dll, sebelum dipakai ada tahap yang musti dilakukan untuk membersihkan cetakan, supaya kuenya tidak gagal. Yuk simak tipsnya supaya bisa buat kuenya aman dan tetap lezat.

Tuesday, October 13, 2015

Cerita Negeri Impian Bagian 2

Masih melanjutkan cerita sebelumnya, setelah semalam mengagumi karya Zaha Hadid yang spektakuler, badan rasanya remuk redam karena belum sempat istirahat. Pagi ini masih ada waktu bermalas-malasan karena di korea, toko-toko dan objek wisata baru buka jam 10 pagi. Jadi bisa pergi dari guest house pukul 9 pagi.

 Objek pertama yang akan di kunjungi EWHA Women University. Masih pagi jadi udara belum panas, sepanjang jalan menuju EWHA banyak pedagang kaki lima yang berjualan, cafĂ©, toko kosmetik, baju dan toko-toko yang berjualan pernak pernik wanita, sayangnya mereka belum buka jadi belum bisa foto-foto.

EWHA Women University

Ternyata universitas ini salah satu tujuan wisata juga, selain landscape yang cantik, bangunan ala eropa dengan taman yang luas. Konon Katanya Raisa penyanyi membuat video klip LDR disini.

Monday, October 12, 2015

Cerita Negeri Impian Bagian 1

Perjalanan ke salah satu Negara yg lama diidamkan berasa mimpi deh…. Sampai malam sebelum keberangkatan tidak bisa tidur. Lebay sih, tapi ya begitulah, rasanya campur aduk antara di sana nanti bagaimana juga karena perjalanan 7 jam menggunakan pesawat menjadi hal yang bikin deg-degan tersendiri, saya suka bepergian tapi tidak suka naik pesawat karena takut ketinggian, dilema deh…

Perjalanan kali ini sebetulnya acara rutin yang di adakan 4 tahunan di komunitas bambu dunia. Jadi 4 tahun sebelumnya kami sudah tahu acara serupa akan di adakan di mana, acara 4 tahun lalu acara di adakan di belgia kemudian di Negara impian saya ini. Berasa putri ke negeri impian….

pendopo dan pemain alat musik korea

Tuesday, October 6, 2015

Monkey Bento: Membuat bekal kyaraben 3 Dimensi



bekal charaben bentuk monyet

Oiii… lucunya, bekal kali ini berupa si monyet lucu yang dibuat dari kepalan nasi. Cara membuatnya ternyata tidak sejelimet yang dibayangkan. Malah lebih mudah jika dibandingkan dengan bento 2 dimensi waktu itu.  Hasilnya juga tidak mengecewakan bukan?

Monday, October 5, 2015

Resep Kue Apel Streusel




Kue Apel streusel Jerman ini mudah dibuat, cara bisa diikuti seperti video di atas. Baca juga resep lengkapnya disini berikut tips-tips yang pastinya manfaat supaya buat kuenya sukses jaya.

matched content: