Wednesday, April 27, 2016

Homemade Rice Noodles

mie vietnam
Sejak mencoba membuat sendiri Pho Bo, sup daging khas Vietnam, makanan ini menjadi salah satu favorit di rumah kami. Apalagi kalau melihat tanaman ketumbar di kebun kami tumbuh subur. Langsung keluar ide memasak Pho Bo.

Pho Bo dimakan dengan mie beras atau rice noodles. Tersedia dengan berbagai macam bentuk dan ukuran di Toko Asia atau Toko Oriental di Jerman. Mienya memiliki lebar berbeda, ada yang 3 mm, 5 mm. Agak tebal dan transparan. Ada yang buatan Vietnam atau Thailand. Belum ada yang buatan Indonesia. Saya memang belum pernah mengenal mie ini di Indonesia. Bentuknya mirip kwetiau, tapi warnanya putih.

Terakhir membuat Pho Bo, saya bikin agak banyakan. Biar cukup untuk dua hari. Memasak dengan kira-kira 1,5 kg daging sapi. Saking doyannya makan ini, mie-nya keabisan. Yaaaaa.. Mau belanja ke toko Asia terdekat, malas. Coba liat resepnya di youtube ajah, lah Trus mau nyoba praktik sendiri. Kalau bisa bikin versi homemade dan rasanya lumayan, kan lebih baik. 

Resep homemade rice noodles bertebaran di dunia maya. Versi videonya pun banyak. Baik versi Vietnam mau pun versi Thailand. Saya gak hanya menonton satu video. Ada beberapa video saya perhatikan, sebelum akhirnya mencoba membuat mie beras sendiri. 

Kalau saya perhatikan, bahannya relatif simpel. Dan mie ini bebas gluten. Caranya pun tidak susah. Yang agak ribet, adonannya kudu dikukus sedikit-sedikit dan tipis-tipis. Jadi gak seperti mie telur yang adonanya kental dan kemudian dibentuk dan dicetak dengan cetakan mie. Tapi ini bukan alasan untuk menyerah sebelum mencoba. hehe.

Dalam bahasa Thailand, mie beras disebut dengan Ho Fun. Ho fun bisa ditemukan dalam masakan Thailand seperti Pad Kee Mao, Pad See Ew, dan Rad Na.

Sedangkan dalam bahasa Vietnam disebut Pho Cuon. Menurut Helen, seorang video blogger asal Vietnam, di Vietnam, orang tidak membeli mie beras kering. Sebab di pasar, banyak penjual mie beras segar. Bikinnya langsung di pasar juga. Asyik juga bisa beli mie fresh seperti itu.

Alat-alat yang dibutuhkan adalah kukusan dan wadah untuk mengukus lembaran mie. Saya menggunakan wadah plastik kotak. Karena kukusan di rumah lebar, sekali ngukus, muat dua wadah plastik. Bahannya pun sederhana.

Resep Rice Noodles

Bahan:
- 1 cup tepung beras
- 1 cup tapioka
- 2 cup air
- minyak goreng sedikit
- garam

Cara Membuat:
1. Campur tepung beras, tepung tapioka, dan air dalam satu wadah. Aduk hingga rata dengan menggunakan whisk. Adonananya termasuk encer.
Adonan encer mie beras

2. Diamkan kira-kira sejam.
3. Setelah didiamkan, masukkan 1 sdm minyak goreng dan garam sesuai selera. Aduk kembali hingga rata. Aduk lagi ketika adonan mau dituang ke wadah pengukus.
4. Olesi wadah plastik alas kukusan lembaran mie dengan sedikit minyak goreng.

Olesi wadah untuk mengukus dnegan minyak goreng

5. Masukkan adonan di atas sedikit demi sedikit. Sampai ketebalan mie kira-kira 1-2 mm.
mie thailand
Mengukus adonan mie

6. Kukus hingga matang. Warnanya berubah menjadi transparan.
mie beras vietnam
Adonan yang sudah matang

7. Ulangi mengukus hingga adonan mentah habis.
8. Potong-potong sesuai selera setelah lembaran mie dingin. Dipotongnya lebih enak pakai pemotong pizza. Pakai pisau biasa lengket.
mie beras bahan sup
Memotong mie dengan pemotong pizza


Catatan:
- Menurut saya, hasilnya enak. Anak-anak dan suami juga menyukainya. Tapi kurang chewy alias kurang kenyal. Kata Helen, kalau suka yang lebih kenyal, bisa ditambahi tepung tapioka-nya. Bisa dicoba perbandingan 60 persen tapioka : 40 persen tepung beras.
- Satu resep, hasilnya tidak terlalu banyak. Untuk sekali makan buat 4 orang, kurang porsi mie-nya. 

6 comments:

  1. aduh telatennya bikinnya mungkin aku gak bisa deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang agak ribet hanya saat mengukusnya saja, Mbak. Lainnya simpel saja. Ayo dicoba...

      Delete
  2. Bisa dicoba ini kalo pas nganggur. Selama ini beli terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba, Mbak Nur Annisa...

      Delete
  3. Ya ampun mbaaa, telaten banget. Resep ini menggoda banget, terima kasih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telatennya jarang2, kok. hehe. Makasih dah mampir...

      Delete

matched content: