Monday, March 21, 2016

Cara membuat kitkat green tea sendiri

 cara membuat kitkat green tea
cute dino green tea kitkat  dan cara membuatnya. 

Postingan kali ini membahas seputar cokelat. Cara melelehkan cokelat bersama tips-tipsnya. Serta cara membuat kitkat green tea sendiri yang terkenal dari jepang. Buat sendiri gak kalah enak, yuk nyoba.



Penasaran banget dengan rasa kitkat green tea, katanya enak banget ya. Saking doyannya, keponakan tuh sedih banget ketika dibilangin kalau kitkat green tea yang dari jepang itu tidak boleh dimakan lagi karena ada zat haramnya. Biasanya mereka beli di bandung di tempat yang menjual jajanan import. Saya gak tahu percis sih di indonesia ada atau tidak. Tapi kalau mau kitkat greentea yang halal bisa cari produk kitkat dari malaysia, sudah bersertifikasi halal. Tapi sekedar inpoh kalau yang dari jepang, sayangnya tidak halal (lihat fb halal haram jepang).

Ternyata membuat kitkat green tea sendiri juga bisa, caranya mudah banget. Hanya perlu 3 bahan seperti yang disebutkan di bawah ini. Dan tahapannya ada 3 juga, melelehkan, mengaduk dan melumuri. selesai deh. Tapi berikut ini saya berikan tips-tips tambahan supaya cokelatnya tetep cantik.

how to make kitkat green tea
cara membuat kitkat green tea homemade


Resep green tea kitkat

  • 200 gr Chokelat putih yang dilelehkan 
  • 1 sdt Serbuk matcha atau green tea powder 
  • Wafer secukupnya (saya pakai rasa vanilla)


Video cara membuat kitkat green tea

Silahkan klik gambar di atas untuk memainkan videonya.


Cara melelehkan cokelat:

Cokelat yang mengandung cacao powder baiknya dilelehkan pada suhu yang tidak terlalu tinggi. Resikonya kalau cokelat terlalu panas, bisa mengeras dan teksturnya jadi aneh. Apalagi Cokelat putih punya titik leleh yang lebih rendah ketimbang cokelat hitam, jadi baiknya dilelehkan pada suhu yang tidak terlau panas. Berikut ini beberapa cara supaya cokelat bisa meleleh tanpa merusak struktur kimianya. Artinya, setelah dibiarkan maka akan mudah mengeras kembali, tidak lembek, serta permukaan cokelat menjadi mengkilap.

1. Dengan microwave oven

  • Parut semua cokelat hingga menjadi butiran kecil, bisa juga di iris dan di cincang dengan pisau. Karena kita melelehkannya pada suhu rendah, maka serpihan kecil akan lebih mudah dilelehkan ketimbang yang besar.


"Tips gunakan mangkuk plastik yang tahan microwave. Karena plastik bukan penghantar panas yang baik. Jadi cocok untuk menjaga kestabilan suhu."

  • Microwave selama 20 detik, kemudian aduk
  • Masukan lagi ke dalam microwave selama 10 detik, kemudian aduk kembali
  • Lakukan secara berulang, dengan microwave selama 10 detik dan aduk. hingga menjadi cair


2. Dengan double boiler

  • Cara setting double boiler sudah pernah diperlihatkan di video cara membuat mascarpone. Taruh panci yang di dalamnya ada air, kemudian panaskan airnya. Taruh mangkok di atas panci/Wadah yang pas untuk menutupi panci supaya tetap berada di atas panci dan usahakan dasarnya tidak menyentuh air (hanya uap air aja yang membuatnya panas).
  • Masukan cokelat yang sudah di potong kecil-kecil ke atas mangkuk, sisakan sedikit. aduk-aduk terus hingga meleleh.
  • Setelah leleh, langsung angkat.
  • Supaya suhunya tidak terlalu tinggi, masukan serpihan cokelat sisanya kemudian aduk bersama dengan cokelat yang sudah meleleh. Hal ini akan membuat molekul lemak cokelat menyambung kembali rantainya. Sehingga strukturnya tidak buyar.


"Tips: usahakan cokelat tidak kena percikan air, karena jika kena air, teksturnya akan berubah/menggumpal"

Cara melelehkan cokelat dengan suhu rendah tadi hanya berlaku untuk cokelat batangan (compund chocolate) yang mengandung cocoa buter. Kalau misalnya yang digunakan adalah chocolate candy (yang tidak mengandung cacao butter hanya lemak nabati saja), maka bisa dilelehkan seperti biasa aja. Trus bedanya apa?

Beda antara chocolate compund dengan chocolate candy paling signifikan ada di rasa, cokelat yang mengandung banyak cocoa butter lebih enak rasanya ketimbang yang cokelat candy. Kualitas cokelat salah satunya dilihat dari jumlah cocoa butternya. Semakin banyak, semakin enak dan semakin mahal pula harganya. Namun sayangnya semakin rendah titik didihnya (semakin lembek teksturnya).

Berikut ini suhu ideal untuk melelehkan chocolate yg mengandung cocoa butter:

  • Cokelat putih = 29°C atau kurang
  • Cokelat susu (milk chocolate) = 30°C atau kurang
  • Chokolat hitam (dark chocolate) = 32°C atau kurang

(sumber: Ann, HowToCookThat.net)


Cara membuat kitkat green tea:

  • Potong wafer sesuai selera. Kalau ingin green teanya lebih berasa, buka wafernya, kemudian di bagian krim vanillanya ditaburi dengan sedikit matcha(green tea powder). kemudian tutup kembali wafernya. 
  • Setelah cokelatnya meleleh (seperti terlihat video) yang perlu dilakukan hanya memberinya 1 sdt bubuk matcha (green tea) kemudian aduk hingga rata. Jumlahnya bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera. Takaran 1 sdt, menurut saya sudah pas.
  • Masukan potongan wafer ke dalam cokelat. Selimuti dengan cokelat hijau. Angkat dengan garpu sambil diketuk-ketuk supaya cokelat yang berlebih bisa turun/tidak terlalu tebal.
  • kemudian langsung taruh di atas kertas minyak, tunggu hingga mengeras kembali. Jika perlu masukan ke kulkas beberapa jam hingga mengeras. Apalagi kalau suhu ruangan cukup panas.
cara membuat matcha kitkat
cara membuat matcha kitkat green tea

  • Alternatif lain, seperti yang terlihat pada video, cokelat bisa dicetak sesuai selera. Saya gunakan cetakan cokelat dari silikon. Tapi cetakan es batu, atau wadah2 bento dari silikon yang kecil-kecil imut juga bisa dipakai.
  • Masukan cokelat ke dalam cetakan. Kemudian taruh wafernya dan tutupi lagi di atasnya dengan cokelat. Kemudian biarkan hingga mengeras kembali (kalau perlu masukan kulkas beberapa jam). Setelah itu baru dikeluarkan dari cetakan.
  • Cokelat kitkat green tea pun bisa langsung di santap.
Selamat mencoba dan Semoga manfaat ^_^

kitkat green tea karakter dinosaurus

5 comments:

  1. Wah terima kasih untuk resepnya semoga saja saya bisa membuatnya.

    ReplyDelete
  2. aaaaaah jadi pengen langsung bikin juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo buat.. gampang klo sudah tau teknik melelhkan cokelat.

      Delete
  3. aahhh mauu... kalo g salah yg versi jepang ada yg halalnya deh cuman tulisannya keriting hehe

    ReplyDelete

matched content: