Monday, April 25, 2016

Resep Pancake Oatmeal

cara membuat pancake enak
Pancake Oatmeal
Sejak beberapa bulan terakhir, saya mengurangi makanan mengandung gluten di rumah. Ini berlaku bagi semua anggota keluarga. 

Sebenarnya tidak ada yang alergi gluten di rumah. Saya hanya berusaha sedikit-sedikit mengubah bahan makanan ke bahan yang menurut saya lebih menyehatkan bagi tubuh. Apalagi orang tua saya memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, asam urat, jantung dan kolesterol. Duh, serem kalau membayangkan penyakit-penyakit seperti itu. Maka dari itu saya usahakan untuk mencegahnya sedini mungkin.

Memang sih, belum sepenuhnya kami mengkonsumsi makanan bebas gluten. Apalagi kalau makan di luar. Tapi kalau di rumah, menu bisa diatur sendiri. Bahan makanan menyesuaikan. Walau masih menyimpan sedikit terigu, saya mulai menggantinya dengan tepung bebas gluten yang beredar di pasaran. Serta mulai mencari resep-resep alternatif. Baik untuk makanan utama mau pun camilan. 

pancake oatmeal
Mencampur adonan pancake
Syukurlah tidak terlalu susah mencari makanan bebas gluten. Camilan dari Indonesia banyak yang terbuat dari tepung ketan, tapung sagu, beras ketan, ketan hitam, singkong, pisang, dll, yang tidak mengandung gluten. Pisang bakar, lemper, wingko adalah contohnya. 

Kalau bahannya menggunakan terigu, ya bisa diganti dengan tepung bebas gluten tadi. Hanya saja, untuk membuat mantao, saya belum bisa menggunakan tepung bebas gluten 100 persen. Beberapa kali mencoba, hasilnya bantat dan terasa agak asam, walau baru matang. 

menghindari gluten
Pancake rendah gluten
Ini tadi mau ngomongin pancake, jadi merembet ke gluten. Resep pancake yang biasa kami pakai, saya modifikasi saja. Menggunakan tepung bebas gluten dan oatmeal. Oatmeal termasuk memiliki kadar gluten sangat rendah. Anak-anak di rumah suka camilan seperti ini. Apalagi pancake termausk simpel bahannya dan mudah membuatnya. Gak pakai mixer, cuma pakai whisker atau spatula sahaja.

Jika resepnya gak mau pakai tepung gluten free, bisa menggunakan tepung terigu. Bisa pula oatmeal-nya di-skip. Resep tanpa oatmeal, menggunakan 150 - 160 gram terigu.

Pancake bisa dimakan sebagai camilan atau menu sarapan. Ia juga cocok sebagai pengisi bento. Bisa dimakan begitu saja atau pakai topping manis atau pun gurih. Anak-anak suka sekali pancake topping nutella. Sedang saya lebih suka topping madu. Kadang kami pakai cream cheese atau cukup gula bubuk.

Adonan pancake ini lebih kental dibanding adonan pancake biasa. Makanya porsi susu cairnya saya tambah. Kalau soal rasa, sama lezatnya. Anak-anak juga doyan pancake ini.

Resep Pancake Oatmeal Rendah Gluten

Bahan:
- 100 gr tepung bebas gluten
- 40 gr oatmeal
- 300 ml susu cair
- 1 butir telur
- 2 hingga 2,5 sdm gula pasir
- 1 sdm lemon peras (opsional, saya suka pancake yg ada harum lemonnya)
- 1 sdt baking powder
- 1 sdm mentega cair
- Sedikit minyak goreng untuk olesan wajan

Proses Pembuatan:
1. Campur susu dengan perasan lemon. Aduk rata dengan whisker. Diamkan sebentar.
2. Tambahkan bahan kering seperti tepung, oatmeal, gula pasir, dan baking powder. Aduk lagi hingga rata.
3. Campurkan telur dan mentega cair, aduk lagi sampai semuanya tercampur rata.
4. Diamkan adonan 15 hingga 20 menit.
5. Panaskan wajan. Olesi sedikit dengan tissue dapur yang dicelup ke sedikit minyak. Masak pancake. Karena pakai wajan kecil, saya bikin satu per satu. Tunggu sebentar sampai muncul lubang-lubang di permukaan adonan, balik. Masak hingga matang.
6. Tambahkan topping sesuai selera.

Selamat menikmati!

8 comments:

  1. Kelihatannya sih simple, tapi kelihatan enak. Aduh. Laper..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah simpel banget bikinnya. Diaduk ajah bahannya...

      Delete
  2. Zaman di gresik dulu, biasa nya dikasih potongan nangka ama pisang

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmmmhhhh yang nangka enak tuh, Mas...

      Delete
  3. Replies
    1. g ada dapur g ada volkornmehl... banyak alasan pokoknya bikinin haha

      Delete
    2. hehehhehehehe.... moga cepet beres rumahnya, yah...

      Delete

matched content: