Tuesday, January 19, 2016

Resep Dakgalbi Ayam Bakar Pedas ala Korea

Resep cara membuat dakgalbi
Resep Dakgalbi

Sayang,punya persediaan gochujang yang cukup banyak, kalau tidak dimanfaatkan. Cari info dan test resep, akhirnya nemu lagi makanan enak yang menggunakan gochujang. Apa itu? Resep ayam bakar pedas, yang dalam bahasa Korea disebut dakgalbi, terkenal berasal dari Chuncheon, Korea Selatan.

Selain itu di bagian komentar resep bibimbap (klik di sini untuk lihat resep bibimbap), ada yang meninggalkan pesan:

resep  dan cara membuat chicken barbeque ala nami island

Pas baca, hmmm... Nami island tuh dimana yah? Hahaha…. Jujur saya sama sekali gak tahu dan ternyata setelah browsing adanya di korea selatan tepatnya terletak di daerah Chuncheon. Di daerah sini terkenal dengan hidangan ayamnya yang bernama dakgalbi. Bahkan di kota bernama chuncheon itu sendiri lebih banyak restaurant dakgalbi ketimbang orang yang tinggal disana (menurut Wikipedia). Sepertinya banyak turis yang berdatangan ke sana untuk menyantap sajian ini.

Apakah betul hidangan yang dimaksud teman yang tak mau disebut namanya itu adalah dakgalbi? Saya juga gak tahu. Sok tahu aja deh, Mohon maaf kalau bukan yang ini maksudnya ya. berhubung saya juga belum pernah kesana. Terimakasih untuk requestnya jadi dapat challenge menarik. Menarik karena belum pernah kesana sekaligus belum pernah mencoba hidangannya. Tapi banyak orang yang sangat mengidamkan kembali makanan ini. Banyak travel blog yang membahas ayam grill ala chuncheon ini dan mereka ngidam kembali. jadi tertarik banget untuk membuatnya, kalau enak kenapa tidak? Akhirnya cari-cari resep dan bereksperimen dengan bahan yang kebeneran ada di kulkas. Dan rasanya memang enak.

Dakgalbi banyak variasinya. Dakgalbi versi polosan hanya berupa ayam yang di bakar saja dan dimakan bersama hidangan pendamping lainnya. Versi yang umum di gemari adalah versi di tumis dalam sebuah wajan datar bersama ayam, sayuran (ubi, kol, wortel, lobak dll), termasuk garaetteok atau tteok yang kenyal (klik di sini untuk melihat resep garaetteok). Semua diaduk bersama dengan bumbu saus cabe dan dimakan oleh segrup orang

Versi dakgalbi yang terakhir itu saya coba buat juga, tapi rasanya mirip tteokbokki (klik di sini untuk lihat resep tteokbokki) yang rasa ikannya diganti dengan ayam. Menurut saya rasanya enak, tapi saya lebih suka tteokbokki. Jadi sekarang saya share resep yang versi polosannya saja. Ayam hanya di bacem dengan bumbu cabe kemudian dibakar/dipanggang, dimakan sebagai lauk bersama nasi dan hidangan lainnya. makan ayam sama sayuran saja dah cukup mengenyangkan (jadi mirip menu food combining).

Dalam resep ini ada beberapa bahan yang saya tambah dan saya kurangi. Diantaranya di resep asli gunakan mirin yang mengandung alkohol dan itu saya ganti dengan gula.


***************************


Resep ayam bakar pedas korea, dakgalbi


Resep dan cara membuat Dakgalbi Ayam Bakar Pedas ala Korea


Bahan-bahan:
  • 500 gr daging paha ayam 


Bahan bumbu:
  • 1 sdm bumbu pasta korea / Gochujang (klik di sini untuk lihat resep pengganti gochujang)
  • 2 sdm bubuk cabe korea / Gochugaru (bisa ditambah kalau suka lebih pedas)
  • 1, 5 sdm Kecap asin
  • 2 siung Bawang putih
  • ½ buku jari Jahe
  • ¼ buah apel
  • 1 sdm Minyak wijen
  • ½ sdt Merica hitam
  • ¼ sdm Gula pasir
  • 2 sdm Air


Bahan pendamping (opsional):


Video cara membuat Dakgalbi, Ayam Bakar Pedas ala Korea:



Silahkan klik gambar di atas untuk memainkan videonya



Deskripsi cara membuat Dakgalbi Ayam Bakar Pedas ala Korea:
  • Pisahkan paha ayam dari tulang dan kulitnya (cara memfilet daging ayam lihat video).
  • Tipiskan daging pahanya jika terlalu tebal supaya mudah menyerap bumbu dan mudah juga matangnya.
  • Setelah dicuci dan ditiriskan, campur daging paha ayam dengan ½ sdm kecap asin dan merica hitam. Aduk rata dan biarkan sesaat.
  • Sementara itu siapkan bahan-bahan untuk saus, haluskan semua bahan dan campur rata atau blender semua bahan hingga menjadi saus.
  • Aduk saus cabe bersama ayam tadi kemudian diamkan beberapa jam 3-6 jam tergantung selera.
  • Siapkan alat panggang, dan panggang di atas api sedang. Paling enak tentunya jika dibakar menggunakan arang. Tapi bisa juga dipanggang di atas wajan anti lengket biasa, atau alat grill.
  • panggang hingga matang, potong-dengan bantuan gunting jika ukurannya terlalu besar.
  • Sajikan hangat bersama hidangan pendampingnya.


Selamat mencoba. Semoga bermanfaat ^_^

4 comments:

  1. terimakasih mBak atas resep-nya, kelihatannya memang seperti ini, ayamnya waktu itu memang agak kemerahan warnanya, dan dibakarnya sama jamur dan juga ada kue berasnya.
    sekali lagi terimakasih
    wahyu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo syukurlah klo dah kelihatan mirip ya. moga menghibur rasa kangen dg suasana di nami island :) sama2 dik wahyu.

      Delete
  2. kalo gak punya bubuk cabe korea gimana ? :( bisa diganti apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pakai bubuk cabe biasa, tapi warnanya gak akan begitu merah dan rasanya jadi lebih pedas ya.

      Delete

matched content: