Saturday, May 28, 2016

Resep Sate Mudah

resep sate mudah
Sate

Sate, daging yang dibumbu asin dan sedikit manis, lalu melewati proses memanggang atau dibakar. Cocok dimakan dengan bumbu kecap atau bumbu kacang. Bagi ibu rumah tangga modern, tentunya membakar dengan arang sudah bukan jamannya lagi. Sate yang banyak kita jumpai adalah sate madura yang dibakar dengan menggunakan arang, dengan bahan pelengkap lontong dan bumbu kacang. Tentu banyak alasan ketika sate lebih enak dibeli ketimbang dimasak di rumah, ya kan?


Kali ini, cerita dbento adalah tentang membuat sate dari dapur. Ketika arang sulit dijumpai dan membuat dapur menjadi kotor, maka pemanggang bisa jadi solusinya. Cukup diletakkan di atas kompor, dan hasilnya tidak kalah enak dengan sate yang dibakar dengan menggunakan arang.

Tips menggunakan panggangan adalah panaskan panggangan terlebih dahulu sebelum dipakai dan oles dengan sedikit margarine untuk memanggang apa saja hasilnya nyaaamm yummiii *asal tidak gosong, hehehehehe.. Artikel kuliner dari dapur manda kali ini, kita akan sama-sama belajar mengolah resep masakan yang tentunya MUDAH dan CEPAT. Yuk kita mulai menyiapkan bahan untuk memasak sate panggang.

resep sate mudah
Bahan Membuat Sate

Bahan yang dibutuhkan untuk sate panggang :
  1. 500 gr daging ayam fillet.
  2. Tusuk sate (kalau mau besar) atau tusuk gigi (untuk versi sate mini).
  3. Kikkoman (bisa dari kecap asin +saos tiram), kecap manis, garam.
  4. 1/2 bawang bombay ukuran besar, 6 bawang putih, 3 bawang merah (potong halus dengan menggunakan parutan keju).
  5. cabe bubuk, olive oil.

Nah itu saja bahan yang dibutuhkan.. Mudah didapat dan sederhana banget ya? 

resep sate mudah
Sate

Sudah ingin tahu bagaimana cara memasaknya?
  1. Potong dadu daging ayam.
  2. Gunakan parutan keju untuk memarut bawang bombay, bawang nerah dan bawang putih.
  3. Lumuri daging ayam dengan bahan yang sudah diparut dan kikkoman, kecap asin, saos tiram, kecap manis, garam, cabe bubuk dan olive oil. 
  4. Rendam semuanya, lalu simpan di dalam chiller hingga meresap (kalau pagi dimasukkan, siang hari sudah bisa diolah)
Atau kalau mau lebih menghemat waktu, bisa dengan menusuk potongan daging ayam dengan tusukan sate/tusuk gigi lalu baluri dengan bahan-bahan yang dicampur tadi.. Simpan di chiller dan panggang ketika akan disajikan. Waktu memanggangnya kurang lebih hanya 15 menitan saja.

Menu sate panggang ini enakkkk, bisa dihidangkan sebagai lauk pelengkap dengan sayuran apa saja. Atau kalau mau dimakan dengan nasi putih hangat, bisa dibuatkan sambal kecap sebagai pelengkapnya.

 Mudah ya? Selamat mencobaaaa...

1 comment:

matched content: